Tata surya HD131399 dengan 3 bintang


Kategori : Science | Date : 4 August 2018
Satu tata surya HD131399 ini memiliki 3 bintang, bahkan ditemukan sebuah planet mengorbit disana.

Tata surya HD131399 terlihat ada satu planet yang mengorbit disebut planet HD131399Ab. Dan planet tersebut adalah planet tipe gas

Sedangkan 2 bintang lebih kecil saling mengorbit, dan mengitari satu bintang induknya. Usia tata surya ini terlihat baru, dengan umur 16 juta tahun.

Ke empat benda ini berada di sebuah tata surya, jangan membayangkan keindahan melihat ke 3 bintang bila berada disana. Karena ketiga bintang tersebut memiliki kecerahan sangat tinggi. Planet disana akan panas.

Tata surya dengan bintang biner bahkan lebih atau 4 bintang dapat saja terbentuk di galaksi kita. Seperti tata surya 30ARI terlihat memiliki 4 bintang. Atau tata surya Kel-A juga memiliki 3 bintang

Jarak tata surya HD131399 sekitar 340 tahun cahaya dari Bumi. Jadi disana akan terjadi siang dan malam begitu cepat. Kadang cahaya siang hari dari matahari yang besar, ketika malam hari akan melihat cahaya 2 matahari yang ada disampingnya.

Planet HD131399Ab adalah planet gas seperti Jupiter tapi ukurannya 4x lebih besar. Bukan ukuran planet saja yang menakjubkan, orbit ke empat benda tersebut juga unik. Bintang paling besar begitu lama untuk memenuhi satu putaran selama 550 tahun waktu Bumi.

Dan posisi planet HD131398Ab adalah langka, mengorbit stabil diantara ke 3 bintang tersebut.

Peneliti mengatakan posisi 2 bintang HD131399 cukup jauh dari bintang induk, mencapai jarak ke Pluto. Tapi tetap saja planet yang terlihat tersebut menjadi sangat panas karena lebih dekat ke bintang induk. Dan suhunya tidak kurang dari 500 deg.C.

Mungkin akan lebih panas pada bagian permukaan planet. Dan kejadian tersebut sudah berlangsung selama 16 juta tahun. Bila ditanyakan seperti apa disana, setiap hari bisa melihat 3 kali matahari terbit dan 3 kali matahari terbenam.



Planet HD131399Ab terlihat dari teleskop VLT yang dioperasikan oleh badan antarisa ESA Eropa.

Untuk melihat tata surya HD131399 , dapat dilihat di daerah rasi bintang Centaurus, terlihat dengan lingkaran merah.

Tata surya HD131399 berada di rasi Centaurus

2018 Februari

Tata surya HD131399 dengan 4 bintang dan 1 planet

Yang ditemukan kabarnya bukan planet Ab, tapi benda awalnya diperkirakan bintang HD 131399Ab. Karena instrumen menditeksi planet HD 131399Ab memiliki suhu cukup panas. Salah satu bintang terbesar disana memanaskan langsung ke ara planet Ab.
Membuat suhu planet diperkirakan mencapai 580 derajat Celcius.

Ilustrasi bintang dari ESO, diumumkan Juli 2016.


Ketika berbicara antariksa, gambar bintang, galaksi tentu diabadikan oleh teleskop. Salah satu tempat observasi paling berjasa di dunia astronomi adalah VLT / Very Large Telescope. Pengamatan VLT tidak hanya melihat galaksi yang jauh. Tapi benda yang ada disekitar galaksi kita sampai bintang.

Nasa mengunakan teleskop Fermi untuk melihat ledakan sinar gamma di alam semesta. Kali ini menemukan hal unik, ditemukan 5 sumber gamma yang berasal dari lubang hitam raksasa dan tertua di alam semesta. Mengapa benda ini perlu dipelajari lebih lanjut.

Peneliti melakukan pengamatan dengan teleskop Alma dan VLA. Menemukan sebuah tata surya baru. disana terdapat 3 bintang dengan 2 bintang berada ditengah dan satu bintang terletak sampai 800x lebar tata surya kita



Tata surya Elias 2-27 disana terdapat bintang seukuran separuh matahari kita. Terlihat sedang membentuk planet yang nantinya akan menjadi sebuah tata surya lengkap. Tapi bentuk lingkaran yang terlihat memiliki letak sangat jauh bahkan planet yang muncul mencapai 2-3 kali lebih jauh dari Pluto

Tata surya AR Scorpii atau disingkat AR Sco berada di rasi bintang konstelasi Scorpius. Satu adalah bintang katai putih atau bintang yang sudah mati tapi masih menyala. Memiliki ukuran seperti Bumi, hanya saja memiliki kepadatan 200 ribu kali massanya dari Bumi. Jadi bintang yang berada ditengah berukuran lebih kecil tapi sangat padat.

Teleskop ALMA menangkap tata surya baru HD 142527, dimana disana sedang terbentuk cakram protoplanet. Tetapi ada yang unik di tata surya ini, karena memiliki dua matahari yang juga terbentuk bersamaan. Disebut juga sebagai tata surya dengan bintang biner.

Mempelajari tata surya. Bagaimana bintang terbentuk, dan bagaimana planet bisa terbentuk disekitar bintang. Pertanyaan ini masih terus diteliti oleh para astronom. Sebuah bintang yang diteliti disini tiba tiba meningkat kecerahannya menjadi 250 kali dalam satu tahun. Hal ini menunjukan infus materi di bintang ini tidak biasanya memakan materi di sekitar dirinya.



Sebuah tim astronom internasional menemukan planet gas seperti Jupiter yang mengitari sebuah bintang. Jarak dan bintangnya mirip seperti tata surya kita. Bahkan jarak planet seperti Jupiter di tata surya HIP 11915 memiliki jarak yang mirip seperti Jupiter di tata surya kita sendiri. Apakah ada bumi lain disana.

Disebut Quintubple star system atau tata surya dengan 4 bintang. Diberi nama 1SWASP J093010.78+533859.5 dan terletak 250 tahun cahaya dari Bumi. Lokasinya ada di daerah Ursa Major, ke empat dari 5 bintang bintang tersebut sudah di pelajari sejak tahun 20113 oleh Marcus Lohr

Ilmuwan meneliti sebuah bintang di tata surya HATS, dan temukan sebuah planet gas seperti Saturnus. Mungkin ukurannya 100x lebih besar dari bumi. Ada yang unik dengan planet HATS-6b, benda tersebut ternyata  sangat dekat dengan bintang induknya

Matahari saja sudah lebih dari cukup, tapi di tata surya Ari 30 memiliki lebih dari satu matahari. Ada 4 matahari dengan sebuah planet, terletak di daerah rasi bintang Aries. Uniknya sejauh ini baru satu planet yang terlihat berada disana.

Tata surya Kepler 413B memiliki bintang kembar. Satu bintang besar disebut Orange dwarf dan satu lagi Red dwarft. Keduanya tidak berpusat ke satu titik tapi yang membentuk orbit dan gravitasi secara bersama sama. Dampak gravitasi 2 bintang mempengaruhi planet di sekitar


No popular articles found.