Shortstory | 6 July 2016

Linksys WRT54GL sudah 11 tahun masih dijual walau hanya mendukung WIFIg


Cerita menarik dari produk LinkSys WRT54GL yang dijual pada tahun 2005. Uniknya perangkat ini tidak pernah berubah, disain hardware sama dan masih dijual sampai hari ini.

Linksys WRT54GL sudah terjual jutaan unit dengan harga stabil tapi murah, walau hanya mendukung jaringan WIFIg / 802.11g. Padahal teknologi smartphone dan produk WIFI router lain sudah mendukung jaringan WIFIn bahkan lebih cepat seperti WIFIac.

Kecepatan WIFI WRT54GL hanya mencapai 54Mbps $42, dan harga perangkat tersebut lebih mahal dari WIFI model baru. Atau model  lebih canggih dari Linksys WRT1900ACS yang memiliki fitur Open Source, walau harganya lebih mahal $200+

11 tahun tidak berubah, menjadi pertanyaan kita ada apa dengan hardware ini.

Vince dari produk global Linksys mengatakan "bingung". Mengapa orang masih membeli perangkat ini. Tapi rahasia di WIFI ini memang berbeda. Memiliki Firmware open source. Alias dapat diutak utik oleh pemiliknya dengan firmware DD-WRT. Ini lah kecanggihan sebuah produk yang disukai selama 11 tahun.

Lalu apa itu DD-WRT. Seperti perangkat wireless memiliki Firmware atau program yang disimpan di dalam memory perangkat. Seperti setting panel Router, Access Point dan lainnya, membutuhkan Firmware. Dari Firmware inilah alat tersebut dapat berfungsi untuk apa. LinkSys WRT54GL ini dapat diganti Firmware dengan Firmware Modifikasi. Ketika dibeli alat tersebut berfungsi sebagai Wireless Router. Tapi bisa dirubah menjadi Access Point atau menerima sinyal WIFI dari perangkat lain. Itu salah satu contoh dari fungsi Firmware DD-WRT.
Tidak hanya LinkSys yang satu ini, beberapa Wirelesss Router juga dapat dimodifikasi dengan DD-WRT, tapi hanya LinkSys inilah sebagai alat paling murah.

Intinya Linksys WRT54GL dapat dimodifikasi suka suka oleh pemiliknya. Walau masih mengunakan hardware lawas alias sudah ketinggalan, tetap saja disukai

Linksys WRT54GL sudah 11 tahun masih dijual walau hanya mendukung WIFIg

Seperti smartphone Android, banyak produsen meninggalkan produknya dan tidak bisa di upgrade. Tapi di kalangan modifikasi membuat sistem smartphone dapat ditingkatkan OS-nya. Seperti smartphone Root yang dapat di isi OS Cyanogen yang pemilik butuhkan. Smartphone mungkin berjalan lebih lambat dengan OS Android baru. Dengan mengupgrade OS dengan sistem Root, pemiliknya masih memiliki kesempatan untuk menginstall aplikasi yang mereka butuhkan, setelah OS mereka naik satu atau dua tingkat.


Artikel Lain

Linksys WRT1900ACS tampil dengan procesor lebih cepat, memory lebih besar dan nama baru. Mengunakan dual band wireless router, bentuknya tidak berubah seperti model ACS. Linksys WRT1900ACS meningkatkan kecepatan tranfer WIFI sampai 600Mbps dengan frekuensi 2.1Ghz dan 1300Mbps di 5Ghz. Jaringan wireless kompatibel untuk 802.11 b/g/a.

TP-Link AC3200 memiliki 3 frekuensi terpisah antara 3200Mbps melalui 2,3Ghz (600Mbps) dan 2 untuk 5Ghz (masing masing 1300Mbps). Keunggulan router ini mengunakan sistem pinter dimana mengirim WIFI dengankeepatan maksimum.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.