Bumi panas, tapi di utara dan selatan sangat dingin.

Panas di Bumi dan daerah dingin di Bumi mungkin menjadi tempat paling berbahaya.

Keluar dari Bumi , radiasi matahari sangat berbahaya bagi manusia. Tapi disini berbicara tentang antariksa atau kosmos.

Dimana beberapa benda menjadi tempat paling berbahaya bagi mahluk hidup apapun, termasuk benda lain yang berada di sekitarnya.

Magnetar

27 Desember 2014 terditeksi sebuah bintang Magnit Star atau magnestar meledak. Bintang Magnetar yang jaraknya 30.000 tahun cahaya dari Bumi, menjadi bintang magnit paling kuat yang pernah ditemukan (terditeksi) di alam semesta. Bintang Magnetar adalah tipe bintang Neutron. Tapi skalanya lebih besar dan kuat

Bagaimana bintang magnetar terbentuk. Sebuah bintang raksasa yang mati dan meledak. Debu dan gas akan terlempar keluar dari inti bintang. Tersisa materi paling padat dan tertinggal di dalam bintang, tapi kepadatan bintang ini sangat kuat karena intinya terbakar selama jutaan tahun.

Bila ukuran tidak terlalu besar akan menjadi bintang Neutron. Tapi ukuran yang sangat besar dan sangat padat akan menjadi Magnetar, seperti ukuran bintang diatas 4 kali lebih besar dari matahari kita.
Hasil akhirnya dapat menjadi bintang Neutron, Black Hole dan terakhir kejadian cukup langka Magnetar.

Bintang Magnetar memiliki medan magnit setara 10 pangkat 15 gauss, diperkirakan kekuatan magnit bintang tipe ini mencapai 5000 triliun kekuatan magnit Bumi. Begitu kuatnya Aktivitas magnet bintang ini dapat memancarkan radiasi gamma begitu kuat, dan melintas seperti kecepatan cahaya. Bila pelepasan energi dari radiasi sampai menabrak mahluk hidup, ini yang berbahaya.

Salah satunya Magnetar—SGR 1745-2900, berada di dekat lubang hitam galaksi Bima Sakti.

Benda paling berbahaya di alam semesta Magnetar sebagai bintang magnit

Gugus bintang Westerlund 1 letaknya 16.000 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi tempat 24 bintang tipe Magnetar. Salah satunya disebut CXOU J164710.2-455216. Atau bintang Asassin -15lh yang terditeksi di bulan Juni 2015

Ilmuwan belum mengerti mengapa bintang Magnetar bisa terbentuk. Bintang berukuran besar dapat terbentuk menjadi lubang hitam, dan ukuran lebih kecil menjadi bintang Neutron. Mungkin Magnetar ada di klasifikasi di antara keduanya. Gagal menjadi lubang hitam tapi terlalu besar menjadi bintang Neutron dan diklasifikasi menjadi bintang Magnestar.

Yang berbahaya dari bintang ini, ukurannya relatif kecil. Memiliki diameter 20km atau lebih, tapi memiliki kepadatan massa 2-3x dari matahari. Menghasilkan medan magnit yang sangat kuat, karena putaran bintang berubah menjadi sangat cepat.
Perbandingan kepadatan kedua bintang ini setara seperti bumi yang memiliki lebar 12 ribu km yang dikecilkan seukuran 20km. Membuat materi satu sendok teh di bintang neutron saja memiliki berat 1 miliar ton di Bumi. Bayangkan bila sebuah benda yang begitu padat, terdiri dari bahan yang lebih padat dari besi dan berputar di ruang hampa sangat cepat.

Bintang neutron memiliki dapat mencapai putaran 43 ribu kali permenit, sedangkan bintang Magnetar memiliki putaran diatas bintang neutron.

Medan magnit yang disemburkan bintang Magnetar mengeluarkan sinar X-ray dan Gamma. Tapi kehidupan bintang ini berlangsung sekitar 10.000 tahun. Tidak satu atau beberapa Magnetar yang ada di galaksi kita, mungkin jumlahnya mencapai 30 juta atau lebih walau tidak semuanya aktif seperti yang satu ini.

Benda paling berbahaya di alam semesta Magnetar sebagai bintang 
magnit

Black Hole

Black Hole palign umum ditemukan berada ditengah atau  inti sebuah galaksi, benda terbesar yang berada di tengah galaksi.
Tetapi Black hole atau lubang hitam berukuran kecil bisa berada dimana saja. Secara umum terbentuk dari bintang raksasa yang mati, dan berubah menjadi bola bulat dengan kepadatan sangat tinggi.
Benda ini seperti tiket sekali jalan, bila terlalu dekat maka tidak bisa keluar dari kekuatan gravitasi benda ini. Termasuk cahaya sekalipun tidak dapat melintas di sekitar Black Hole, dan cahaya dapat berbelok akibat gravitasi yang sangat kuat. Membayangkan lubang hitam, bila kita memberikan sinar dari senter di belakang sebuah bola. Tapi cahaya senter tidak pernah keluar keluar dari sisi samping bola. Itulah black hole, dimana cahaya sekalipun dapat tertarik gravitasi benda ini.

Black Hole tidak dapat terlihat karena benda ini dianggap berwarna hitam. Ilmuwan bisa memperkirakan keberadaan benda ini bila terlihat perubahan gravitasi di antariksa. Seperti benda yang ada di sekitar Black Hole
Black hole ukuran kecil terbentuk terbentuk dari bintang raksasa. Bintang yang kehabisan hidrogen dan helium untuk bahan bakar bintang, akhirnya runtuh dan meledak menjadi supernova. Sisa gas terlempar, tapi menyisakan materi padat di tengah bintang, intinya berubah menjadi benda yang amat sangat padat.

Beberapa tahun lalu para ilmuwan astrofisika mencoba melihat dimana keberadaan Black Hole di tengah galaksi. Tapi tidak dapat terlihat, hanya dapat dibuktikan bila beberapa bintang  (seperti gambar dibawah berwarna biru) yang dekat dengan black hole seperti berputar putar disana.

Gambar kiri atas adalah Black hole yang ada ditengah galaksi kita. Terlihat beberapa bintang yang dekat, mengelilingi Black Hole dengan orbit berbentuk ekstrem elips akibat gravitasi Black hole yang menarik orbit beberapa bintang. Bintang di tengah galaksi tersebut melintas sangat cepat. Seperti beberapa bintang yang tertarik lalu terlempar kembali oleh kekuatan gravitasi lubang hitam.

Bila Black Hole lebih kecil ada di sekitar galaksi, lalu sebuah bintang mendekat benda ini. Ketika keduanya mulai mendekat, maka gas dari bintang akan tertarik dan ikut berputar sampai akhirnya jatuh ke black hole. Sampai seluruh gas dari bintang diambil, maka nasib bintang adalah Tamat. Dan bintang kehabisan gas karena "seperti tersedot" oleh kekuatan Black Hole.

Benda paling berbahaya Black Hole

Apakah Black Hole memang mematikan. Tergantung seberapa seberapa dekat manusia berada.

Black hole dapat terbentuk, minimal sebuah bintang memiliki ukuran 5-20 kali lebih besar dari matahari kita. Tapi Black Hole terbesar berada di tengah galaksi. Lubang hitam kecil dapat berubah menjadi besar bila bertabrakan dengan black hole lain. Super Massive Black Hole berada di tengah galaksi, suatu hari nanti dapat bertabrakan dengan galaksi lain, dan inti galaksi yaitu Black Hole dapat bergabung menjadi ukuran semakin besar.

Berapa batas aman berada di dekat Black Hole. Dapat dilihat seberapa besar black hole tersebut. Mungkin sekitar 1 juta sampai 1 miliar km dari benda tersebut. Sebelum kekuatan gravitasi benda tersebut mengikat dan tidak melepas semua yang sudah ditariknya.
Mengapa benda ini sangat berbahaya. Bila ada benda yang mendekat dan mencapai titik gravitasi yang tidak dapat terlepas. Maka benda tersebut tidak akan keluar lagi. Sebelum benda jatuh ke permukaan sebuah  lubang hitam, benda tersebut sudah hancur. Karena semakin dekat ke lubang hitam, kekuatan daya tarik lubang hitam akan terus meningkat sampai ke titik maksimum. Bila sebuah batu tertarik, maka batu perlahan akan pecah seperti dipecahkan oleh kekuatan yang tidak kelihatan seperti gravitasi sangat kuat, bahkan pecahanan batu akan hancur menjadi debu sebelum jatuh ke permukaan lubang hitam

Galaksi Merger atau tabrakan galaksi

Diawal terbentuk alam semesta, dimulai pembentukan galaksi. Dari bentuk kecil dan bermiliar tahun kemudian galaksi membesar. Besarnya ukuran galaksi saat ini tidak lepas dari tabrakan antara galaksi kecil. Dan terjadi berulang kali dari 13 miliar tahun lalu. Galaksi akhirnya membesar dan membentuk lebar ratusan ribu tahun cahaya

Ketika sebuah galaksi bergabung, tentu ada yang baru dan ada yang hancur. Disinilah kekuatan penghancuran sangat dashyat terjadi yang disebut kekacauan. Disebut kanibal antar galaksi. Galaksi yang kecil akan ditelan galaksi yang besar. Mungkin saja akan banyak planet dan bintang yang selamat. Tapi posisinya berubah, karena ukuran galaksi sangat besar dan masih ada ruang  dimana sebuah tatasurya tidak terganggu dengan yang lain.
Lubang hitam di kedua galaksi akan bergabung menjadi satu dan semakin besar. Demikian juga ukuran galaksi akan semakin membesar.
Proses terjadinya tabrakan galaksi mungkin menjadi hal menakutkan, karena banyak puing tabrakan akan menganggu posisi planet, bintang dan tata surya lain.

Benda paling berbahaya di alam semesta tabrakan antar galaksi

Contoh tidak terlalu jauh. Galaksi Andromeda dan Galaksi Bima Sakti akan bertabrakan dalam beberapa juta tahun kedepan. Dalam perhitungan, posisi tata surya dan Bumi saat ini akan berada agak ke tengah dari piring galaksi Bima Sakti
Tapi nanti bila terjadi tabrakan, posisi bumi akan berpindah ke tepi galaksi Andromeda. Tentu saja bila tata surya bisa lolos dari kekacauan kedua tabrakan. Tapi tidak menjadi tata surya aman seandainya posisi sudah berpindah ke tepian galaksi yang baru.

Benda paling berbahaya di alam semesta tabrakan antar galaksi

Tabrakan kedua galaksi memberikan dampak lain. Akan banyak bintang meledak dan menimbulkan gelombang kosmik. Tabrakan planet yang terganggu gravitasi, dan sampah kosmik seperti asteroid dan tabrakan dari planet lain yang terlempar, serta menganggu orbit planet dan hal lain yang tidak terduga.

Paul Sutter seorang astrofisikawan dari universitas Ohio dan kepala COSI Science Center mengatakan seperti ini.
Dua galaksi bergabung mungkin tidak terlihat (yang berada di dalam), tapi terasa. Perubahan dari pergerakan dari jarak tahun cahaya ke tahun cahaya, dan terus semakin mendekat.
Contoh tabrakan di galaksi Antennae yang jaraknya 62 juta tahun cahaya dari Bumi. Sudah terjadi sejak 100 juta tahun lalu. Kedua galaksi memiliki ukuran 100 ribu tahun cahaya. Menampung ratusan miliar bintang.

Apa yang terjadi setelah tabrakan. Gabungan galaksi akan kembali aktif bahkan lebih aktif. Karena debu dan gas bahkan nebula di sekeliling galaksi terpicu menjadi bintang baru. Dan pembentukan bintang meningkat sampai 10 kali lebih cepat dari kecepatan normal. Sebagian bintang akan lahir, tapi sebagian bintang tua akan mati setelah proses pengabungan. Disini terjadi 2 tipe bintang berbeda, antara bintang tua dan bintang muda masih menyala.

Quasar

Blackhole yang semakin besar akan menunjukan aktivits. Disebut Quasar, sebagai fenomena di alam semesta akibat ulah Blackhole. Menghasilkan energi dari Infrared, Gamma, X-ray dan satu yang tidak terduga dengan Jet yang menyembur gas plasma dari tengah galaksi disertai gelombang kejut atau Shock. Radiasi Gamma tingkat tinggi disebut Blazar

 Benda paling berbahaya di alam semesta tabrakan antar galaksi menghasilkan Jet

Jet yang terbang dari tengah galaksi memiliki kecepatan 99,9% dari kecepatan cahaya. Membawa radiasi gamma dan melesat begitu cepat keluar dari tengah galaksi. Bija jet menuju ke sebuah galaksi lain, bahkan mengarah ke planet yang ada. Bisa penyebaran radiasi yang begitu kuat oleh lubang hitam yang aktif.

Ketika kejadian diatas menjadi benda paling berbahaya di alam semesta. Setidaknya sejauh ini para ilmuwan dapat menyimpulkan beberapa fenomena diatas adalah aktivitas paling berbahaya, dimana dapat menghancurkan apa saja yang ada di dekatnya. Dari ketiga benda yang berbahaya, ketiganya memiliki kekuatan gravitasi. Gravitasi yang sangat kuat, dari setingkat bintang Neutron yang berubah menjadi Magnetar, kekuatan lubang hitam, dan tabrakan antara 2 galaksi yang membentuk satu lubang hitam lebih besar dan membentu Quasar.