Cool Chip Kinetic heatsink pendingin teknologi Kinetik


Kategori : Hardware | Date : 5 July 2016
Penelitian Sandia National Laboratories di tahun 2011 membuat disain cooler untuk CPU yang tidak biasa. Mengunakan heatsink dengan fan yang berputar. Disain heatsink tersebut mampu mendinginkan procesor lebih baik, dan mengurangi debu yang menumpuk dibagian heatsink

Tahun 2015 lalu, produsen Cooler Master menampilkan teknologi yang sama dengan nama Kinetic Cooling.

Sampai akhirnya Cool Chip membuat dan memasarkan disain pendingin CPU untuk Skylake procesor. Untuk disain awal, heatsink tersebut dirancang untuk procesor Skylake sampai 70W.

Bagian tengah heatsink memiliki bentuk rotari sebagai fan. Udara fan akan mentranfer panas di sirip heatsink dalam proses pendingan.

Model 1U Kinetic Cooler hanya memiliki berat 27g. dirancang sebagai pendingin server computer model 1U. Putaran fan hanya bekerja pada kecepatan 1500-2500 rpm. Memberikan suara fan antara 13-25dBa. Untuk kinerja, fan dapat dipakai selama 100 ribu jam pada suhu 65 deg.C

Model lain dari HPC Kinetic Cooler. Yang satu ini lebih canggih dengan teknologi heatpipe. Memiliki diamter 140mm dan tinggi 55mm. Memberikan arus udara sampai 30CFM.

Bagaimana cara kerja fan Kinetik. Bagian fan dibuat dari bahan metal. Membantu mendinginkan sirip heatsink termasuk fan heatsink bersamaan.

Heatsink fan dengan teknologi Kinetik

Heatsink pendingin Cooler Master MA621P tampil dengan 6 heatpipe. Ditawarkan dengan harga budget untuk kelas cooler performa. Ditampang bling bling lampu RGB LED, dan sistem pendingin fan yang rendah noise. Walau disainnya sederhana, kontak heatpipe ke heatsink procesor langsung di dinginkan pada bagian pipa tembaga

Dua cooler atau pendingin CPU ditawarkan oleh perusahaan CoolerMaster. CoolerMaster MasterAir MA620P dan MA621P, mengunakan 2 fan dengan lampu RGB. CoolerMaster mengatakan fan baru seri 600 ini dapat digunakan untuk procesor dengan TDP 200W.



Alphacool HDX hanya ditawarkan untuk pendingin storage Intel Optane ASSD900P. Board dan unit chip akan tertutup dan didinginkan oleh waterblock. Untuk inlet membutuhkan 2 port G1/4 untuk menghubungkan ke unit pompa pendingin air.

Gelid Phantom cooler untuk procesor dengan disain tower. Mengunakan heatpipe besar di beberapa bagian dengan ukuran 8mm. Total 7 heatpipe untuk menghantar panas procesor ke bagian sirip pendingin. 5 heatpipe terhubung bagian kontak di bagian tembaga ke bagian kepala procesor

Gigabyte Aorus ATC700 tampil dengan penutup plastik serta menyalakan lampu. Dan menampilkan lampu LED RGB dengan tren modder case saat ini. Semakin tinggi kecepatan putaran fan akan berhubungan dengan warna lampu RGB di logo Aorus.

Corsair tampilkan fan untuk builder computer. Mengunakan teknologi Maglev atau Magnetic Levitation fan. Memiliki ukuran fan 120mm dan 140mm. Keunggulan fan ada di teknologi performa fan tapi rendah noise.

Enermax DF Fan adalah fan pendingin, tapi memiliki putaran di awal bekerja dengan kipas terbalik. Bukan kipasnya dibalik, tapi putaran kipasnya mengarahkan udara mundur selama 10 detik baru kembali bekerja normal.



No popular articles found.