Lubang Hitam siluman VLA J2130 + 12 begitu tenang sampai tidak terditeksi


Kategori : Science | Date : 29 June 2016
Peneliti mengunakan teleskop X-ray Chandra dan teleskop lain.

Menunjukan adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

Selama 20 tahun terakhir, peneliti melihat benda VLA J2130 + 12 atau VLA J213002.08 + 120.904. Sampai disimpulkan benda tersebut sebuah lubang hitam yang berada di dekat gugus sebuah bintang M15.

Awalnya benda yang tidak terlihat tersebut adalah sebuah galaksi yang sangat jauh karena memancarkan gelombang radio.

Penelitian dilakukan kembali dengan alat instrumen EVN European Very Long Baseline Interferometry Network, dan teleskop radio Green Bank serta tempat observasi Arecibo.

VLA J2130 + 12 adalah lubang hitam, memiliki jarak 7.200 tahun cahaya dan berada di dalam galaksi kita sendiri. Jaraknya 5x lebih dekat dari kelompok bintang M15

Penelitian lebih lanjut dengan teleskop X-Ray Chandra, benda black hole biasanya dapat terditeksi radiasi X-Ray karena terdapat emsii. Tapi yang ini tidak terlihat.
Setelah dilihat dengan teleskop radio VLA yang berada di Amerika, kecerahan gelombang radio ditempat tersebut tampak.

Studi lanjutan menunjukan benda VLA J2130 + 12 adalah sebuah lubang hitam. Memiliki ukuran beberapa kali lebih besar dari matahari kita. Tapi ini skala lubang hitam, dan lubang hitam VLA J2130 + 12 sedang menarik materi bintang pendampingnya yang berukuran 10-20% lebih kecil dari matahari kita.  Ketika gas jatuh tertarik oleh gravitasi lubang hitam. Gas yang jatuh ke benda padat raksasa tersebut menjadi panas dan memancarkan cahaya sinar X-ray kata Balley Tetarenko dari universitas Alberta Kanada. Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman.

Teleskop Hubble pernah diarahkan ke benda VLA J2130 + 12. Tapi benda tersebut hanya terditeksi dengan ukuran 1/5 dari matahari. Awalnya benda tersebut dianggap sebagai bintang neutron, bintang kerdil yang sangat dingin, atau bintang putih yang sedang menarik materi dari bintang di sebelahnya.

Lubang Hitam siluman VLA J2130 + 12 begitu tenang sampai nyaris tidak terditeksi



Karena penelitian ini hanya mencakup wilayah yang sangat kecil. Peneliti mengatakan kemungkinan ada banyak lubang hitam yang tenang seperti ini tapi tidak terlihat. Awalnya ilmuwan hanya menyebut jumlah lubang hitam di galaksi kita sekitar puluhan ribu saja.

Dengan penemuan baru ini dengan lubang hitam siluman, bisa saja jumlahnya mencapai ribuan kali dari perkiraan sebelumnya.

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi dan dapat terditeksi adalah V616 Monocerotis. Memiliki jarak 3000 tahun cahaya dari Bumi. Lubang hitam kedua adalah Cygnus X-1, memiliki jarak 6000 tahun cahaya dari Bumi

Berita terkait
Sebuah galaksi yang bergabung, terditeksi ada 2 inti dari galaksi SDSS J1010 + 1413 yaitu 2 lubang hitam supermasif. Kedua lubang hitam yang sudah masuk menjadi satu dan perlahan saling mendekat. Terditeksi oleh teleskop Hubble dan memperlihatkan ada 2 cahaya biru. Peneliti mengatakan kedua lubang hitam akan saling mengitari. Kapan tabarakan akan terjadi, tidak tahu. Apa yang akan terjadi, disana akan terjadi riak gelombang gravitasi sangat kuat.

Kita tahu benda menakutkan itu ada disana, dan kita tidak bisa memalingkan muka. Astronom mendapat gambar langsung bayang lubang hitam. Data berukuran Petabyte data teleskop radio dan proses superkomputer sangat khusus. Bagaimana Black Hole dapat dibedakan oleh materi lain. Peneliti menyebut lubang hitam dapat terbentuk ketika alam semesta mulai terbentuk



Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.

Seberapa luas alam semesta ini. Angka perkiraan 250x lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Berapa luas alam semesta tepatnya. Manusia saat ini hanya mampu melihat terjauh 46 miliar tahun cahaya dari titik awal alam semesta. Lebar alam semesta diperkirakan mencapai 92 miliar tahun cahaya dengan teknologi saat ini.

Dua lubang hitam ini berada pada jarak 750 juta tahun cahaya menunjukan kehancuran dua galaksi 0402-379 akibat kedua lubang hitam. Bentuk visual dari galaksi Galaksi 04020-379 dahulu kedua galaksi memiliki lengan spiral yang terbentuk dari garis bintang. Update foto VLBA

Supernova RCW 86 langka. Sisa bintang menjadi sebuah bintang neutron yang lahir di dalam supernova, tapi ada bintang tipe G seperti matahari berada di samping sebagai bintang biner. Bintang kedua tercemar bahan kalsium.

Peneliti akhirnya mengungkap sebuah sumber aneh di galaksi tetangga Andromeda. Walau jarak galaksi tersebut jauhnya lebih dari 2 juta tahun cahaya dari Bumi. Tertangkap sebuah bintang neutron ada di dekat lubang hitam.



Cluster 47 Tucanae adalah tempat di galaksi kita dengan kelompok bintang sangat padat. Tidak itu saja, disana terdapat sebuah lubang hitam berukuran 2.000x massa matahari. Mengapa lubang hitam tersebut baru diketahui dan diteliti saat ini.

Miliaran tahun lalu, lubang hitam B3 1715+425 adalah lubang hitam yang ada di tengah galaksi. Tapi anehnya, sekarang dia sendirian dan tidak banyak lagi bintang yang mengelilingi dirinya sendiri. Bahkan terbang begitu cepat sampai kecepatan 3200km perdetik. Ada apa dengan lubang hitam ini.

Teleskop Array Murchison Widefield menangkap galaksi Bima Sakti dalam 12 warna. Tidak itu saha, setiap titik sinyal radio yang tertangkap juga mewakili galaksi yang lebih jauh. Dimana frekuensi radio telah mengalami perjalanan miliaran tahun untuk ditangkap oleh teleskop saat ini

Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

2 minggu setelah NASA memberi peringatan bumi sangat rentan terhadap jatuhnya meteor besar. Seorang astronom China memperingatkan sebuah asteroid besar yang dapat menghancurkan bumi, dengan kekuatan kerusakan 3 miliar bom nuklir. Bumi tidak pernah lepas dari ancaman asteroid di ruang angkasa

Beberapa benda paling berbahaya bahkan mematikan di alam semesta. Magnetar, lubang hitam dan tabrakan antar galaksi. Magnetar adalah bintang yang berubah menjadi magnit sangat kuat. Sedangkan Black Hole memiliki kekuatan daya gravitasi paling besar di alam semesta ini.

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.



Sebuah lubang hitam ukuran kecil, sekitar 12x ukuran matahari kita. Jaraknya 8000 tahun cahaya dan tertidur. Mendadak lubang hitam tersebut bangun. Lubang hitam disebut V404 Cygni ternyata sedang di dampingi sebuah bintang.

Proses terjadinya teori Big Bag diperkirakan terjadi pada 13,7 miliar tahun lalu. Big Bang di percaya sebagai awal terbentuknya alam semesta. Mengapa Big Bang masih sebatas teori. Karena manusia tidak bisa melihat apa yang terjadi di masa lalu.


Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.




No popular articles found.