Cumi cumi raksasa tertangkap oleh camera pertama kali dilaut dalam


Kategori : Science | Date : 9 January 2013
Cumi cumi raksasa Elusive atau Giant Squid tertangkap oleh camera pertama kali.

Ukurannya jauh lebih besar dibanding cumi di pasar. Gambar tertangkap camera kapal selam Jepang yang melakukan eklorasi dibawah laut.

Tetapi video tersebut baru dirilis ke publik ketika si Sotong gede itu menyerang kapal selam mini.

Diperkirakan ukuran cumi raksasa dapat tumbuh sampai 13 meter dan menjadi predator paling besar yang pernah ada saat ini.

Biasanya cumi raksasa hidup dan bisa ditangkap dekat permukaan air. Tetapi Cumi raksasa yang tertangkap camera bisa hidup di laut yang sangat dalam dan sulit menemukan mereka disini.

Cumi yang ditangkap adalah seekor cumi dengan panjang 3 meter.  Ketika tim Japan National Museum of Nature and Science bersama perusahaan Discovery Channel menghabiskan waktu selama 400 jam untuk menelusuri keberadaan cumi cumi raksasa di laut dalam.

Banyak upaya peneliti dan kru film mencoba menemukan si raksasa ini, tetapi semuanya gagal. Tahun 2004 pernah ada yang menangkap gambar cumi raksasa, tetapi dalam posisi menjauh dari camera.

Mengapa tim Jepang kali ini berhasil mendapatkan gambar cumi raksasa tersebut. Mereka mengunakan sinar infra merah tanpa menyalahkan lampu biasa. Setelah cumi mendekat baru lampu camera khusus yang mampu menangkap cahaya inframerah mulai merekam.



Jaraknya 13,3 milyar tahun cahaya dari Bumi. Hanya terlihat titik merah di teleskop Hubble.

Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.




No popular articles found.