Black hole Swift J1644+57 menditeksi denyut lubang hitam jauhnya 3,9 miliar tahun cahaya


Kategori : Science | Date : 25 June 2016
Black hole atau lubang hitam Swift J1644+57 letaknya 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Baru terditeksi pada tahun 2011 oleh teleskop milik Nasa Swift.

Astronom mempelajari gangguan pasang surut lubang hitam tersebut, dan dipublikasikan tahun ini. Arah jet dari Black Hole terditeksi karena mengarah ke Bumi.

Contoh kiri perubahan dari Black Hole dan Bintang ketika mendekat, kanan bentuk animasi ketika bintang mendekati sebuah lubang hitam.

lack hole atau lubang hitam Swift J1644+57 menelan sebuah bintang


Melihat aktivitas Black Hole Swift J1644+57 memerlukan sensor cahaya X-ray, dibantu dengan satelit Suzaku Jepang dan ESA XMM-Newton. Karena benda tersebut tidak terlihat dengan teleskop optik biasa tapi dia ada disana

Melihat seperti apa aktivitas sebuah black hole ketika menelan sebuah bintang. Karena lubang hitam tidak terlihat, hanya terlihat cakram yang terbentuk di sekelilingnya.

Terditeksi seperti pulse, echo atau sonar X-ray yang lebih dekat di bagian black hole. Peneliti dapat memperkirakan seberapa besar ukuran black hole tersebut. Dan disimpulkan lubang hitam tersebut sangat besar dan berada di tengah sebuah galaksi.

Dengan teknik pemetaan baru, peneliti sekarang dengan mudah mengamati bagamana sebuah bintang dapat tertangkap dan tertarik lubang hitam yang sangat besar. Lalu gas yang ditarik oleh lubang hitam dapat berputar. Peneliti memerlukan data untuk mempelajari gerakan, arah dan cahaya bintang, ketika sebuah bintang akan dihancurkan oleh lubang hitam.

lack hole atau lubang hitam Swift J1644+57 menelan sebuah bintang



Seperti apa bila sebuah lubang hitam menarik dan menelan sebuah bintang. Gambar animasi dari Nasa JPL


Berita terkait
Disebut SN2016iet, memiliki durasi yang panjang, dengan jejak kimia yang tidak biasa, dan lebih banyak teka-teki di bintang tersebut. Para peneliti percaya supernova ini dapat menantang model kematian bintang kita yaitu matahari. Karena ledakannya terus tampak dalam beberapa tahun kedepan

Sekarang menambahkan dua lagi planet baru ke dalam daftar exoplanet yang berpotensi layak huni. Para astronom telah melihat sepasang planet yang mengorbit Bintang Teegarden. Seperti apa melihat matatari di Teegarden bila tinggal disana



Sebuah bintang dan tata surya terbentuk dari kumpulan debu dan gas. Cakram akan membentuk planet dan mengelilingi sebuah bintang yang telah lahir. Tapi di bintang MM ada 2 bintang, satu bintang MM 1a menjadi pusat, sedangkan MM 1b menjadi bintang biner kedua dengan ukuran lebih kecil. Peneliti mengatakan bintang MM 1b lahir di tempat yang seharusnya terbentuk planet.

Peneliti akhirnya mengungkap sebuah sumber aneh di galaksi tetangga Andromeda. Walau jarak galaksi tersebut jauhnya lebih dari 2 juta tahun cahaya dari Bumi. Tertangkap sebuah bintang neutron ada di dekat lubang hitam.

2 lubang hitam yang disebut PG 1302-102, adalah keberadaan 2 lubang hitam biner yang saling mengorbit. Jarak keduanya seperti matahari ke pluto. Tetapi dampak gravitasi keduanya terlihat begitu kuat.

Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.



Foto dari teleskop Chandra diambil pada Desember 2011, sampai Februari 2014 dan terakhir ditahun 2015. Bintang kembar PSR B1259-63 / LS 2883 - atau B1259, salah satunya adalah bintang Pulsar melewati bintang yang aktif disebelahnya, membuat tekanan kuat sampai bagian dari disk dari bintang yang aktif terlempar. Hal ini masih terus terjadi.

Astronom telah melihat sebuah benda yang jaraknya 5000 tahun cahaya. Dan sebuah kejadian dalam 3 tahun dapat diamati oleh teleskop di rumah anda. Karena sebuah bintang Pulsar akan menarik satu bintang lain. entu saja kejadian tabrakan kedua bintang tersebut sudah terjadi di masa lalu.

Proses terjadinya teori Big Bag diperkirakan terjadi pada 13,7 miliar tahun lalu. Big Bang di percaya sebagai awal terbentuknya alam semesta. Mengapa Big Bang masih sebatas teori. Karena manusia tidak bisa melihat apa yang terjadi di masa lalu.





No popular articles found.