Smartphone standar diproduksi dengan cara biasa. Beberapa merek smartphone mengeluarkan edisi smartphone tahan air. Samsung Galaxy Xcover 3, Xperia ZR, Xperia M4
Harga smartphone tahan air dijual lebih mahal, dirancang khusus dengan tambahan tahan debu bahkan tahan jatuh.

Untuk konsumen biasa, membeli smartphone tahan air adalah hal menarik. Ketika hujan, pembawa smartphone tidak perlu memikirkan apakah smartphone dikantongnya akan basah dan rusak.

Samsung dan Sony membuat smartphone tahan air serta produsen lain menawarkan produk seperti itu.

Tapi Xiaomi bertahan memproduksi dengan smartphone biasa. Ada alasannya mengapa Xiaomi tidak membuat smartphone khusus tahan air.


Xiaomi tidak membuat smartphone tahan air ada alasannya

CEO Xiaomi mengatakan dua alasan mengapa mereka tidak mau memproduksi smartphone model tersebut.

Lei Jun mengatakan kemampuan smartphone yang tahan air, bisa memperburuk komponen vital di dalam. Ini untuk jangka panjang, seandainya ada kerusakan di internal smartphone bagaimana memperbaiki perangkat tersebut yang sudah tertutup. Xperia Z awalnya dibuat dengan fitur tahan air, lihat tahun ini di seri smartphone Xperia Z belum dikeluarkan model tahan air.

Biaya rendah tidak ada pada model smartphone tahan air. Membutukan komponen lain yang memakan biaya 20-30% lebih mahal dari smartphone biasa.

Xiaomi tidak mengesampingkan akan membuat smartphone tahan air, sementara sekarang lebih memilih memproduksi smartphone lebih murah. Seandainya penguna siap untuk membayar lebih. Tapi kita dapat memilih, smartphone murah tanpa kemampuan tahan air, atau membeli lebih mahal dengan merek lain yang memiliki fitur tersebut.

Produsen lain yang menentang kebiasaan produk bombastis lainnya adalah Huawei. Beberapa waktu lalu pernah mengatakan mereka tidak akan mengunakan teknologi layar smartphone 2k atau qHD walau sudah tersedia. Alasannya sama seperti diatas, lebih baik memproduksi produk murah dibanding memproduksi produk canggih tapi tidak dapat dipakai oleh pembeli.