Dikenal dengan Cordyceps, adalah obat tradisional dari Tibet dan digunakan sejak ratusan tahun lalu.

Obat ini diambil dari ulat yang mati. Tapi proses obat tidak datang begitu saja. Ketika ulat sedang berjalan dan spora jamur jatuh di tubuh ulat.

Lalu jamur perlahan memakan tubuh ulat dan tumbuh, sampai akhirnya ulat mati menjadi mummi setelah tubuhnya diserap oleh jamur.

Ulat yang mati jatuh ke tanah, nantinya jamur akan muncul. Disitulah para petani mengambil bekas ulat yang ditandai dengan jamur yang muncul

Untuk menemukannya tidak mudah, Kevin sempat mencari selama  5 hari dan tidak mendapatkan satupun.

Sisa ulat ini yang diperdagangkan yang sekarang mencapai harga sangat tinggi.

Cerita obat ini memang benar, sampa Kevin Frayer sebagai jurnalis foto Getty datang ke Tibet. Dia menceritakan mencari ulat ini tidak mudah, karena hanya tumbuh di daerah suhu rendah dan di ketinggian tertentu yaitu Tibet pada ketinggian 4500m

Jamur sudah populer selama berabad-abad untuk dijadikan obat tradisional. Dan dipercaya sebagai pengobatan asma sampai masalah impotensi. Tapi permintaan terus meningkat, khususnya di kalangan menengah China.

Bahkan permintaan obat ini tidak pernah puas, sampai dalam beberapa dekade terakhir sudah mencapai titik terakhir yaitu sangat mahal. Harga obat ini sudah mencapai harga emas, yah, dalam hitungan gram per gram. Ulat hanya perlu ditumbuh sampai halus dan dimasukan ke dalam kapsul untuk dijadikan obat

Frayer mencari tahu dimana sumber emas ulat tersebut. Akhirnya dia melakukan perjalanan ke Tibet. Untuk melihat langsung petai dan ulat di yang sedang di panen. Musim panen biasanya datang pada musim panas antara Mei dan Juni.  Beberapa perantau juga datang ketempat dimana banyak ditemukan Cordyceps.

Dahulunya masyarakat di sekitar lebih banyak mengembala Yak dan ternak di lahan. Sekarang semakin banyak orang disana untuk mencari jamur atau ulat yang sudah menjadi mummi untuk dijadikan obat.

Jamur tersebut semakin sulit di dapat. Dan ulat tidak bisa tumbuh lebih cepat, tapi permintaan meningkat. Pemerhati lingkungan hidup sudah memperingatkan dampak jangka panjang di daratan tinggi Tibet akibat ulah pencari ulat ini.

Dahulu dapat ditemukan 100 ulat perhari, sekarang hanya 3-4 perhari saja jika beruntung.

Dukun di Tibet mengunakan bahan ini untuk pengobatan tradisional. Dan tercatat dalam buku tua pengobatan tradisional China dan Tibetan. Hal utama adalah memperbaiki kebugaran termasuk yang disebut diatas, mencegah tumor, gangguan lever dan ginjal. Total untuk penyembuhan gangguan 21 penyakit walau efeknya lebih rendah.

Apa benar obat tradisional tersebut begitu mujarab. Belum dibuktikan secara ilmiah, tapi begitu banyak orang percaya dari khasiatnya sampai harganya melonjak tidak karuan. Harga Cordyceps sudah mencapai  3 juta per 10 gram.

Obat Cordyceps jamur tumbuh di ulat menjadi tambang emas di Tibet