Planet PTFO 8-8695b seukuran Jupiter sedang di tarik oleh bintang induk


Kategori : Science | Date : 16 June 2016
Sebuah planet seukuran Jupiter disebut planet PTFO 8-8695b.

Tapi perlahan planet ini sedang di sikat oleh bintang induknya sendiri. Berdasarkan observasi emisi, terlihat adanya awan besar perlahan tertarik dari planet ke dalam bintang. Artinya atmofer gas di planet tersebut sedang disedot ke dalam bintang.

Planet PTFO 8-8695b berada 1000 tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Orion, tapi planet ini terbentuk terlalu dekat dengan bintang. Membayangkan saja agak sukar, karena planet ini mengorbit 11 jam sekali. Bandingkan dengan Bumi memiliki orbit 365 hari, dan letaknya lebih jauh dari matahari.

Astronom Christopher yang memimpin penelitian planet ini tidak mengetahui penyebabnya. Umumnya sebuah planet berukuran seperti Jupiter akan bergerak mundur ke tengah sebuah tata surya. Seperti posisi Jupiter atau Neptunus dalam ukuran planet besar.

Peneliti Christopher belum dapat memastikan apakah PTFO 8-8695b memang sebuah planet. Karena belum dapat mengukur masanya.

Masalah pada planet PTFO 8-8695b terbentuk di sebuah bintang yang usianya masih muda. Bintang dengan usia muda biasanya aktif dan sering memunculkan kilatan, membuat kesulitan mengobservasi benda di dekatnya.

Keunikan tata surya lain juga pernah ada seperti planet ini, dimana sebuah planet seukuran Jupiter berada sangat dekat dengan sebuah bintang. Belum dapat dipastikan apakah planet PTFO 8-8695b akhirnya mampu bertahan atau massa planet akan terus ditarik oleh bintang sampai habis.

Planet PTFO 8-8695b seukuran Jupiter sedang di tarik oleh bintang induk

Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.

Kemungkinan planet ini memiliki bahan logam di atmosfernya sebagaimana dinilai oleh 'sidik jari' dalam analisa spektrum planet. Masih diteliti apakah ada kandungan air. Planet ini bukan target untuk ditinggali oleh manusia, karena sangat dekat ke bintang induk. Tapi merupakan salah satu planet langka yang dapat terbentuk di tata surya lain.

Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.



Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Memiliki atmofer dan berbatu seperti Bumi.

Sebuah tata surya dengan bintang 55 Cancri, terdapat sebuah planet yang diketahui seperti tidak berputar. Planet 55 Cancri e masuk kategori super earth, tapi orbitnya lebih parahnya dengan  satu putaran 18 jam. Data tahun 2013 ditemukan kandungan atmofer planet, tetapi tetap saja menjadi planet panas

Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya. 2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti". Tapi peneliti mengatakan kondisinya berbeda dengan Bumi.

Planet EPIC 228813918b mengorbit ke sebuah bintang tipe M atau bintang kerdil. Memiliki kandungan 45% besi, dan mengorbit setiap 4,5 jam sekali atau seseorang akan berulang tahun setiap 4 jam sekali



Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet . Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Teleskop Kepler yang kabarnya rusak sudah kembali beroperasi, walau tidak bisa beroperasi penuh. Kabar baik, ditemukan lagi planet dengan posisi Goldilocks Zone atau planet yang berada di  posisi untuk kehidupan. Bukan satu planet tapi sekaligus 8 planet. November 2015, planet Kepler 438b di coret dari daftar exoplanet yang mirip bumi.

Di tata surya Kepler-138 ditemukan 3 planet. Dua planet diantaranya Kepler-138c dan Kepler-138d. Tapi satu lagi planet Kepler-138b ini agak aneh. Kepler-138c dan Kepler-138d memiliki ukuran planet 120% dari Bumi

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus. Bila planet ini mengantikan planet Saturnus, cincin planet bisa terlihat jelas di Bumi.

Pernah mendengar cerita planet X, planet yang tidak dikenal di tata surya kita sendiri. Mungkin planet ini memang ada, tapi jauh di kegelapan dan mungkin saja berada sangat jauh di luar planet Pluto. Tetapi jumlah planet tersebut tentunya tidak pasti, karena orbitnya begitu jauh, dan sulit diamati dari Bumi dengan teknologi yang ada


No popular articles found.