John Kraus baru memiliki camera tahun lalu, tepatnya dibeli pada bulan Januari 2015. Dia belajar foto kurang dari 2 tahun, mengunakan lensa kit pertama. Tapi hasil foto dibuat setara fotografer profesional.

Kata pepatah, tidak perlu peralatan mahal bila tidak bisa mengunakan. Dengan peralatan camera standar, posisi tepat akan menghasilkan foto yang baik.

John aktif membuat foto sejak camera dibeli. Foto yang ini adalah roket Delta IV Heavy menjelang diluncurkan di Cape Canaveral. Walau bukan roket terbesar yang masih di rencanakan dengan roket Nasa SLS. Berita foto John disampaikan di situs Reddit

Bila tidak salah roket Delta IV tersebut yang membawa peralatan satelit mata mata NROL 37

Cerita John yang menarik. Dia agak nekat untuk mengorbankan cameranya untuk di goreng oleh api roket Delta. Semua foto dalam beberapa detik tersebut diambil pada jarak 70 meter. Dengan Nikon D3300 lensa 18-55mm,.

Ancaman terbesar ketika mengabadikan peluncuran roket adalah waktu. Jadwal peluncuran bisa saja mundur atau dimajukan, tergantung cuaca katanya. Kedua dorongan roket sangat kuat dapat menerbangkan semua benda yang ada di sekitar parit api. Ketika bila jadwalnya mundur, dan camera kehabisan baterai. Katanya, yah nasib camera itu akan ada disana tanpa mengambil gambar apapun. Terakhir air hujan yang dapat merusak camera.

Dia membungkus camera dengan cara terbaik, sampai camera di bungkus plastik. Bagian lensa di tutup dengan hood camera, dan tripod camera di pasang sekuat mungkin agar camera tidak ikut terbang (terlempar)

Rencana awal , camera akan ditaruh pada jarak 300 meter. Tapi cuaca berubah dan peluncuran roket Delta ditunda, akhirnya di John memajukan cameranya sampai jarak lebih dekat. Setelah semua dipasang dengan baik, dan dia harus meninggalkan cameranya lalu duduk manis 2 km jauhnya dari titik peluncuran.

Fotografer abadikan roket Delta IV ketika meluncur ke ruang angkasa

Setelah roket terbang, dia kembali mengambil camera. Dilihat masih utuh, tripod masih berdiri, dan tidak ada puing yang merusak camera.



John mengatakan, di jarak 2km saja. Mesin roket ketika meluncur bisa dirasakan dibagian dada kita.