Planet Kepler 1647b berada di 2 bintang kembar dengan orbit 3 tahun sekali


Kategori : Science | Date : 14 June 2016
Planet Kepler 1647b letaknya 3700 tahun cahaya dari Bumi, berada di 2 bintang kembar.

Planet ini unik, karena sebagai planet gas, berada posisinya seperti Jupiter di tata surya kita. Melanggar teori sebelumnya, dimana planet gas cenderung berada sebagai planet dalam atau lebih dekat ke bintang

Sebagai contoh planet 189733b disebut sebagai planet alien ditemukan tahun 2005, dengan ukuran seperti Jupiter.

Tapi berada sangat dekat dengan bintang. Mengapa disebut planet alien, bukan berada disana ada yang hidup. Tapi suhu planet ini begitu parah, mencapai 1000 deg.C lebih

Peneliti mengatakan planet Kepler 1647b identik dengan Jupiter kita. Tapi keuningan planet ini berada di sebuah tata surya dengan 2 bintang, satu seukuran matahari dan satu lagi bintang lebih kecil.

Planet dengan 2 bintang atau lebih disebut dengan perumpaan planet Tatooine seperti film Star Wars. Mengapa planet Kepler 1647b baru diumumkan beberapa waktu lalu.

Melihat planet dengan teknologi astronomi saat ini, hanya dimungkinkan dengan melihat posisi planet ketika transit. Seperti melihat gerhana matahari, dimana bulan adalah planet dan matahari sebagai bintang. Bayang planet akan menutup matahari, ketika dilihat dari bumi maka dapat disimpulkan bahwa disana memang ada sebuah planet lain.

Letak Kepler 1647b berada di konstelasi Cygnus, dan menjadi planet terbesar saat ini yang mengorbit dan berada di 2 bintang kembar.

Penemuan planet Kepler 1647b seperti penemuan dari puncak gunung es, mungkin ini hanya satu planet, bisa saja di sekitar bintang kembar lain ada planet seperti ini. Posisi Kepler 1647b menjadi keunikan sendiri, berada mundur dari tata suryanya dengan orbit 3 tahun sekali. Sedangkan Jupiter memiliki orbit 12 tahun sekali.

Planet Kepler 1647b tidak dimungkinkan manusia untuk singgah disana. Tapi seperti planet Jupiter kita, memiliki beberapa bulan. Bisa saja planet Kepler 1647b juga memiliki bulan dan ukurannya sama besar sehingga manusia bisa mampir suatu hari nanti)



Penelitian Kepler 1647b sudah dilakukan oleh penulis Laurance Doyle dan astronom dari SETI. Planet tersebut memilik usia 4,4 miliara tahun, atau kira kira sama seperti umur Bumi.

Yang susah sekarang untuk menemukan planet seukuran Bumi, bahkan planet seperti Bumi yang berada di bintang kembar. Mungkin belum terlihat, tapi siapa tahu di masa depan nanti dapat ditemukan

Dibawah ini gambar artis dengan posisi bintang kembar dan sebuah planet dari Kepler 1647f.

Planet Kepler 1647b berada di 2 bintang kembar dengan orbit 3 tahun sekali

Astronom menemukan sebuah planet liar dan tidak mengorbit ke bintang. Ukuran 12x massa planet Jupiter dengan medan magnit sangat kuat. Pertama kali sebuah planet Rogue atau planet tanpa mengobit ke bintang induk, bahkan ditemukan karena terditeksi dari emisi radio. Bahkan peneliti mengatakan jangan jangan ada puluhan ribu planet liar seperti ini di galaksi kita.

Kita akan bertanya apakah tata surya lain memiliki planet gas seperti Jupiter. Dijawab ya, tapi peneliti melihat perbedaan ukuran planet gas di tata surya lain berdasarkan bintang induknya. Bintang dapat mempengaruhi ukuran planet lain ketika lahir.

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet . Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter



Badai dengan jutaan petir lebih kuat dari Bumi, menjelaskan mengapa sinyal planet HAT-P-11b tertangkap oleh teleskop ruang angkasa. Di tahun 2009, mengapa planet ini dapat mengeluarkan sinyal radio. Kondisi alam yang membuat sinyal planet bisa ditangkap oleh teleskop di Bumi

Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia. Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasiswa dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler. Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.

Apa yang dimaksud planet Terrestrial adalah planet berbatu. Tetapi ada beberapa kategori dari planet tipe ini, untuk Bumi masuk ketegori planet dengan permukaan berbatu dimana terdapat inti besi cair di dalamnya. Ada 2 kategori planet lain yang juga masuk dalam planet Terrestrial.

Di tata surya Kepler-138 ditemukan 3 planet. Dua planet diantaranya Kepler-138c dan Kepler-138d. Tapi satu lagi planet Kepler-138b ini agak aneh. Kepler-138c dan Kepler-138d memiliki ukuran planet 120% dari Bumi



Planet TrES-2b disebut sebagai planet gelap. Dengan permukaan planet sangat hitam.  Jarak planet TrES-2b ke Bumi mencapai 750 tahun cahaya. Tidak seperti planet Jupiter memiliki awan amonia yang berwarna dan memantulkan cahaya.

3 planet kecil di tata surya Koi 961. Ukurannya mungkin sebesar planet Mars. Ketiga planet tersebut memiliki ukuran 0.78, 0.73 dan satu lagi lebih kecil 0.57 kali dari Bumi. Jarak ke planet di tata surya Koi 961 tidak terlalu jauh, hanya 120 tahun cahaya yang terletak di konstelasi bintang Cygnus.


No popular articles found.