Pendingin ruangan AC tanpa listrik dari Eco Cooler dengan daur ulang botol plastik bekas


Green | 10 June 2016

Bagaimana memanfaatkan botol bekas, apakah bisa dijadikan pendingin ruangan tanpa AC.

Beberapa cara untuk menghindari panas dirumah dapat mengunakan warna cat putih,  atau mengunakan tanaman seperti rumput di atap rumah

Tetapi di Bangladesh dengan 70% penduduk tinggal di gubuk seng yang panas dan berada di pedesaan. Ketika musim panas, suhu mencapai 45 deg.C.

Siapapun tidak akan mampu tinggal di dalam pondok / rumah dengan atap seng.

Untuk mengatasi hal ini, dari Grey Dhaka bekerja sama dengan relawan Grameen Intel Business LTD membuat Eco Cooler. Pendingin ruangan tanpa listrik, katanya.

Caranya sangat mudah, dengan modal beberapa botol plastik saja yang dipasang di jendela rumah. Mampu menurunkan suhu ruangan 5deg C lebih rendah. Tentu berdasarkan arus angin yang melewati botol bekas yang dijadikan arus udara masuk.

Setelah test awal, Eco Cooler siap diberikan untuk penduduk Bangladesh. Seperti apa disain Eco Cooler atau pendingjn ruangan tanpa AC tersebut. Idenya sangat sederhana, daur ulang botol plastik sebagai pendingin ruangan.

Coba anda lakukan dengan meniup udara dari mulut ke tangan anda. Pertama dengan mulut terbuka dan kedua dengan meniup lebih kencang dengan sedikit tertutup

Teori membuat pendingin ruangan Eco Cooler

Bila arus udara disimulasikan dengan daur ulang botol bekas. Secara teorinya seperti gambar dibawah ini. Udara masuk ke corong botol bagian besar, dan terkompresi ke bagian botol lebih kecil untuk mengalirkan udara dingin



Sistem Eco Cooler dengan tekanan udara pada botol

Cara membuatnya, gunakan botol bekas. Lubangi tutup botol, dan gunting bagian bawah botol bekas plastik

Cara pembuat pendingin tanpa listrik

Pasangkan beberapa botol sebagai corong di jendela rumah.

Setelah dipasang di jendela rumah, suhu ruangan dapat turun sampai 5 derajat lebih dingin. Tanpa AC, tanpa listrik, hanya mengandalkan arus udara dari luar ruangan.

Disain pendingin ruangan tanpa listrik dari arus udara botol plastik bekas

Test pendingin tanpa listrik dengan botol bekas

Berita terkait
Peneliti mendapatkan formula cat yang memantulkan panas matahari. Membuat suhu di sekitar yang dilapisi cat dapat lebih dingin mengembalikan cahaya infra merah dan ultraviolet 95,5%. Cat untuk atap rumah, jalan akan lebih dingin, pemakaian AC yang mengunakan listrik besar dapat dihemat.

Virus, disini bukan berbicara virus computer. Tapi kesehatan dan penyakit terhadap manusia. Virus memiliki kemampuan melakukan replika tapi membutuhkan induk atau inang sel. Hal ini membedakan antara virus dan bakteri. Media menyebut virus kolera, apakah virus dan bakteri sama.



Rancangan kedua penemu tersebut adalah lembaran seperti film. Memantulkan gelombang panjang matahari seperti cahaya inframerah yang membawa panas.MIT membuat jendela transparan dan berubah menjadi buram bila terkena panas menolak cahaya matahari.

Pengembangan mesin AC telah berusia 100 tahun. Mengambil tenaga dalam proses pendinginan. Tapi teknologi baru dari peneliti Singapura NUS membuat mesin pendingin berbasis bahan air. Lebih hemat 40% konsumsi listrik di daerah tropis

Gerah dengan polusi asap, terobosan baru pemerintah Nanjing menyiapkan proyek Vertical Forest.  Perancangnya arsitek Stefano Boeri akan membuat sebuah gedung dengan hutan vertikal.

Sangat banyak energi di bidang hidrokinetik, cukup menempatkan turbin di air. Walau gerakan aliran air yang lambat dapat menghasilkan power dari turbin mini. Idenya untuk pembangkit mini di tempat kemah, atau komunitas kecil dimana tidak memiliki aliran listrik

Fayez al-Hindi seorang warga Palestina menciptakan alat penyulingan air bertenaga surya, dan menghasilkan air sehat yang dapat di minum. Fayez bisa membantu warga disekitar agar mereka bisa membuat air minum sendiri dengan bantuan cahaya matahari.



Rumah dengan pohon di atap gedung. Dirancang arsitek Vo Trong Nghio, membuat rumah seperti kotak dengan fasilitas 2 lantai. Total luas tanah rancangan rumah ini sekitar 226 meter persegi. Ada 5 rumah yang dibangun, memiliki ketinggian berbeda beda.

Apa yang anda pilih agar rumah lebih sejuk. Gunakan saja atap dengan warna putih. Karena lebih efisien untuk memantulkan panas dari cahaya matahari. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau, maksudnya ditanam dengan rumput di atap gedung atau di cat dengan warna putih

Satu cara membuat rumah lebih sejuk dengan menambahkan tanaman seperti rumput diatasnya. Ada disebuah rumah di Brazil

Bagaimana membangun rumah indah dari bahan bekas rumah lain. Perancang Studio Arthur Casas membuat rumah hijau. Bata bangunan diambil dan di daur ulang untuk membangun rumah kembali.

Disebut Kyocera Grows Green Curtain, sebuah rancangan tembok dengan tumbuhan.
Memanfaatkan tumbuhan yang tumbuh disamping tembok gedung , kantor , pabrik atau rumah dapat menahan panas matahari




No popular articles found.