Komponen PC yang rusak tapi dapat dihindari


Kategori : Hardware | Date : 7 June 2016
Computer PC tentu untuk penguna antusias computer. Banyak yang memilih notebook karena lebih simpel. Tapi di kalangan hardcore game, editing tetap mengunakan PC sebagai perangkat utama. Tanpa disadari kita mengunakan computer cukup lama. Ada yang 3 tahun lebih, tapi ada saja yang rusak baru digunakan lebih dari 1 tahun.

Untuk mengetahui apa yang sering rusak pada perangkat computer. Beberapa komponen memang mengalami masalah.

Motherboard
Bicara motherboard high end, di perangkat motherboard yang baru tidak ada lagi komponen yang bergerak. Tidak ada fan seluruhnya hanya di dinginkan oleh heatsink.
Motherboard bermerek yang dapat dipercaya, hanya mengalami kerusakan 1,43$ setahun. Merek yang buruk atau kualitas kurang baik sampai harga murah, mencapai 6-7% kerusakan.
Usia motherboard mencapai 3-4 tahun bila tidak terjadi kerusakan. Bila lebih, itu bonus.

Kerusakan utama ada di bagian kapasitor, unit ini rusak atau bocor dan tidak memberi power yang baik. Banyak yang engan membawa ketempat servis, karena sudah digunakan 2 tahun lebih. Walau kapasitor dapat diperbaiki sendiri, tentu bila mendapatkan sparepart.

Komponen yang jarang rusak adalah socket motherboard. Bila terlalu dipaksakan bekerja, seperti Pin CPU bisa terbakar. Misalnya mengunakan computer dengan overclock. Tapi kerusakan tersebut relatif lama. Dalam kondisi normal, kerusakaan socket sangat jarang. Beberapa produsen motherboard lebih memilih socket CPU berkualitas.
Tapi ada saja produsen motherboard yang menawarkan produk mereka sedikit lebih murah. Dibagian salah satu yang dipangkas dengan kualitas lebih rendah. Usianya mencapai 2 tahun lebih, lalu socket rusak ketika membutuhkan kemampuan procesor lebih tinggi. Computer akan mengalami restart dan sebagainya.

Storage
Kerusakaan harddisk dan SSD sebenarnya sama. Kerusakan lebih banyak dialami oleh perangkat karena power. Misal listrik statik yang masuk ke computer.
Hal penting lain adalah suhu di dalam computer. Khususnya SSD memerlukan ruang temperatur yang stabil.

Untuk menjaga komponen ini lebih lama bekerja, jaga computer dari arus statik seperti masuknya petir ke dalam computer.



Gunakan power supply yang baik. Hal lain seperti debu di bagian lempeng board harddisk dapat menganggu komponen. Bahkan terjadi overheating di kedua jenis storage tersebut.

Hindari computer bekerja pada suhu tinggi. Penyebabnya pada case computer yang tidak diberikan arus udara yang baik. Membuat komponen kepanasan.

Debu di computer dapat membuat arus udara tidak dapat mendinginkan komponen atau hardware computer.

RAM
Kerusakaan memory RAM sangat jarang. Data dari tahun 2013 perangkat ini paling sedikit mengalami kerusakan. Sekitar 0,2% pertahun. Tapi memory tipe tersebut adalah memory bermerek.
Kerusakan RAM disebabkan suhu panas, dan power. Walau RAM mampu bekerja sampai suhu 0 dan 85 deg.C. Mungkin saja panas di computer dapat lebih dari itu, seandainya kita tidak memberikan pendingin atau arus udara yang baik. Bila terlalu panas, chip akan mengalami degradasi sampai akhirnya rusak.

Agar dikemudian hari , komponen RAM tidak merepotkan kita. Dan mencari dimana kerusakan sampai akhirnya diketahui bahwa memory yang bermasalah. Gunakan memory berkualitas dan merek terpercaya.

Power Supply
Power supply sebenarnya bagian paling penting dari seluruh komponen. Karena disinilah dimulai sebuah computer dinyalakan.
Kondisi power supply lebih buruk dari RAM dan kerusakan setara motherboard dengan kualitas rendah. Angkanya mencapai 3-4% untuk power supply tidak berkualitas baik.
Tapi di kualitas power supply yang baik, angkanya sangat rendah hampir seperti kerusakan RAM modul. Setahun hanya 0,98% saja.
Power supply yang baik setidaknya mampu bekerja sampai 5 tahun, bahkan ada yang mencapai 10 tahun.

Kerusakan disebabkan kelebihan beban.
Jadi beli saja power supply yang berkualitas dan menghindari berhemat pada komponen ini.  Jangan memaksakan computer terus bekerja selama 24 jam, atau gunakan power supply khusus untuk pekerjaan tersebut. Seperti power supply server yang dirancang bekerja nonstop.

LCD
Komponen sering rusak sama seperti motherboard. Bagian kapasitor menjadi penyebab monitor LCD hidup mati. Biasanya kerusakan ada di bagian power supply LCD.
Tapi layar LCD tidak lepas dari kerusakaan alami. Rata rata usia layar LCD mencapai 8 tahun lebih, dan muncul bercak di pelapas layar. Sampai menganggu kualitas gambar.
Atau di sisi layar muncul gambar lebih redup, kerusakan ada di bagian CCFL atau lampu penerang LCD. Lagi lagi kerusakan tersebut disebabkan usia pemakaian.
Kerusakan LCD tidak dapat dihindari, karena penguna tidak dapat membongkar atau memasang pendingin bila diperlukan

Dengan mengetahui beberapa penyebab kerusakan diatas. Sekarang kita bisa mengetahui kerusakan umum pada computer. Agar computer dapat bekerja lebih lama dan tidak menganggu dompet kita di masa mendatang.

Harga keyboard mekanik jauh lebih mahal dibanding keyboard biasa, bahkan harga keyboard mekanik paling murah tidak pernah berada di atas keyboard standar. satu keyboard mekanik ini disebut keyboard Koyu.

Maklum, procesor Atom C3958 ini memang berbeda. Walau namanya saja IntelAtom, tetapi kemampuannya lebih cepat dibanding proccesor desktop 4 core. Atom C3958 ditawarkan $449 perunit. Hanya membutuhkan power 31W saja.

Disain heatsink dari MSI mengunakan 4 heatpipe untuk pendingun CPU. Heatsink MSI Core Frozr L memiliki ukuran 140x155x84 mm, dan beratnya lumayan cadas 960g (hampir 1kg).  Ukuran heatpipe seperti kelas VGA dengan 8mm, putaran fan rendah serta untuk model CPU AMD dan Intel


No popular articles found.