Beberapa aplikasi Android di Google Play cukup populer dan memudahkan

Tapi beberapa aplikasi ini patut dicurigai, bila anda tidak ingin masalah di kemudian hari.

Beberapa alasan mengapa anda tidak mengunakan aplikasi tersebut.

QuickPic
Aplikasi untuk galeri foto Android ini bagus. Dan melakukan update terbaru.
Tapi. Aplikasi tesrebut baru dibeli oleh perusahaan Cheetah Mobile pada tahun 2015. Kadang mengirim data ke server milik perusahaan tersebut. Tidak jelas apa yang dikirim dan diambil dari smartphone Android.

Bila ragu mengunakan QuickPic, sebaiknya tidak mengunakan aplikasi ini.

Bila anda ingin mengunakan aplikasi galeri foto, sebaiknya memilih Piktures.

Android aplikasi perlu diwaspadai di OS Android

ES File Explorer
Aplikasi seperti Explorer di Windows, tapi yang ini untuk Android. Salah satu aplikasi paling banyak digunakan di OS Android. Bila anda mengunakan versi Free ES File Explorer, sebaiknya cari saja aplikasi sejenis. Karena ES File Explorer versi gratis memompa Bloatware dan Adware untuk meminta mendownload aplikasi lain.

Alternatif dapat mengunakan OI FIle Manager, atau untuk disain sebaiknya mengunakan FX File Explorer

UC Browser dan Baidu Browser
Salah satu browser paling populer di India dan China. Katanya Fast Mode alias cepat, menghemat bandwidth internet dengan sistem kompresi data

Aplikasi UC Browser akan melakukan tracking. Mengirim data dari apa yang dicari penguna, dari search engine Yahoo India dan Google. Artinya setiap kita membuka browser dan mencari data dari kedua search engine, data kita dicatat dan di kirim ke server UC Browser.
Tidak itu saja, nomor IMSI, IMEI, Android ID, WIFI Mac Address dikirim ke server UC Browser tanpa dilakukan enskripsi ke server UMeng alias Alibaba yang menganalisa data internet.
Dan mengirim geolocation atau lokasi GPS, lengkap dengan koordinat dimana penguna tinggal, dan lagi lagi memasukan data ke AMAP atau Mapping dari Alibaba.

Sebaiknya mengunakan Google Chrome Android. Jauh lebih aman dan diperbaharui untuk keamanan. Setidaknya data kita hanya berada di satu perusahaan besar Google yang membuat OS Android.

Clean It
Aplikasi ini untuk membersihkan file sampah, sudah di install 10 juta kali, dan penguna paling banyak memberikan Bintang 5.

Aplikasi ini tidak berbahaya tapi menganggu kinerja smartphone. Proses pembersihan cache membuat smartphone lambat, artinya aplikasi lebih banyak mengunakan baterai.
Seperti satu pernyataan, menghentikan aplikasi yang berjalan dapat menghemat baterai smartphone. Kenyataannya, data aplikasi yang bekerja di smartphone yang menganggu kinerja smartphone dan kapasitas RAM juga ikut dibersihkan. Membuat OS Android harus mengaktifkan kembali aplikasi yang sudah dibersihkan tersebut
Salah persepsi antara fungsi aplikasi yang menghentikan aplikasi lain dengan iming iming dapat menghemat baterai.

Music Player Android
Tampilan sederhana, aplikasi ini untuk mendengar musik

Yang buruk. Kabarnya iklan yang ditayangkan di aplikasi tersebut terlalu banyak dan menghabiskan kuota internet. Bahkan satu user mengatakan aplikasi tersebut menghabiskan gigabyte termasuk mengeringkan kapasitas baterai smartphone.

DU Battery Saver & Fast Charge.
Salah satu aplikasi Battery Saving dan penguna cukup banyak mendownload, bahkan 7 juta penguna memberikan bintang 5. Maaf semua yang memberikan nilai aplikasi tersebut salah.

Satu kata dari DU Battery Saver adalah fitur Fast Charge. Aplikasi tidak mungkin merubah kemampuan pengisian baterai di smartphone.
Kecuali chipset dan sistem charger yang dibuat oleh produsen smartphone. Seperti dukungan dari perangkat hardware Qualcomm Quick Charger , Oppo Vooc , Mediatek Pump Express.
Mungkin salah iklan atau sengaja menyesatkan penguna.

Dolphin Web Browse
Ini mengiming-imingkan Tidak ada Iklan, Mendukung Flash, HTML5 dan sudah 150 juta kali di download

Apa yang tidak benar. Seperti UC Browser, aplikasi ini lebih parah melihat data penguna. Jangan percaya dengan kata kata dari fitur aplikasi Dolphin browser.

Clean Master
Sudah 600 juta kali di download dan 26 juta memberi bintang 5.

Satu lagi dari perusahaan pembuatnya adalah Cheetah Mobile (seperti penjelasan diatas)