Android aplikasi perlu diwaspadai karena kita tidak tahu apa yang dilakukan


Kategori : Security | Date : 1 December 2017
Beberapa aplikasi Android di Google Play cukup populer dan memudahkan

Tapi beberapa aplikasi ini patut dicurigai, bila anda tidak ingin masalah di kemudian hari.

Beberapa alasan mengapa anda tidak mengunakan aplikasi tersebut.

QuickPic
Aplikasi untuk galeri foto Android ini bagus. Dan melakukan update terbaru.
Tapi. Aplikasi tesrebut baru dibeli oleh perusahaan Cheetah Mobile pada tahun 2015. Kadang mengirim data ke server milik perusahaan tersebut. Tidak jelas apa yang dikirim dan diambil dari smartphone Android.

Bila ragu mengunakan QuickPic, sebaiknya tidak mengunakan aplikasi ini.

Bila anda ingin mengunakan aplikasi galeri foto, sebaiknya memilih Piktures.

Android aplikasi perlu diwaspadai di OS Android

ES File Explorer
Aplikasi seperti Explorer di Windows, tapi yang ini untuk Android. Salah satu aplikasi paling banyak digunakan di OS Android. Bila anda mengunakan versi Free ES File Explorer, sebaiknya cari saja aplikasi sejenis. Karena ES File Explorer versi gratis memompa Bloatware dan Adware untuk meminta mendownload aplikasi lain.

Alternatif dapat mengunakan OI FIle Manager, atau untuk disain sebaiknya mengunakan FX File Explorer



UC Browser dan Baidu Browser
Salah satu browser paling populer di India dan China. Katanya Fast Mode alias cepat, menghemat bandwidth internet dengan sistem kompresi data

Aplikasi UC Browser akan melakukan tracking. Mengirim data dari apa yang dicari penguna, dari search engine Yahoo India dan Google. Artinya setiap kita membuka browser dan mencari data dari kedua search engine, data kita dicatat dan di kirim ke server UC Browser.
Tidak itu saja, nomor IMSI, IMEI, Android ID, WIFI Mac Address dikirim ke server UC Browser tanpa dilakukan enskripsi ke server UMeng alias Alibaba yang menganalisa data internet.
Dan mengirim geolocation atau lokasi GPS, lengkap dengan koordinat dimana penguna tinggal, dan lagi lagi memasukan data ke AMAP atau Mapping dari Alibaba.

Sebaiknya mengunakan Google Chrome Android. Jauh lebih aman dan diperbaharui untuk keamanan. Setidaknya data kita hanya berada di satu perusahaan besar Google yang membuat OS Android.

Update November 2017
Google keluarkan UCbrowser tertanggal 13 November 2017, tanggal 22 November 2017 UCbrowser seelsai memperbaiki masalah yang melanggar kebijakan Google. UCBrowser kembali tampil di daftar aplikasi Google Play

Desember 2017
Biro intelijen India IB mendesak tentara menghapus aplikasi seperti UCbrowser dan WeChat karena bersiko keamanan. Seperti spionase cyber.
IB mengatkan China mengunakan aplikasi untuk mencuri data sensitif, yang menimbulkan ancaman serius dengan keamanan India.

Yang masuk daftar IB dibawah ini
Weibo
Wechat
Sharit
Trucaller
UCnews
UCbrowser
Beautyplus
Newsdog
Vivavideo
Parallel Space
Apus Browser
Perfect Corp
Virus Cleaner - Hi Security Labs
CM Browser
Mi Community
Du Recorder
Vault Hide
Youcam Makeup
MiStore
Cachcleaner Du
Du Battery Saver
Du Cleaner


Du Privacy
360 Security
Clean Master - Cheetah Mobile
Baidu Translate
Baidu Map
Wonder Camera - Baidu Inc
Es FileExplorer
Photo Wonder
QQ
WeSync
QQ Security Centre
Selfie City
Mail Master
Mi Video Call - Xiaomi
QQ Launcher

Clean It
Aplikasi ini untuk membersihkan file sampah, sudah di install 10 juta kali, dan penguna paling banyak memberikan Bintang 5.

Aplikasi ini tidak berbahaya tapi menganggu kinerja smartphone. Proses pembersihan cache membuat smartphone lambat, artinya aplikasi lebih banyak mengunakan baterai.
Seperti satu pernyataan, menghentikan aplikasi yang berjalan dapat menghemat baterai smartphone. Kenyataannya, data aplikasi yang bekerja di smartphone yang menganggu kinerja smartphone dan kapasitas RAM juga ikut dibersihkan. Membuat OS Android harus mengaktifkan kembali aplikasi yang sudah dibersihkan tersebut
Salah persepsi antara fungsi aplikasi yang menghentikan aplikasi lain dengan iming iming dapat menghemat baterai.

Music Player Android
Tampilan sederhana, aplikasi ini untuk mendengar musik

Yang buruk. Kabarnya iklan yang ditayangkan di aplikasi tersebut terlalu banyak dan menghabiskan kuota internet. Bahkan satu user mengatakan aplikasi tersebut menghabiskan gigabyte termasuk mengeringkan kapasitas baterai smartphone.

DU Battery Saver & Fast Charge.
Salah satu aplikasi Battery Saving dan penguna cukup banyak mendownload, bahkan 7 juta penguna memberikan bintang 5. Maaf semua yang memberikan nilai aplikasi tersebut salah.

Satu kata dari DU Battery Saver adalah fitur Fast Charge. Aplikasi tidak mungkin merubah kemampuan pengisian baterai di smartphone.
Kecuali chipset dan sistem charger yang dibuat oleh produsen smartphone. Seperti dukungan dari perangkat hardware Qualcomm Quick Charger , Oppo Vooc , Mediatek Pump Express.
Mungkin salah iklan atau sengaja menyesatkan penguna.

Dolphin Web Browse
Ini mengiming-imingkan Tidak ada Iklan, Mendukung Flash, HTML5 dan sudah 150 juta kali di download

Apa yang tidak benar. Seperti UC Browser, aplikasi ini lebih parah melihat data penguna. Jangan percaya dengan kata kata dari fitur aplikasi Dolphin browser.

Clean Master
Sudah 600 juta kali di download dan 26 juta memberi bintang 5.

Satu lagi dari perusahaan pembuatnya adalah Cheetah Mobile (seperti penjelasan diatas)

2 peretas menghapus data server layanan aplikasi mata-mata. Karena dianggap tidak menghargai privasi remaja. Selain berbahaya, aplikasi mata-mata juga digunakan untuk memata-matai pacar dan rekan usaha.

Strava aplikasi olahraga membuka lokasi pangkalan militer. Aplikasi dapat mencatat kemana perginya seseorang tapi Strava memiliki pilihan bagi member untuk berbagi, atau tetap menyimpan data pribadi. Sayang member Strava sendiri kurang memperhatikan fitur tersebut.

Memerika file APK Android dengan browser sebelum di Install. Beberapa aplikasi APK Gratis seperti APK versi Pro banyak yang dimodifikasi, dan diberikan gratis. Tapi apakah aman download APK gratis tersebut. Beberapa tidak, bagaimana memeriksa dengan computer sebelum di install ke smartphone Android



Rilana Hamer di Belanda baru memiliki camera IP Cam untuk mengawasi rumahnya. Tidak lama suara muncul di camera, seperti ada yang memata-matai dirinya. Tidak hanya sekali sampai dia sempat merekam kejadian aneh tersebut.

Beberapa aplikasi di blacklist atau masuk daftar hitam bagi perusahaan. Khususnya bagi penguna smartphone Android dan iOS di kalangan Enterprise. Whatsapp, Facebook Messenger masuk daftar hitam. Karena aplikasi mengirim data penting dari smartphone.

Cerberus adalah aplikasi anti maling. Tapi fungsinya lebih dari anti maling, karena dapat menyadap smartphone, mengetahui posisi smartphone, diam diam mengambil foto, mencatat isi log telepon dan lainnya. Fitur terlihat smartphone sudah di Off tapi tidak Off.

Opera Max Data Saver dikeluarkan dari Google Play Store. Salah satu browser yang menjanjikan dapat menghemat bandwidth ketika smartphone browsing dengan paket data.. Tetapi Google memutuskan mengeluarkan Opera Max Data Saver dari daftar aplikasi dan dihentikan permanen.



Dengan harga $50 sudah mendapatkan sebuah smartphone dengan layar HD dan jaringan 4G LTE. Tapi apa yang dilakukan di dalam smartphone. Bagaimana memeriksa malware Adups di smartphone murah. Perusahaan keamanan Kryptowire, Trustlook dan Anubis Network temukan backdoor.

HummingBad ternyata cukup banyak menyerang smartphone Android di Indonesia. Walau 2 negara terbesar adalah China dan India, setidaknya 10 juta perangkat terinfeksi malware iklan ini. Malware HummingBad hanya menyerang perangkat Android, dengan membombardir iklan.

Penguna perangkat Android sebaiknya berhati-hati mengambil aplikasi Tool. Penyebaran malware dari game banyak digunakan oleh user di India termasuk Indonesia di posisi kedua. OS Android yang diserang lebih banyak OS Android 5.

Browser Baidu mengambil data pribadi, hal ini diungkap oleh peneliti Citizen Lab Canada. Bukan data biasa tapi banyak data yang dikirim ke server Baidu Server. Bahkan data yang diambil tidak di enskripsi.

Mengapa Whatsapp terus saja mengambil data. Anda bayar, anda mendapat lebih. Anda gratis , anda membayar dengan data. Tidak jelas mengapa. Facebook dapat membuat smartphone lambat, Uninstall smartphone kembal normal.

Layanan populer VPN Hola ternyata menjual bandwidth dari pengunanya sendiri. Hola adalah jaringan VPN paling populer, menyebut sebagai kebebasan internet, dan browsing tanpa dikenal. Free tidak berarti Free, internet penguna malah dibajak


No popular articles found.