Oktober 2016
Samsung Galaxy Note 7 dihentikan penjualannya. Kasus baterai meledak, dan Samsung menganti dengan unit baru. Tapi unit baru kembali bermasalah, dalam 1 minggu sudah 5 smartphone terbakar di Amerika.
Operator di Amerika menghentikan penjualan bundel Galaxy Note 7.
Badan regulasi penerbangan Amerika FAA meminta tidak ada yang membawa Note 7 di pesawat dalam kondisi aktif atau di charger.
Samsung menghentikan produksi Note 7
Samsung meminta pembeli mengembalikan Note 7 yang sudah dijual di seluruh dunia. "Samsung says that Note 7 owners "need" to either exchange their phone for another kind of smartphone or obtain a refund"

Samsung resmi mengumumkan menghentikan produk Galaxy Note 7. Produk yang sudah dipasarkan di China ikut ditarik.

Pembuat Oculus juga mematikan aplikasi agar tidak jalan di Galaxy Note 7. Dikhawatirkan masih ada yang memakai dan menghubungkan ke perangkat VR Oculus, dan membuat smartphone overheating.

Berapa kerugian Samsung. Ketika biaya unit pengantian 2 juta unit saja sudah mencapai 1 miliar dollar. Samsung gagal menjual 19 juta smartphone senilai $17 miliar dengan perolehan keuntungan $5 miliar. Sayangnya rencana penjualan tidak akan tercapai karena produk gagal
Secara resmi, Samsung sudah menghentikan produksi dan penjualan Galaxy Note 7.


Dibawah ini spesifikasi Samsung Galaxy Note 7
  • OS : Android 6.0.1 (Marshmallow)
  • Network: LTE Cat.12 / LTE Cat.10 / LTE Cat.9 *May differ by markets and mobile operators*
  • Dimension: 153.5 x 73.9 x 7.9mm, 169g
  • AP: Octa core (2.3GHz Quad + 1.6GHz Quad), 64 bit, 14 nm process
  • Memory: 4GB RAM (LPDDR4), 64GB (UFS 2.0)
  • Display: 5.7” Quad HD Dual edge Super AMOLED 2560 x 1440 (518ppi)
  • Camera: Rear: Dual Pixel 12MP OIS (F1.7), Front: 5MP (F1.7)
  • Battery: 3,500 mAh, Fast Charging on wired and wireless
  • Wireless Charging compatible with WPC and PMA
  • Payment: NFC, MST
  • Connectivity: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), MIMO(2x2) 620Mbps,
  • Bluetooth® v 4.2 LE, ANT+, USB Type-C, NFC,
  • Location (GPS, Glonass, Beidou)
  • Sensors: Barometer, Fingerprint Sensor, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, HR Sensor, Iris Sensor, Proximity Sensor, RGB Light Sensor
Samsung Galaxy Note 7 dapat menghemat baterai dengan menurunkan resolusi layar Amoled, selain keccepatan procesor dan memangkas background data ketika di set dari Power Saving Mode.
Bila fitur tersebut diaktifkan, baterai smartphone dapat bertahan sampai 35 jam.

Dengan menurunkan layar dari 2560x1440pixel ke Full HD 1920x1080 untuk Medium Power Saving Mode dan terendah diturunkan ke resolusi HD 1280x720. Ketika power baterai sudah rendah, koneksi data internet dapat di nonaktifkan.

Samsung menempatkan Blue Filter. Di bagian setting menu, terdapat Setting Blue Light Filter yang dapat di on dan off. Ini bukan ide baru, Apple sudah memiliki Night Shift yang otomatis menurunkan intensitas warna biru dari layar agar tidak membuat efek susah tidur. Atau software F.Lux untuk menurunkan intensitas cahaya biru sudah dibuat untuk Android dan PC.
Samsung mengunakan jam setelah matahari terbenam, otomatis fitur Blue Light Filter bekerja. Kembali di pagi hari sampai menjelang sore, fitur tersebut dapat di off otomatis.

India mendapatkan Samsung Galaxy Note 7 dengan procesor Exynos 8890, harga Galaxy Note 7 disana $896

Satu lagi hal menarik dari smartphone ini, kabarnya mendukung jaringan 4x4 MIMO. Tapi belum dikonfirmasi sampai produk hadir dipasaran. MIMO atau Multiple Input Mupltiple Output, smartphone memiliki 4 antena. Bukan saja lebih cepat menerima data, tapi memberikan sinyal yang kuat untuk data. Jika 4 channel dioperasikan, maka sinyal downlink (download) akan lebih cepat. Keuntungan lain kinerja baterai lebih efisien dan procesor akan ke mode low power karena penguna lebih cepat selesai mendownload data.
Tetapi jaringan yang didukung dengan MIMO hanya untuk Qualcomm X12 LTE Modem, misalnya fitur procesor Snapdragon 820. Bila mengunakan procesor Exynos, fitur tersebut tidak tersedia. Dukungan jaringan provider ikut menentukan tersedianya sistem MIMO, untuk Amerika sudah dimiliki oleh perusahaan telekom T-Mobile. Di Indonesia masih terbatas untuk 4G LTE biasa.

Satu informasi terbaru. Samsung Galaxy Note 7 memiliki 2 model berbeda. Satu model untuk pasar China dengan 6GB RAM 128GB internal memory dan lampiran tertanggal 4 Agustus 2016 dengan nomor model SM-N9300 dan dukungan jaringan SCDMA dan WCDMA. Kabarnya model 6GB RAM masih menunggu produk iPhone

Dong Jin Koh pemimpin divisi mobile di Seol Korea mengatakan, untuk model 128GB hanya diberikan ke China, sedangkan internasional hanya 64GB untuk storage Harga Galaxy Note 7 versi China sekitar $917. Mungkin Samsung ingin bersaing dengan produsen smartphone lokal, seperti Oneplus 3 yang menyiapkan smartphone dengan 6GB RAM.

Samsung Galaxy Note 7 layar 5,6 inci Snapdragon 823

Banyak spekulasi mengapa baterai smartphone ini meledak
Awalnya Samsung menduga ada cacat di baterai dari anak perusahaan Samsung. Dan mengatakan versi Note 7 dengan baterai dari pabrik lain di China aman. Dalam beberapa minggu terbukti smartphone dengan baterai China juga meledak. Dimana salahnya, baterainya atau smartphone.

Samsung sendiri belum memberikan pernyataan resmi. Anna Shedletsky dan Samuel Weiss memberikan kesimpulan disain smartphone terlalu agresif dan dapatmembuat masalah.
Samsung mengunakan baterai yang tipis dan kecil di Note 5 agar bersaing dengan iPhone. Tapi penguna mengeluhkan kapasitas baterai terlalu kecil.

Seperti disain baterai dibawah ini, hanya terpaut ukuran mm. Mengapa insinyur Samsung membuat seperti ini, intinya mereka mendorong sampai batas sebuah produk. Tipis, kuat, handal dan disukai ?.

Pengujian sebuah produk setidaknya membutuhkan bertahun tahun. Dan memerlukan ribuan baterai untuk di uji agar sebuah produk signifikan aman.
Mungkin kali ini baterai tidak di uji dengan teliti. Ketika baterai di charge atau digunakan, posisi baterai dapat bergerak, dan dalam waktu tertentu baterai akan memperluas ruangnya.

Samsung Galaxy Note 7 penyebab kemungkinan meledak

Samsung mengunakan pengujian standar prosedur, tetapi terburu buru mengeluarkan produknya untuk bersaing dengan iPhone 7. Teknologi terbaru, dan baterai dibuat lebih besar tapi tipis dan canggih.

Membuat smartphone ini tidak teruji seluruhnya, mungkin masalah bukan di baterai tapi diawali dari disain. Samsung menghentikan Note 7 secara total. Apakah benar disain yang radikal membuat smartphone bermasalah. Khususnya untuk menghadapi persaingan teknologi. Diharapkan Samsung dapat mengumumkan resmi pada akhir tahun ini.
Setidaknya kita mengetahui, bahwa kecepatan produsen mengeluarkan produk baru bisa saja terjadi hal yang sama seperti kasus ini.

Update Januari 2017
Sumber lain mengatakan bukan masalah sederhana dari baterai saja. Karena Samsung sudah menganti baterai yang dianggap bermasalah dari produk SDI. Dan diganti dengan baterai buatan Amperex China, tapi tetap terbakar.

Penjelasan resmi Samsung
Dari 200 ribu unit, diperiksa oleh 700 staff berpengalaman. Samsung mengatakan hardware dan software smartphone Note 7 tidak masalah.
Tapi baterai SDI cacat dibagian sudut kanan. Membuat posisi elektroda negatif tertekan terjadi short. Samsung mengidentifikasi, bagian sekunder elektroda negatif tidak benar terletak di lekukan baterai.
Pengantian baterai ke produk Amperex. Pabrik ini mengalami masalah untuk memenuhi kebutuhan Samsung secara mendadak. Secara tidak sengaja masalah pada bagian dalam baterai menembus bagian isolasi. Menyebabkan bagian arus positif dan negatif ikut bermasalah.
Kedepan, Samsung akan memeriksa 8 prosedur validasi baterai baru, dengan memperluas pengujian termasuk teknik pengujian baru. Samsung akan melakukan test selama 2 minggu, ditambah 5 hari untuk pengunaan baterai seperti kondisi pemakaian normal.

Dibawah ini gambaran mengapa baterai smartphone meledak.

Samsung Galaxy 
Note 7 mengapa baterai samsung meledak

Februari 2017
Berita ini belum pasti, di lansir dari harian Hankyung Korea. Samsung menurunkan kapasitas baterai Note 7 antara 3000-3200mAh (model bermasalah 3500mAh. Smartphone yang tidak terjual kabarnya akan direvisi dengan baterai lebih kecil dan kembali dipasarkan. Selain mengurangi sampah dari produk yang tidak jadi dijual, karena Samsung hanya mengunakan 200 ribu unit untuk test ulang baterai.

Target Galaxy Note 7 Refurbish adalah pasar India dan Vietnam, karena Samsung menyimpan persediaan 2,5 juta Galaxy Note 7 baik yang dikembalikan dan dapat dijual kembali setelah penarikan terakhir dari pasar. Smartphone bekas Samsung Galaxy Note 7 sudah diganti dengan case bodi baru.
Tidak dijelaskan kapan Samsung Galaxy Note 7 akan dipasarkan, sepertinya produk bekas tersebut menarik bila dijual murah ke pasar Asia. Selain sudah diperbaiki, performa smartphone cukup canggih.

April 2017
Samsung berencana menjual Galaxy Note 7 dengan baterai baru yang lebih kecil. Harganya juga lebih murah, kabarnya akan di pangkas $620 dari harga resmi Agustus 2016 $870. Tapi yang mendapatkan Note 7 hanya untuk pasar Korea Selatan dahulu pada bulan Juni 2017. Dan ditawarkan untuk operator telekom Korea seperti SKT, KT dan LG
Galaxy Note 7 yang tidak terjual akan mendapat pengantian baterai lebih kecil dan aman dari 3500mAh menjadi 3200mAh. Nama juga diganti menjadi Samsung Galaxy Note 7R.