Planet Koi 408.05 Koi 488.02 Koi 290.02 dan Koi 205.02 ditemukan mahasiswa 22 tahun


Science | 1 June 2016

Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia.

Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasisw1 dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler dengan nama planet Koi (Kepler Object Interesting)

Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.

Mungkin di planet tersebut memiliki beberapa bulan seperti planet Neptunus kita. Dan bisa saja satu hari nanti untuk tinggal manusia.

Katanya, dia diberikan data kurva cahaya dimana para peneliti lain sudah memeriksa. Kunimoto yang tinggal di Abbotsford BC mencari bukti dari planet yang sedang transit berdasarkan data teleskop Kepler.

2 planet yang ditemukan memiliki ukuran seperti Bumi, disebut Koi 488.02 dan Koi 290.02.

1 planet Koi 205.02 lebih besar dari Merkurius, dan 1 planet Koi 408.05 lagi seukuran planet Neptunus dengan orbit planet sekitar 637 hari, dan berada di lokasi habitat dimana suhu planet dan air mungkin ada disana.

Guru Kunimoto, profesor fisika dan astronomi dari UBC mengatakan kami tidak berpikir es raksasa seperti Neptunus dan Uranus bagi mahluk hidup. Karena tempatnya terlalu jauh dan sangat dingin. Disana memiliki kandungan hidrogen, metana dan amonia yang membeku. Koi 408.05 memiliki tempat yang tepat dengan posisi di zona habitat, tapi bukan di planet tersebut untuk manusia tinggal.

Planet Koi 408.05 seukuran Neptunus yang ditemukan Kunimoto bisa saja memiliki bulan cukup besar. Jadi seperti miniatur tata surya mini, dimana induknya adalah planet Koi 408.05 dan bulan di sekitar planet tersebut bisa saja mendukung kehidupan.

Disini lahir kata Exomoon, selain kata Exoplanet. Exoplanet adalah planet yang berada di daerah tepat seperti Bumi, tidak panas dan tidak terlalu dingin. Air dapat mencair, terdapat oksigen dan permukaan berbatu. Exomoon mungkin lebih tepat bumi yang menjadi bulan di sebuah planet. Induk planet tidak bisa ditinggali tapi bulan disana yang cukup besar bisa saja memiliki ruang untuk kehidupan.



Penemuan Michelle Kunimoto dipublikasikan di The Astronomical Journal. Dia berharap dapat terus belajar mencari Exoplanet lain selama tahun terakhir kuliah.

Kunimoto diberikan penghargaan dengan tiket di belakang panggung pada perayaan universitas Columbia. Dimana dia duduk bersama William Shatner sebagai pembicara.

Planet Koi 408.05 Koi 488.02 Koi 290.02 dan Koi 205.02 ditemukan mahasiswa 22 tahun


Berita terkait
Planet NGTS-10b begitu dekat ke bintang, hanya 18 jam saja setahun. Hanya 7 planet yang ditemukan memiliki orbit kurang dari 1 hari. Planet seperti ini adalah planet langka karena orbitnya terlalu dekat ke bintang yang panas. Perlahan planet akan mendekat sampai suatu hari nanti akan ditelan dan masuk ke dalam. Kapan, tergantung kekuatan gravitasi keduanya

Bagaimana manusia mencari planet lain seperti bumi dengan teleskop Kepler. 30 tahun lalu kita tidak tahu ada planet lain di luar tata surya. Instrumen baru, astronom dapat membuka mata adanya tata surya dan planet di bintang lain. 4000 Exoplanet telah ditemukan, tapi tidak ada satupun yang mendukung kehidupan.



Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli. Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun. Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa

Sebuah bintang GJ9827 jaraknya 100 tahun cahaya terletak di konstelasi Pisces. Membuat bingung penelit, awalnya terditeksi seperti Super Earth atau seperti planet Bumi tapi ukurannya lebih besar. Tidak ada planet seperti ini di tata surya

Planet EPIC 228813918b mengorbit ke sebuah bintang tipe M atau bintang kerdil. Memiliki kandungan 45% besi, dan mengorbit setiap 4,5 jam sekali atau seseorang akan berulang tahun setiap 4 jam sekali

Sebuah planet yang dinamai HIP 65426b adalah planet langkah, besar tapi jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Karena planet ini berbeda dengan kesimpulan sebelumnya.

Bintang GJ 625 adalah bintang tipe M atau kategori matahari kerdil. Hanya 21 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat adanya planet berukuran 2,82x lebih besar dari Bumi. Atau disebut juga super earth. Tapi orbit planet tersebut berada di posisi tepat, atau zona habitat.



Sebuah planet ekstrasurya terlihat mengorbit di sebuah bintang katai merah, jaraknya 40 tahun cahaya dari Bumi. Mungkin planet ini menjadi tempat untuk mencari tanda tanda kehidupan diluar tata surya. Ukuran 1,4x dari Bumi, bintang disana berwarna merah.

Sebuah planet dengan jarak 39 tahun cahaya dari Bumi ditemukan. Disebut planet GJ1132b memiliki ukuran sebesar bumi. Walau ukuran seperti bumi, tapi tidak ada kemiripan dengan kehidupan di Bumi. Karena kategori Exoplanet GJ1132b jauh dari kata ideal untuk di tinggali manusia.

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Planet Kepler 1647b letaknya 3700 tahun cahaya dari Bumi, berada di 2 bintang kembar. Planet ini unik, karena sebagai planet gas, berada posisinya seperti Jupiter di tata surya kita. Melanggar teori sebelumnya, dimana planet gas cenderung berada sebagai planet dalam.

Teori relativitas umum dari Einstein kembali terbukti. Yang ini bisa disebut sangat langkah, karena ditemukan tidak kebetulan. Sebuha benda yang sangat jauh dengan jarak miliaran tahun cahaya bisa tampak, bahkan yang ini disebut cincin Canarias Einstein memiliki cahaya sempurna.

Tata surya Wolf 1061 tidak jauh dari Bumi, hanya 14 tahun cahaya saja. Dekat dengan tata surya Gliese 667cc yang jaraknya 22 tahun cahaya dari Bumi. Mengunakan sensor HARPS spectrograph yang dipasang di teleskop ESO 3,6 meter di La Silla di Chile. Tim UNSW Australia  mengunakan teknik baru untuk menemukan planet.

Planet GJ 1132b ditemukan mirip bumi. Jaraknya 39 tahun cahaya dari bumi, tapi ukuran planet saja yang hampir sama. Sekitar 1,2x lebih besar dari Bumi. Tapi disana sangat panas. Disebut sebagai planet Venus seukuran Bumi, memberikan kesempatan astronom melihat planet ini dan mempelajari tentang dunia di luar tata surya.



Planet HD 219134b baru diumumkan hari Rabu 29 Juli 2015 kemarin. Ditemukan melalui teleskop Spitzer milik Nasa, jaraknya hanya 21 tahun cahaya. Berada di konstelasi Cassiopeia atau dekat dengan bintang utara.

Sekitar 10 planet seperti Bumi, yang jaraknya cukup jauh dan ada dekat ke Bumi. Ukuran planet yang ditemukan ini masuk dalam zona kehidupan, atau manusia bisa tinggal. Walau ukuran planet masih dalam perkiraan karena sebagian besar planet yang berpotensi memiliki ukuran lebih besar dari Bumi




No popular articles found.
< /body>