Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia.

Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasisw1 dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler dengan nama planet Koi (Kepler Object Interesting)

Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.

Mungkin di planet tersebut memiliki beberapa bulan seperti planet Neptunus kita. Dan bisa saja satu hari nanti untuk tinggal manusia.

Katanya, dia diberikan data kurva cahaya dimana para peneliti lain sudah memeriksa. Kunimoto yang tinggal di Abbotsford BC mencari bukti dari planet yang sedang transit berdasarkan data teleskop Kepler.

2 planet yang ditemukan memiliki ukuran seperti Bumi, disebut Koi 488.02 dan Koi 290.02.

1 planet Koi 205.02 lebih besar dari Merkurius, dan 1 planet Koi 408.05 lagi seukuran planet Neptunus dengan orbit planet sekitar 637 hari, dan berada di lokasi habitat dimana suhu planet dan air mungkin ada disana.

Guru Kunimoto, profesor fisika dan astronomi dari UBC mengatakan kami tidak berpikir es raksasa seperti Neptunus dan Uranus bagi mahluk hidup. Karena tempatnya terlalu jauh dan sangat dingin. Disana memiliki kandungan hidrogen, metana dan amonia yang membeku. Koi 408.05 memiliki tempat yang tepat dengan posisi di zona habitat, tapi bukan di planet tersebut untuk manusia tinggal.

Planet Koi 408.05 seukuran Neptunus yang ditemukan Kunimoto bisa saja memiliki bulan cukup besar. Jadi seperti miniatur tata surya mini, dimana induknya adalah planet Koi 408.05 dan bulan di sekitar planet tersebut bisa saja mendukung kehidupan.

Disini lahir kata Exomoon, selain kata Exoplanet. Exoplanet adalah planet yang berada di daerah tepat seperti Bumi, tidak panas dan tidak terlalu dingin. Air dapat mencair, terdapat oksigen dan permukaan berbatu. Exomoon mungkin lebih tepat bumi yang menjadi bulan di sebuah planet. Induk planet tidak bisa ditinggali tapi bulan disana yang cukup besar bisa saja memiliki ruang untuk kehidupan.

Penemuan Michelle Kunimoto dipublikasikan di The Astronomical Journal. Dia berharap dapat terus belajar mencari Exoplanet lain selama tahun terakhir kuliah.

Kunimoto diberikan penghargaan dengan tiket di belakang panggung pada perayaan universitas Columbia. Dimana dia duduk bersama William Shatner sebagai pembicara.

Planet Koi 408.05 Koi 488.02 Koi 290.02 dan Koi 205.02 ditemukan mahasiswa 22 tahun