Ilmuwan mencari cara baru untuk mengintip sebuah planet disamping bintang.

Teknik sebelumnya mengunakan teleskop ketika planet sedang transit.

Sejauh ini sekitar 3000 exoplanet ditemukan, dan ratusan planet sudah di konfirmasi memang ada. Padahal jumlah bintang di galaksi kita mencapai miliaran bintang

Pencarian dengan teleskop Kepler atau teleskop lain dari Bumi bisa melihat sebuah planet. Hanya saja dibutuh waktu, misalnya sebuah planet hanya terlihat ketika sedang transit atau lewat di depan matahari dengan sudut penglihatan dari Bumi.

Masalah kedua, cahaya bintang lebih terang, dan menutup pengamatan dengan teleskop lebih sulit kecuali planet sedang melintas di depan bintang. Dan bayang planet yang menutup tersebut dikalkulasi oleh para ilmuwan.

Teknik baru untuk melihat planet disebut Starshade kata Nasa. Teknik ini tidak menunggu sebuah planet harus lewat di depan bintang dan diamati dari arah posisi Bumi.

Tapi menutup dengan tirai di ruang angkasa, sehingga cahaya bintang tidak terlalu kuat dan menganggu pengamatan teleskop.

Disain Starshade seperti bentuk bunga dan dapat dilipat seperti origami Jepang. Layar di depan teleskop akan menghalangi cahaya yang menganggu pengamatan dengan teleskop.

Seperti model dibawah ini, posisi Starshade dengan tirai berada ditengah, di sisi kanan adalah teleskop yang mengamati ke arah planet. Sedangkan cahaya bintang di samping planet dapat ditutup (di blok) oleh layar Starshade. Sehingga planet yang dilihat tidak harus transit di depan bintang.

StarShade cara baru melihat exoplanet

Cara kerja Starshade seperti dibawah ini.
Melihat cahaya planet Jupiter tidak akan menampakan bulan disamping planet. Dengan menutup cahaya Jupiter, maka bulan yang ada di samping planet Jupiter yaitu Galilean Moon dapat terlihat.


StarShade untuk melihat bulan Jupiter


Dari disain dibawah ini. Tutup Starshade dan teleskop dikirim ke ruang angkasa bersama-sama. Sampai di posisi ruang angkasa, bagian teleskop dan layar starshade dilepas, dan layar akan berkembang dengan ukuran 34 meter. Sedangkan posisi teleskop akan menjauh sekitar 37 ribu km dari posisi layar.

Teknik Starshade