Security | 14 October 2019

Sistem kendali nuklir Amerika dan di ISS baru menganti dari diskette ke SSD



2019 Oktober
US strategic command  mengumumkan telah menganti dengan solid state digital storage solution. Perangkat digital mengantikan perangkat Diskette.
Sistem  Strategic Automated Command and Control System, atau SACCS digunakan untuk serangan nuklir Amerika dalam keadaan darurat atas perintah pusat komando ke medan perang.
Alat yang dibuat tidak dapat  bobol, karena dibuat sebelum intenet ada. Sistem tidak mengunakan IP dan dirancang sangat unik.

Departemen Pertahanan berencana menganti computer tua rancangan IBM seri 1 SACCS. Dan mengupdate dengan tambahan port digital, terminal portabel yang dilakukan akhir tahun 2017 lalu.
Proyek pengantian peralatan tersebut sudah selesai, dan diskette tidak lagi digunakan.

2018 November
Merayakan stasiun ruang angkasa ISS pada 20 November 2018, bersamaan dengan ulang tahun ke 20 stasiun ruang angkasa.
Stasiun ISS pertama diluncurkan 20 November 1998. Masih bagian unit utama dan belum modul lain yang dipasang seperti sekarang ini

Alexander Gerst si astronot membuat sebuah locker yang tersimpan tapi tidaka pernah dibuka. Di dalamnya terdapat beberapa floppy disk atau diskette.

Berisikan software Norton Utilities yang bekerja di Windows 95 atau 98. Software yang umum digunakan untuk memerika sistem operasi Windows di era 2000an.
Masih ada lagi data pendukung personal astronot.

Mungkin diskette tersebut dibawah oleh misi pertama astronot WIlliam Shepherd dan Sergei Krikalev di tahun 2000an. Selama misi ISS pertama atau Expedition 1.

Sistem ISS pertama dengan diskette




2016 Mei
Laporan pemerintah Amerika, 25 Mei 2016 menyebut sistem kendali nuklir Amerika masih mengunakan disket ukuran 8 inci.

Ada yang salah disini, tidak. Seorang peretas kelas putih mengatakan ini hal baik, dan sistem rudal nuklir Amerika menjadi lebih aman.

Bagaimana mungkin sebuah computer berukur 40 tahun mengendalikan sistem rudal nuklir Amerika.

Dan tidak pernah berubah puluhan tahun, sementara sekarang computer sudah dibuat seukuran smartphone.



Kuncinya bukan teknologi, tapi kualitas pintu kunci dimana computer ditempatkan kata Cris Thomas

Cris Thomas adalah ahli strategi dalam jaringan security. Dia dikenal sebagai peretas dengan nama samaran Space Roque, dan salah satu anggota pendiri kumpulan peretas legendaris L0pht. Pada tahun 1998 kelompok ini pernah menghadap ke senat Amerika, dan mengatakan tim kami bisa menjatuhkan internet dalam 30 menit.
L0pht memang bukan peretas perusak, tapi mereka adalah kelompok peretas di kelas putih atau peretas dengan sisi kebaikan.

Sistem kendali nuklir Amerika mengunakan diskette

Memang menarik, Amerika menjalankan sistem kendali nuklir mengunakan komputer tua, ditambah sistem yang dimasukan ke dalam disket. Hal ini lebih sukar di hack dan membuktikan angkatan udara memang benar mengambil keputusan. Sistem computer sama sekali tidak mengunakan jaringan internet. Bayangkan sebuah PC XT dengan procesor 8088 di tahun 1980an masih mengunakan diskete ukuran 5 inci dengan kapasitas terbesar 360KB. Dan sistem pertahanan nuklir Amerika malah mengunakan ukuran disket lebih tua lagi yaitu 8 inci.

Seandainya ada yang ingin mengambil sistem rudal nuklir, satu satunya cara hanya orang yang duduk di depan computer terminal itu. Alasan lain, computer yang digunakan terkenal handal, jadi tidak heran sampai hari ini masih bekerja.

Selama angkatan udara masih dapat membuat copy disket dengan ukuran 8 inci, memiliki disket cadangan (karena disket kadang rusak bila terkena magnit), serta diskete yang ada di computer masih bekerja. Tidak ada alasan untuk sistem keamanan nuklir Pentagon mengunakan computer lawas.

Mereka juga mengunakan bahasa computer tua, setingkat Cobol, Fortran yang dikatakan menjelimet. Yang jelas sudah tidak ada lagi manual bahkan orang yang mempelajarinya dan mengutak atik sistem computer. Tapi masalah juga muncul, seandainya coding di disket tersebu ternyata ada yang salah, dan pihak angkatan udara dipastikan akan kesulitian menemukan programer dengan bahasa itu.

Tetapi ada laporan departemen pertahanan atau DoD akan mencari solusi baru untuk storage, menambah port procesor, terminal portabel dan sistem desktop terminal untuk tahun fiskal 2017 nanti.


Artikel Lain

Toko online restoran online menjadi pasar Phone Farmer. Salah satu yang tampil di video, memberikan penilaian palsu, bintang 5 palsu, sampai video yang banyak ditonton darir penonton palsu. Bagaimana cara kerja Phone Farmer, sangat mudah bahkan modalnya jauh lebih hemat. Tapi mampu mempengaruhi penguna internet lain.

Kematian dari langit momok menakutkan di era perang dingin. Rusia, Amerika membangun rudal balistik antar benua. Seperti apa kedatangan rudal nuklir tersebut sebelum jatuh ke sasaran.  Mengapa rudal  balistik sulit ditangkal.



Beberapa foto tentang perkembangan bom atom sampai bom nuklir dari era 40an sampai tahun 70an. Daya rusak kecil dengan bom atom, untuk pengujian kehancuran kapal laut perang. 10 tahun berlalu ukuran cendawan semakin besar.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.