Procesor ARM 10nm


Technology | 20 May 2016

ARM menerima chip procesor pertama multicore 64bit 10nnm FF. Dibuat oleh pabrik TSMC dengan teknologi 10FinFET, menurunkan pemakaian power 30% dari chip generasi sebelumnya, meningkatkan kinerja procesor dan efisien antara 11-12% dibanding teknologi 16nm.

ARMv8 10nm akan tampil di kuartal akhir tahun ini. Saat ini sedang di test untuk diproduksi oleh TSMC. ARM juga menerapkan teknologi quad core Artemis cluster di chip yang diuji coba terebut.

Intel masih mencoba teknologi 14nm sebelum melangkah ke teknologi 10nm tahun depan. Produsen lain yang menyiapkan procesor untuk gadget adalah Mediatek dengan procesor X30. Tapi diperkirakan masih bertahan di 16nm, walau sudah diumumkana kan pindah ke teknologi 10nm.

ARM dan TSMC mengatakan proses 16FFLL+ dan ARM Cortex telah siap membuat standar baru yang lebih efisien untuk procesor.

Kedepan procesor smartphone terbaru akan lebih hemat power dan kinerja lebih efisien ditambah kinerja procesor lebih cepat. Dan perangkat gadget baru akan muncul kembali di pasaran.

Procesor ARM 10nm

Berita terkait
Kirin 1000 5nm tahun ini diumumkan 5nm Cortex A77. Huaweri Kirin 990 kebutuhan video 4K 60fps di smartphone. Huawei procesor Kirin 980 Arm Cortex A76 dan A55.. Mendukung 4G LTE Cat.18 dan Cat13 1,2Gbps download. Mengapa Kirin 990 masih mengunakan arsitek A76, walau ARM menyebut A77 lebih hemat 20% power.

Samsung Isocell Bright GW1 memiliki ketajaman 64 Megapixel, dengan ukuran 0.8um pixel. Samsung Sicocell Slim GH1 43MP. Isocell Bright HMX memang benar 100MP camera di smartphone mungkin tidak lama lagi



Xuantie, atau XT, dikatakan sebagai prosesor di kelas RISC-V yang paling kuat. Dibuat dari proses teknologi 12nm, Xuantie XT 910 memiliki 16 core yang beroperasi di clock 2,5 GHz, serta mendukung instruksi 64-bit, instruksi 16-bit yang ringkas. Untuk apa procesor tersebut.

Tahun 2017, Xiaomi menjadi produsen elektronik yang memproduksi procesor sendiri. Disebut Pinecone akan digunakan smartphone Xiaomi Mi 5C. Mengunakan proses pembuatan 16nm dari TSMC. Xiaomi fokus ke procesor IoT

Qualcomm menyiapkan seri procesor Snapdragon 8cx. Tapi yang ini untuk notebook atau laptop hemat power. Qualcomm mengatakan procesor seri Snapdragon 8cx hanya untuk notebook hemat power. Dan bukan berbicara notebook atau laptop gaming dengan kemampuan sangat besar. Mampu menampilkan gambar 2 monitor 4K, 16GB RAM dan storage NVMe

Unisoc adalah perusahaan pembuat procesor mobile untuk pasar smartphone murah. Menawarkan 2 procesor UnisocSC9863 tipe 8 core dan Unisoc SC9832E tipe 4 core. Unisoc adalah gabungan 2 perusahaan Spreadtrum dan RDA. Mulai menawarkan procesor terbaru dengan dukungan 4G LTE.

Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.



Microsoft dan Qualcomm berencana menawarkan notebook yang selalu terhubung ke internet. Mengunakan procesor Snapdragon 835 dan Microsoft Windows 10 ARM. Windows 10 dalam sleep mode, sistem komunikasi tetap bekerja.

AMD siapkan procesor mobile dengan kode Little Foot. Arsitek Marvel yang hemat power, performa tinggi, setidaknya itu yang dikabarkan di media. Procesor seri K6 memiliki kinerja dengan efisiensi tinggi. AMD mengatakan kami mendisain chip CPU yang setara rancangan Intel Atom atau ARM

Qualcomm Centriq 2400 memiliki 48 core dan masuk di dalaam case ukuran 1U, Perangkat dapat dirancang dengan beberapa I/O dan jaringan interface serta mendukung protokol storage baru.

Oppo camera 5x zoom dengan fitur teknologi Dual Camera Zoom, lensa di camera  dapat 5x zoom dengan satu modul camera. Disain camera Oppo tentu lebih kecil, karena harus masuk ke bagian bodi smartphone.

Perancang arsitek ARM mengumumkan rancangan procesor baru Cortex-R8. Rancangan 4 core procesor berbasis ARMv7-R. Disebut sebagai real time procesor, kemampuan 2 kali lebih baik untuk modem, kelambatan / latency, performa tinggi tetapi efisien dan mendukung teknologi terbaru 5G.

ARM mengumumkan mendisain CoreLink. Fungsinya untuk mempercepat kinerja procesor perangkat mobile, khususnya untuk tranfer data. Teknologi mobile kedepan akan memanfaatkan video 4K, video slow motion yang membutuhkan kinerja tranfer data di perangkat mobile. CoreLink dapat menekan kelambatan serta meningkatkan tranfer data antara bagian procesor, RAM dan lainnya.




No popular articles found.