Tata surya Kepler 223 ini memiliki orbit langka semua planet bergetar


Science | 16 May 2016

Di bintang Kepler 223 ditemukan beberapa planet, menjadikan bintang ini sebagai tata surya langka.

Karena posisi planet disana saling menganggu sampai akhirnya bisa saling menyeimbangkan orbitnya

Perubahan orbit di planet Kepler 223, awalnya sebagian besar planet bersama sama bergerak mendekati bintang. Tapi pergerakan planet berhenti setelah keseimbangan baru dicapai oleh orbit 4 planet.

4 planet memutari bintang Kepler 223.
  • Planet Kepler 223d memiliki nama lain KOI-730 d, KOI-730.01, KIC 10227020 d, KIC 10227020.01. Memiliki orbit 14 ,7 hari sekali
  • Planet Kepler 223c memiliki orbit 9,8 hari sekali
  • Planet Kepler 223e memiliki orbit 19 hari sekalai
  • Planet Kepler 223b memiliki orbit 7,4 hari sekali.

Ke 4 planet diperkirakan memiliki massa 1.8, 2.1, 2.8, dan 2.4 lebih besar dari Bumi

Bintang yang dikelilingi ke 4 planet tersebut dinamakan juga Koi 730, KIC 10227020. Disini yang unik, ukuran bintang disana seperti matahari, dengan radius 1 :1,4 tapi massanya sekitar 0,95. Peneliti memperkirakan bintang disana adalah bintang tipe merah, tidak terlalu panas seperti matahari kita.

Bila ada planet disana dan bintang seukuran matahari, apakah ada planet seperti Bumi. Jarak tata surya Kepler 223 mencapai 4458 ribu tahun cahaya

Sayangnya planet seukuran bumi disana tidak ada.Dibawah ini perbandingan 4 planet Kepler 223 yang ditemukan dan dibandingkan dengan 9 planet di tata surya kita.

Tata surya Kepler 223 ini memiliki orbit langka semua planet bergetar
Yang menarik dari sususan tata surya Kepler 223 adalah orbit 4 planet
Ketika planet Bumi terbentuk sebagai proto planet, posisi Bumi berpindah karena gravitasi 4 planet besar. Khususnya Jupiter dan Saturnus, menarik planet bagian dalam menjauhi matahari. Dan hanya Bumi sejauh ini sebagai planet yang layak tinggal, dan ke 4 planet disamakan sebagai mini Neptunus.



Di Kepler 223 terjadi perubahan yang berlangsung miliaran tahun. Ke 4 planet bergerak semakin mendekati matahari.dan orbit masing masing planet semakin cepat.
Ke 4 planet memiliki orbit sangat tepat, menempatkan posisi ke 4 planet saling tarik menarik dan saling seimbang. Membuat formasi 4 planet ini tetap ada.

Pada gambar 1, terlihat garis orbit setiap planet bergerak dalam lingkaran penuh. Setelah jutaan tahun, ke 4 planet mulai saling tarik menarik gambar 2, dan membuat orbit dari masing masing planet berpindah pindah atau bergetar sedikit maju dan mundur dari titik tengah bintang.

Perkiraan perubahan orbit di planet Kepler 223, dicoba dengan simulasi Supercomputer oleh Daniel Fabrycky dan Cezary Migazewski dari universitas Berkeley
Terganggunya setiap planet sekitar 4,5 miliar tahun.lalu. Howard Issacon peneliti astronomi mengatakan adanya tata surya seperti ini menjadi penemuan baru. Bahwa sebuah formasi planet di tata surya tidak sepenuhnya berubah, kadang bisa terjadi seperti ini dan semua urutan planet tetap berada pada tempat yang sama

Disisi kanan orbit dari jarak 4 planet tersebut tersebut sebagian bergerak maju sampai akhirnya seluruhnya memiliki orbit saling menganggu tapi tetap seimbang.

Tata


Berita terkait
Di tata surya HD 158259 setidaknya ada 2 planet ditemukan, tapi ada yang menarik. Peneliti menemukan getaran bintang yang menunjukan irama orbit planet. Mungkin disana ada lebih dari 2 planet bahkan 8 planet. Dan orbit planet memiliki urutan seperti nada musik yang serasi.

Bintang  Ross 128 letaknya tidak jauh, hanya 11 tahun cahaya dari Bumi. Tim Planetary Habitability Lab menerima sinyal radio dari arah bintang Ross 128, dan tertangkap oleh teleskop radio terbesar di dunia Observatorium Arecibo di Poerto Rico.



Tata surya Elias 2-27 disana terdapat bintang seukuran separuh matahari kita. Terlihat sedang membentuk planet yang nantinya akan menjadi sebuah tata surya lengkap. Tapi bentuk lingkaran yang terlihat memiliki letak sangat jauh bahkan planet yang muncul mencapai 2-3 kali lebih jauh dari Pluto

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.

Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.

Pernah menonton film Star Wars episode ke IV A New Hope. Memberi gambaran sebuah planet memiliki 2 matahari. Tentu 2 matahari tidak terjadi di bumi. Secara umum dua bintang kembar terjadi dimana planet disana lebih di dominasi planet gas seperti Jupiter. Planet seperti .Bumi dengan matahari kembar mungkin hal umum di alam semesta ini.

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus. Bila planet ini mengantikan planet Saturnus, cincin planet bisa terlihat jelas di Bumi.




No popular articles found.