Great Atractor wilayah galaksi yang tidak terlihat dari sisi Bumi


Kategori : Science | Date : 12 May 2016
Galaksi memiliki kelompok atau grup. Dari cluster, Supercluster dan lainnya dan membentuk jaring galaksi di alam semesta.

Bagaimana dengan galaksi yang diamati dari ruang angkasa.

Misalnya melihat dengan teleskop atau dari teleskop Hubble, dan mendapatkan banyak galaksi.

Menjadi pertanyaan kemana kita melihat galaksi tersebut. Bagaimana bila kita melihat di sisi lain dari galaksi kita sendiri tapi di area yang terhalang oleh inti galaksi.

Cara paling mudah dengan mengirim sebuah teleskop ruang angkasa agar melihat dari sisi atas agar tidak terhalang bintang ditengah galaksi.

Tetapi jaraknya mencapai ribuan tahun cahaya untuk mencapai bagian atas atau bawah galaksi. Seandainya teleskop yang dikirim sudah sampai, bagimana data dapat dikirim oleh teleskop ke Bumi. Seperti data gambar dari teleskop ruang angkasa membutuhkan waktu yang sama dengan mengirim satelit teleskop. Mengirim ribuan tahun, setelah sampai lalu mengirim ke bumi kembali pada ribuan tahun lagi. Karena sinyal dari satelit adalah gelombang radio, dan kecepatannya sama seperti kecepatan cahaya yang membutuhkan waktu.

Seperti gambar dibawah, posisi Bumi ada disisi kiri galaksi, sedangkan di sisi kanan adalah daerah yang luput dari pengamatan. Daerah tersebut berhasil diamati dengan teleskop radio, karena harus melihat galaksi disisi samping yang terhalang debu dan bintang ditengah galaksi, sehingga tidak terlihat dengan metode biasa.

Daerah galaksi yang tidak terlihat dari Bumi dengan pengamatan biasa

Sejak tahun 2015, tim astronom menemukan cahaya misterius. Ratusan galaksi tersembunyi telah dipelajari tahun lalu. Dan membentuk anomali gravitasi yang tidak biasa atau disebut Great Attractor.

Meskipun jarak galaksi yang diamati cukup dekat sekitar 250 juta tahun cahaya dari Bumi. Tapi terhalang untuk diteliti dan tidak terlihat langsung dari sisi Bumi.
Great Attracktor disebut juga anomali gravitasi di ruang intergalaksi pada astu wilayah di daerah Hydra Centaurus. Dimana disanalah sebagai pusat dari lengan galaksi Laniakea.


Beberapa penemuan di daerah tersebut terkumpul puluhan ribu galaksi yang lebih besar dari galaksi Bima Sakti.

Massa disana diamati oleh efek gerakan galaksi dan cluster yang membentang antara ratusan jutaan tahun cahaya. Diwilayah ini seperti bergerak ke daerah Shapley Supercluster.
Pengamatan yang dilakukan menunjukan galaksi kita Bima Sakti sebenarnya bergerak ke arah yang sama ke arah Shapley Supercluster yang terletak di luar Great Atractor.

Mengunakan teleskop radio CSIRO, teleskop ini memiliki sistem penerima inovatif. Tim ilmuwan mampu melihat galaksi di belakang yang terhalang bintang dan debu ditengah galaksi.

Setidaknya ada 883 galaksi dan sepertiganya adalah galaksi yang tidak pernah dilihat oleh tim astronom selama ini.

Stavley-Smith seorang ilmuwan menganalisa bagian galaksi di daerah Great Atractor. Dia mengatakan benar benar tidak mengerti penyebab percepatan gravitasi di galaksi tersebut.

Galaksi Bima Sakti terletak di pinggiran lengan Laniakea dengan diameter 500 juta tahun cahaya. Di daerah ini terdapat 100 ribu galaksi. Wilayah Great Atractor adalah daerah datar lembah, atau daerah ini memiliki bidang yang tertarik meluas di lengan Laniakea.

Peneliti menemukan dan memberi nama struktur baru untuk menjelaskan gerakan galaksi Bima Sakti. Termasuk konsetrasi galaksi yang dinamai NW1, NW2 dan NW3 serta dua cluster baru CW1 dan CW2.

Tim astronom universitas Cape Town Ree Kraan Korteweg sedang memetakan galaksi yang tersembunyi dibalik galaksi kita selama beberapa dekade.

Dibawah ini diberikan keterangan The Great Attractor adalah wilayah yang tersembunyi yang tidak bisa diamati dengan teleksop biasa.

daerah galaksi tersembunyi Great Attracktor

Berita terkait
Dengan pembesaran alami, sebuah galaksi SGAS J111020.0+645950.8 dapat terlihat akibat lensa gravitasi. Cahaya yang ditangkap ini adalah cahaya 11 miliar tahun lalu. Galaksi tersebut terlihat baru melahirkan bintang baru.

Nebula Spider dimana terlihat pembentukan bintang muda berwarna merah yang disebut Stock 8. Letak nebula Spider berlawanan dengan arah pusat galaksi. Kabut tersebut berada di tepi galaksi atau sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi.



Gabungan galaksi dengan galaksi lain, umumnya membentuk galaksi bundar atau elips. Tapi yang ini tetap bertahan dengan bentuk spiral. Membentuk cahaya lebih cerah dibanding galaksi lain. Mengapa galaksi yang bertabrakan bisa bertahan dengan bentuk lama.

Sinar gama adalah senjata terbesar di alam semesta. Diproduksi oleh peristiwa di antariksa seperti cahaya dari bintang meledak, semburan pulsar (bintang besar yang mati memancarkan cahaya radiasi), atau inti galaksi.

Nasa merekam video dari pesawat observasi ruang angkasa Dnamic Observator - SDO. Dimana pesawat tersebut terus memantau kondisi matahari selama 24 jam. Satelit SDO mampu mengambil 10 gelombang panjang berbeda dari aktivitas matahari. Dan setiap cahaya yang ditangkap menunjukan suhu berbeda beda, seluruhnya di rekam dengan resolusi sangat tajam 4K atau setara 4x layar 1080p.

Galaksi Markarian 231 atau UGS 8058, ditemukan pada tahun 1969. Galaksi ini menarik karena mengeluarkan radiasi ultraviolet sangat kuat. Galaksi Markarian 231 berada 600 juta tahun cahaya dari Bumi. Apa yang akan terjadi dengan 2 lubang hitam disana.

Salah satu program mengirim pesan ke Alien adalah program Lone Signal. Mengirim pesan ke bintang Gliese 526. Bagaimana ilmuwan mengirim berita ke Alien, apakah dengan bicara biasa. Tentu saja mengunakan bahaya paling umum



Dalam sebuah galaksi terdapat kelompok bintang di beberapa tempat yang disebut globular cluster. Dimana bintang tersebut berkelompok dan jumlahnya sangat banyak. Bila bintang disana menjelang mati, akhirnya diketahui bintang akan bergerak menjauh dari kelompoknya




No popular articles found.