Smartphone kita gunakan setiap hari. Biasanya ditaruh di atas meja belajar, meja kerja atau dekat meja tidur.

Bagaimana membuat dudukan sandaran smartphone agar bisa dilihat tanpa perlu di pegang tangan.

Misalnya untuk melihat layar dan nonton di layar smartphone tanpa harus di pegangi.

Atau melihat pesan email, SMS, link dengan melihat layar smartphone dan tangan kita bisa bebas mengetik.

Atau bagi mereka memiliki computer atau notebook, dan bisa terhubung dari computer ke smartphone.

Intinya, membuat dudukan smartphone agar bisa berdiri buatan sendiri. Alias dengan barang bekas, seperti bekas kardus untuk dudukan smartphone.

 Atau busa, sterofrom dari bekas perangkat gadget yang tidak dipakai. Biasanya box dan busa dibiarkan tertinggal di dalam box / dibuang.

Bila memiliki busa seperti gambar dibawah ini, bidang cukup keras dari bahan plastik. Dapat dimanfaatkan untuk dudukan smartphone.

Posisi smartphone dapat ditaruh berdiri, dan memudahkan akses ke tombol utama dari smartphone Android.

Cara membuat dudukan smartphone seperti dibawah ini, hanya mengunakan gunting.

Buat pola lubang dengan lebar ukuran smartphone. Jangan terlalu longgar, dan dibuat agak ketat untuk menjepit smartphone.

Bila mendapatkan busa plastik dengan gambar dibawah ini, disain sesuai kebutuhan agar smartphone dapat seimbang berdiri.


Daur ulang barang bekas untuk dudukan smartphone

Selesai mengunting busa pelindung barang elektronik. Taruh smartphone diatas, maka smartphone dapat didirikan seperti alat docking.

Make Docking smartphone from recycle box

Cara membuat dudukan smartphone lain, yang ini untuk horisontal dan vertikal. Misalnya untuk nonton TV di Android, melihat email, website dan lainnya yang mengutamakan lebar layar.

Gunting busa plastik seperti pola dibawah ini, dan buat siku dibagian bawah untuk penahan smartphone agar lepas merosot jatuh. Ukuran sandaran bisa disesuaikan dengan ukuran smartphone, mungkin lebar sandaran yang dibuat sekitar 70% dari smartphone yang anda miliki. Jangan dibuat terlalu miring, mungkin tidak lebih dari 45 derajat, atau cukup 30 derajat agar sudut mata kita dengan mudah melihat layar smartphone.

Besar kecil ukuran plastik dapat diatur sesuai kebutuhan serta lebar ukuran smartphone ke bidang sandaran busa.

Membuat dudukan smartphone

Tampilan dudukan smartphone diatas akan seperti gambar dibawah ini. Semakin tinggi dan besar ukuran smartphone, buat bidang penahan bagian belakang lebih besar

Cara membuat dudukan HP dari barang bekas

Barang bekas lain yang dapat dipakai adalah bekas pelindung plastik harddisk. Bila anda pernah membeli harddisk, akan diberikan kardus dan bagian plastik yang emnjaga harddisk selama dibawah.

Ukuran penahan plastik di dalam bisa digunakan untuk dudukan smartphone. Tidak sebaik disain kedua sandaran smartphone diatas. Tapi lebih praktis untuk dudukan smartphone berdiri

Daur ulang 
barang bekas untuk dudukan smartphone

Bahan yang digunakan bisa tidak terbatas dengan kedua model diatas. Disain dudukan smartphone diatas hanya sebagian contoh. Kita tidak perlu membeli dudukan smartphone atau tempat khusus untuk smartphone. Karena anda dapat membuat sendiri dari barang bekas.

Bila anda ingin membuat tempat holder untuk menaruh kabel charger, speaker atau kabel data USB. Bisa diatur sesuai kebutuhan dan posisi konektor, sedikit kreatif maka smartphone anda dapat dimanfaatkan hal lain.