Galaksi dalam bentuk umum dan bentuk lain


Kategori : Science | Date : 17 November 2017
Galaksi di alam semesta ini baru dalam angka perkiraan, jumlanya mencapai 100-200 miliar galaksi.

Terjauh dapat diamati sampai 13 miliar tahun cahaya. Ketika galaksi muncul, ukurannya relatif kecil, dan selama 13 miliar tahun lebih, semua galaksi kecil bisa saja saling bertabrakan dan menjadi galaksi lebih besar.

Galaksi ukuran kecil rata rata memiliki lebar 200 tahun cahaya, dan tidak banyak berisi gugus bintang.

Jumlah bintang di galaksi kecil sekitar ratusan juta bintang.

Galaksi ukuran besar, lebih banyak berbentuk elips lingkaran.

Kebanyakan sebuah galaksi besar memiliki bintang berumur dewasa. Dan bentuk galaksi besar akan terlihat datar, tapi isi bintang di galaksi besar dapat mencapai triliun bintang.

Galaksi Bima sakti memiliki bentuk spiral, memiliki beberapa lengan yang terkumpul bintang.

Dibawah ini beberapa abentuk umum dari galaksi

Bentuk dengan spiral, sebuah galaksi ada yang memiliki lengan sedikit antara 2, atau lebih. Bentuk galaksi Elips relatif terlihat bulat

Bentuk standar galaksi secara umum



Beberapa galaksi membentuk tidak biasa. Sebugah galaksi dapat terlihat seperti cincin, dengan cahaya lebih mengarah ke bagian tengah.

Atau galaksi dengan banyak lengan diatas rata rata dari galaksi spiral.

Bentuk galaksi tidak biasa

Bisa saja bentuk galaksi seperti berantakan, akibat terganggu gravitiasi galaksi di sekitarnya yang lebih besar.

Sebuah galaksi dapat terus tumbuh karena memakan galaksi lain.

Karena bentuknya sudah sangat besar dan kuat, dan semakin besar ketika menabrak galaksi lain yang lebih kecil lalu menyatu dengan galaksi utama

Seperti yang terjadi di galaksi terbesar yang pernah ditemukan galaksi IC 1011.

Dibanding galaksi kita Bima Sakti memiliki lebar 100 ribu tahun cahaya, sedangkan galaksi IC 1101 mencapai 6 juta tahun cahaya.

Galaksi menjadi besar akibat menelan galaksi lain yaitu Galaksi IC
 1101
Galaksi IC 1101 memiliki ukuran 2000x dari galaksi Bima Sakti dan lebarnya 50x lebih besar.

Galaksi besar belum tentu bernasib baik. Galaksi berwarna biru akan memunculkan bintang baru lebih banyak akan berusia lebih lama untuk bersinar. Dimana bintang baru lebih banyak tumbuh

Bila diamati dengan teleskop galaksi raksasa seperti IC 1101 akan berwarna kuning merah. Yang memperlihatkan cahaya bintang disana adalah bintang tua, yang suatu hari nanti lebih cepat mati serta tidak banyak pembentukan bintang baru.

Galaksi bentuk unik dengan 2 cincin
Peneliti Universitas Minnesota Duluth dan North Carolina Museum of Natural Sciences mengidentifikasi sebuah galaksi PGC 1000714. Memiliki bentuk elips , tapi dengan 2 cincin. Galaksi ini terbentuk dengan 2 bentuk, di tengah berbentuk lingkaran, tapi di bagian luar juga terbentuk cincin lain.

Tipe galaksi seperti ini sangat langkah, hanya terbentuk sekitar 0,1% dari bentuk galaksi dan dimasukan dalam tipe galaksi Hoag. Objek Hoag memiliki ciri di bagian tengah terdapat bentuk oranye atau kuning dengan cincin luar berwarna biru.

Galaksi PGC 1000714 atau nama lain galaksi Burcin memiliki jarak 359 juta tahun cahaya dari Bumi.

Penemu galaksi ini oleh Burcin Mutlu Pakdil, pelajar astrofisik Mennesota Duluth dan Patrick Treuthardt ahli astrofisik museum NC menjelaskan ini tipe objek Hoag

Foto pertama dibuat oleh Hubble, gambar kedua bentuk bentuk cinci di bagian luar berwarna biru, sedangkan di dalam digambarkan dengan warna hijau

Bentuk galaksi PGC 1000714 memiliki 2 cincin

Tebal galaksi dan keruncingan lengan galaksi.
Jillian Scudder fisikawan dan koresponden Forbes mengatakan galaksi Bima Sakti berbentuk Cakram. Lebarnya 100.000 tahun cahaya.

Namun tingginya dibagian tepi hanya 0,6 tahun cahaya. Artinya 30 kali lebih tibis dari selembar kertas bila dibuat dalam lingkaran. Sedangkan dibagian tengah akan berbentuk seperti gelembung dimana banyak bintang lebih terrpusat dibagian tengah galaksi.



Galaksi elips mungkin sudah umum dengan membuat lingkaran penuh. Bagaimana dengan galaksi berbentuk spiral. Lengan di ujung galaksi spiral, disetiap lengan akan meruncing.

Lengan spiral galaksi hampir terkait dengan laju rotasi kata Guha Thakurta Ph.D., seorang profesor di Universitas California Santa Cruz.

Mengapa ujung galaksi spiral lebih tipis. Coba bayangkan kita mengaduk kopi dengan krim sebagai pembentuk lengan galaksi. Kita akan melihat seperti bentuk spiral ketika memutar kopi. Bila terus diaduk lebih cepat maka bagian ujung krim akan semakin mengecil.
Jadi bentuk spiral galaksi terkait dengan seberapa cepat rotasi galaksi itu sendiri.

Umum bila galaksi akan membentuk seperti spiral atau elips. Dengan bentuk lain seperti gelembung di bagian tengah. Yang ini berantakan, seperti adanya sayap. Mengapa galaksi NGC 6240 tidak berbentuk lingkaran.

Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.

Ketika galaksi terbentuk dan mulai membentuk bintang. debu dan gas baru ada setelah ledakan bintang generasi pertama. Tapi di galaksi A2744_YD4 terlihat sudah ada dengan 3 materi dari bekas supernova



Galaksi NGC 1277 memiliki ukuran 1/4 dari Bima Sakti. Yang lebih aneh lagi, inti galaksi di tengah terdapat sebuah lubang hitam supermasif.  Ini isi semuanya hanya lubang hitam, dan dapat menjadi objek penelitian dimana kelas baru tipe galaksi.

Sebuah galaksi generasi awal atau galaksi di awal alam semesta terbentuk tertangkap oleh teleskop Hubble. cahaya dari galaksi SPT0615-JD yang tertangkap oleh ke dua teleskop telah melakukan perjalanan sejauh 13,3 miliar tahun untuk sampai ke Bumi.

Foto ini adalah foto 2 galaksi kuno ADFS-27 yang terlihat sekarang. Ketika awal alam semesta, dimulai galaksi terbentuk. Tetapi semua berukuran kecil. 2 galaksi tersebut sebagai contoh dari nenek moyang galaksi yang ada

Gugus galaksi Abell 370 letaknya 6 miliar tahun cahaya. Tapi terlihat dari bumi memberikan foto berbeda dari bentuk galaksi disana  Tetapi ada gambar galaksi yang terlihat pada busur biru adalah galaksi yang lebih jauh lagi. Dan berada di belakang kelompok galaksi Abell 370



Sebuah galaksi MACS 1423-z7p64 diumumkan10 April 2017. Menjadi galaksi terjauh dan terlihat seperti galaksi purba di awal pembentukan alam semesta. Galaksi MACS 1423-z7p64 ditemukan bukan melihat langsung dengan teleskop. Seperti terlihat pembesaran gravitasi lensa.

Galaksi yang dilihat dari atas dengan sudut bumi, maka terang di bagian inti galaksi. Galaksi dari sudut miring, dapat dipelajari adalah struktur lengan galaksi dan ukurannya. Bagaimana bila galaksi terlihat tepat dari sisi samping.

Peneliti menemukan sebuah galaksi Dragonfly 44, ukurannya tidak besar tapi sepi dengan bintang. Setelah diteliti ulang, bintang disana terkumpul sangat kompak dalam cluster masing masing.

Tim astronom dengan peralatan BOSS - Baryon Oscillation Spectroscopic Survey memetakan seperempat bagian langit, dengan program Sloan Digital Sky Survey - SDSS III. Menjadi peta paling lengkap yang dibuat dari isi sebagian alam semesta. Mencapai 650 kubik miliar tahun cahaya.

Beberapa benda paling berbahaya bahkan mematikan di alam semesta. Magnetar, lubang hitam dan tabrakan antar galaksi. Magnetar adalah bintang yang berubah menjadi magnit sangat kuat. Sedangkan Black Hole memiliki kekuatan daya gravitasi paling besar di alam semesta ini.

Membutuhkan waktu sekitar 1000 jam untuk menangkap seluruh kombinasi cahaya yang begitu jauh. Diperkirakan baru berusia 5 miliar tahun  setelah terjadi Big Bang. Atau jauhnya mencapai 8-9 miliar tahun dari Bumi, mengingat usia alam semesta saat ini sekitar 13,8 miliar tahun.



Video posisi Lubang Hitam di galaksi Bima Sakti. Teleksop Hubble membuat foto terbaru dari inti galaksi Bima Sakti. Mengungkap disana terdapat sekelompok bintang setidaknya mencapai setengah juta bintang. Dimana inti galaksi terdapat Black Hole raksasa yang tidak terlihat. Ini hanya bagian depan saja.

Di daerah konstelasi Eridanus yang letaknya 50 juta tahun cahaya. Terdapat sebuah galaksi spiral berukuran besar yang dinamakan galaksi NGC 1532. Galaksi tersebut terlihat sudah mengunci sebuah galaksi yang jauh lebih kecil

Kelompok galaksi MACS J067 7015 diabadikan oleh teleskop Hubble. Usianya sangat muda, kurang dari 1 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Bentuk galaksi kuno ini berukuran kecil dan jumlahnya cukup banyak. Gambar diabadikan Hubble datang terlambat untuk dilihat oleh teleskop sampai 12 miliar tahun cahaya.

Galaksi Markarian 231 atau UGS 8058, ditemukan pada tahun 1969. Galaksi ini menarik karena mengeluarkan radiasi ultraviolet sangat kuat. Galaksi Markarian 231 berada 600 juta tahun cahaya dari Bumi. Apa yang akan terjadi dengan 2 lubang hitam disana.

Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar. Atau ada galaksi tetangga letaknya tidak terlalu jauh. Tetapi galaksi yang satu ini kesepian, galaksi NGC 6503 ditemukan tahun 1987 berada di area Local Void

Mengunakan data teleskop Wise dapat diperkirakan mengapa 2 lengan lebih banyak terbentuk bintang. Sedangkan Bumi berada disisi lengan galaksi lebih kecil Sagittarius Arm. Mengapa 2 lengan di galaksi kita lebih banyak terbentuk bintang.


No popular articles found.