Hardware | 1 May 2016

Enermax DF Fan kipas pendingin bisa memutar balik


Enermax DF Fan adalah fan pendingin, tapi memiliki putaran di awal bekerja dengan kipas terbalik.

Bukan kipasnya dibalik, tapi putaran kipasnya mengarahkan udara mundur selama 10 detik baru kembali bekerja ke putaran normal.

Fan pendingin computer umumnya menghasilkan debu. Semakin lama bekerja dan tidak dibersihkan, debu semakin menumpuk di bagian fan.

Nama DF disebut sebagai Dust Free. Enermax DF Fan ini dapat menjaga dirinya tetap bersih. Ketika computer di On,  fan akan berputar dengan kecepatan penuh selama 10 detik. Tapi arah putaran dibuat berlawanan arah dari putaran normal.

Ketika fan berbalik arah, debu dari fan akan ditendang keluar. Setelah waktu 10 detik, udara dingin dapat menyulai lebih bersih untuk masuk ke case.

Kecepatan putaran fan dapat diatur antara 1000, 1500 atau 2000 RPM. Hal unik lain dari fan ini, Enermax DF Fan dibagian baling dapat di lepas. Lebih mudah untuk membersihkan debu.

Mengapa disain Enermax DF Fan diperlukan. Tentu bukan untuk pendingin biasa, tapi pendingin water cooler dibagian radiator. Bagian radiator paling sukar dibersihkan bila debu sudah menumpuk.

Solusi hanya melakukan dengan tekankan tinggi atau high pressure agar debu di dalam radiator pendingin procesor dan VGA bisa pergi.

Enermax membuat solusi sederhana, agar debu yang masih mudah terlepas dapat dikeluarkan dari bagian radiator pendingin.

Enermax DF Fan bisa kipas pendingin bisa memutar balik


Artikel Lain

Seasonic MagFlow 120 ARGB saling terhubung mengunakan magnet. Konektor otomatis menyatukan koneksi antara fan seperti bagian power konektor. Lampu LED membuat tampilan fan lebih menarik, kemampuan Fluid Bearing yang tahan lama.

Corsair tampilkan fan untuk builder computer. Mengunakan teknologi Maglev atau Magnetic Levitation fan. Memiliki ukuran fan 120mm dan 140mm. Keunggulan fan ada di teknologi performa fan tapi rendah noise.



Heatsink dengan sistem Kinetik mampu memberikan udara pendingin lebih baik. Serta menurunkan dampak debu yang menumpuk pada heatsink pendingin. Bagian fan dibuat dari bahan metal. Membantu mendinginkan sirip heatsink termasuk fan heatsink bersamaan

Corsair membuat pendingin VGA watercooler tipe HG10 N980 dan N97. Dirancang khusus untuk VGA high end Nvidia. Untuk mounting pendingin atau kepala heatsink kompatibel bagi disain reference board asli Nvidia. Heatsink VGA high end dicabut dan diganti dengan kepala watercooler dari Corsair.

Thermal Paste sudah dikenal di kalangan penguna PC. Membantu mendinginkan procesor lebih optimal. Mungkin kita tidak tahu , apa yang dilakukan thermal paste pada procesor. Bagaimana menempatkan thermal pas dengan benar dengan arah Heatpipe ke heatsink dan CPU.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.