Neutrino partikel asal aktivitas luar biasa setingkat blazar dari lubang hitam


Kategori : Science | Date : 29 April 2016
Galaksi PKS B1424-418 memiliki jarak 10 miliar tahun cahaya dari Bumi, atau sama saja melihat galaksi tersebut dari Bumi pada 10 miliar tahun (waktu Bumi)

Disana tampak sebuah ledakan yang terlihat di bumi tahun 2012 lalu.

Tim astronom internasional dipimpin oleh Prof Matthias Kadler dai universitas Wurzburg bersama tim peneliti lainnya. Mereka menganalisa ledakan tersebut dapat terditeksi dengan membawa elemen neutrino.

Neutrino adalah material dengan kata tercepat, ringan dan paling tidak ramah, serta partikel yang paling sedikit dipahami ilmuwan. Karena tidak berinteraktif dengan materi apapun. Serta berhubungan dengan aktivitas penyebaran sinar gamma di ruang angkasa. Dan sinar gamma ikut menunjukan adanya aktivitas luar biasa.

Kita lebih terbiasa dengan kata elektron, neutron dan proton. Atau belajar ilmu alam dengan kata atom, dan kebanyakan bagian disebut dengan 3 atom.
Neutrino masuk dalam kategori lepton atau fermion yang membentuk materi quark. Perbedaan lepton dan quark, lepton ada pada diri mereka sendiri, sedangkan quark bergabung membentuk barion.

3 materi  neutrino elektron, muon neutrino, tau neutrino, tetapi hanya Neutrino membawa muatan netral, sedangkan rekan lainnya memiliki muatan negatif. Neutrino paling umum tampil di sebuah reaktor nuklir. Sedangkan di ruang angkasa, neutrino menunjukan aktivitas sangat besar seperti lubang hitam yang aktif.

Tahun 2013 observasi IceCube Neutrino di kutub selatan menangkap bukti terjadinya ledakan di luar angkasa. Teleskop tersebut dirancang untuk memonitor aktivitas seperti neutrino yang datang dari ruang angkasa. Ledakan tersebut memiliki kekuatan paling ekstrim. Disebut Big Bird, memiliki kekuatan 2 quadrilion elektron volt / Pev.



Darimana asal ledakan tersebut, tentu dari sebuah black hole atau lubang hitam.

Tepatnya berada di tengah galaksi PKS B1424-418, membentuk sebuah blazar atau aktivitas ledakan paling kuat di alam semesta. Yang hanya dihasilkan oleh aktivitas lubang hitam sangat besar (Supermasive Black Hole) atau supernovae besar dari sebuah bintang raksasa.





Seperti foton, manusia bisa melihat galaksi yang jauhnya miliaran tahun, dan foton (photon) adalah cahaya yang melakukan perjalanan miliaran tahun sampai datang ke bumi dan bisa terlihat. Foton /  cahaya sama seperti kita melihat gunung yang jaraknya 100km, hanya saja cahaya yang diterima dari ruang angkasa adalah bentuk cahaya yang datang terlambat .

Sebagai cahaya, foton adalah partikel dasar cahaya. Foton memiliki panjang gelombang berbeda. Karena pergerakan ketika melintas di alam semesta serta memiliki kecepatan cahaya.

Kembali ke Neutrino. Neutrino terditeksi oleh teleskop khusus, ketika masuk ke Bumi dan dapat dikenali.

Neutrino berbeda dengan foton. Materi ini bisa terditeksi oleh teleskop khusus, sehingga dapat diketahui darimana asal tempat datangnya neutrino, Secara umum neutrino adalah tanda dari aktivitas luar biasa dan setingkat radiasi. Dan peneliti dapat mengetahui adanya kegiatan dari lubang hitam atau supernovae yang sedang terjadi di alam semesta.

Sumber asal beberapa neutrino

IceCube adalah pusat observasi teleskop Neutrino, berbeda dengan pengamatan teleskop konvensional dan teleskop modern lainnya. Sebagai teleskop neutrino, bentuknya tidak seperti teleskop dengan sensor, dan cermin. Tapi mengunakan ribuan sensor untuk melihat arah datangnya radiasi Neutrino.

Teleskop ini berisi sensor begitu banyak, menempatkan 5000 sensor untuk menangkap partikel apa yang datang dari ruang angkasa ke permukaan Bumi dan dari mana asalnya.

Teleskop IceCube memonitor aktivitas kosmos setiap hari, termasuk adanya ledakan yang menghasilkan neutrino. Rata rata setiap hari mengumpulkan 1TB data untuk dianalisa dan megetahui arah sumber partikel neutrino ketika datang.

Peralatan di Bumi tidak mungkin menangkap semua aktivitas di alam semesta. Karena begitu luas dan begitu banyak benda. Dengan IceCube, ilmuwan dapat memonitor aktivitas terbesar setiap hari. Dengan mengandalkan sensor yang menangkap datangnya partikel neutrino tersebut. Walau tidak semua bisa terditeksi, karena IceCube diletakan di bagian kutub selatan Bumi. Setidaknya sebagian alam semesta masih dapat diketahui bila terjadi sesuatu fenomena yang luar biasa.

Sejak selesai dibangun pada Desember 2010 lalu, teleskop IceCube telah menditeksi  lebih dari 28 aktivitas neutrino yang dipastikan bukan berasal dari aktivitas di tata surya kita


Nebula Swan atau Mesier 17. Memiliki nama seperti Nebula Omega, nebula tapal kuda, nebula lobster. Kumpalan debu dan gas besar ini berada di galaksi Bima Sakti. Jarak dari Bumi sekitar 5000-6000 tahun cahaya. Ada yang unik disana, setidaknya perilaku bintang raksasa mampu mendorong gas dan debu.

Adrien membuat video timelapse. Tapi satu tingkat dari fotografer profesional. Pergi ke beberapa negara di tahun 2017. Hasil videonya  sekelas Nasa. Bahkan selama foto dibuat sempat terlihat meteor sampai satelit lewat

Pertanyaan alam semesta yang sukar dijawab. Apakah alam semesta itu memiliki alam semesta paralel, apakah akan terus mengembang dan tidak bertemu lagi. Apakah multiverse itu ada, salah satu jejak diperkirakan ditemukan



Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.

Update pesawat ruang angkasa Juno menangkap suara di planet Jupiter pada 27 Agustus 2016. Suara di ruang angkasa memiliki frekuensi. Tetapi suara yang di dengar di pesawat ruang angkasa adalah gelombang frekuensi rendah, berbeda dengan suara yang di dengar manusia yang harus melintas melalui media udara. Melewati batas tata surya, masih ada suara yang bisa di dengar oleh pesawat Voyager 1

Bintang biner ini lari begitu cepat di sekitar galaksi kita. Disebut bintang PB3877, bukan satu bintang tetapi dua bintang kembar, dan lari dengan kecepatan sendiri di sekitar galaksi kita. Disebut sebagai Hyper-velocity star atau bintang hipe

Susah membayangkan jarak planet ke matahari. Khususnya dengan gambar dan buku. Bagaimana bila jarak antara planet dan matahari di dalam sebuah lapangan bola, termasuk perbandingan besarnya planet ke matahari. Lebih mudah di mengerti , lebih mudah di gambarkan, walau perlu sedikit imajinasi



Mempelajari tata surya. Bagaimana bintang terbentuk, dan bagaimana planet bisa terbentuk disekitar bintang. Pertanyaan ini masih terus diteliti oleh para astronom. Sebuah bintang yang diteliti disini tiba tiba meningkat kecerahannya menjadi 250 kali dalam satu tahun. Hal ini menunjukan infus materi di bintang ini tidak biasanya memakan materi di sekitar dirinya.

Sinar gama adalah senjata terbesar di alam semesta. Diproduksi oleh peristiwa di antariksa seperti cahaya dari bintang meledak, semburan pulsar (bintang besar yang mati memancarkan cahaya radiasi), atau inti galaksi.


No popular articles found.