Turbin angin 3 baling untuk pembangkit listrik mengapa tidak dibuat 4 atau 2 baling


Green | 19 July 2017

Bila ada 2 baling, atau 4 bahkan 8 baling. Mengapa pembangkit turbin angin hanya dipasang 3 baling

Mungkin kita bertanya mengapa turbin angin dibuat dengan 3 baling, mengapa tidak 4 atau 8 baling agar mendapat daya dorong lebih kuat.

Alasannya sederhana, produsen membuat dengan beberapa pertimbangan dan memiliki disain turbin angin dengan 3 baling.

Karena turbin angin lebih efisien dan menghasilkan listrik sepanjang waktu. Sementara energi solar cell atau panel surya lebih mahal dibuat dan hanya menghasilkan listrik di malam hari.

Alasan dari beberapa faktor, dan faktur utama adalah biaya pembangunan turbin angin.

4 baling atau lebih mengapa tidak dibuat
Mengunakan baling lebih banyak dapat meningkatkan kinerja turbin angin. Tetapi biayanya tidak murah, butuh baling lebih banyak sama saja dengan menambah biaya produksi. Ketika daya dorong angin lebih besar, maka baling lebih banyak akan mendapat tekanan.

Struktur tiang turbin angin akan bermasalah bila tidak di dirikan di pondasi yang kuat. Membangun turbin angin dengan banyak kipas akan lebih mahal.
Posisi baling lebih banyak harus menahan tekanan lebih besar. Bila terjadi badai, diperkirakan turbin angin dengan baling lebih banyak akan rusak.


2 baling turbin angin mengapa tidak digunakan
Bila biaya baling turbin angin lebih mahal, mengapa tidak dibuat 2 saja.
Kembali ke biaya turbin listrik. Hasil putaran 2 baling dapat dirancang seperti kekuatan turbin angin dengan 3 baling atau lebih. Tetapi dibutuhkan putaran baling lebih cepat, untuk mendapatkan daya yang sama dibanding 3 baling atau lebih besar.
Disain baling harus dibuat dengan lekukan lebih rumit untuk mendapatkan tekanan angin yang besar dan magnit pembangkit lebih kuat. Disini lagi lagi biaya produksi lebih mahal



Kendala lain, dengan putaran baling lebih cepat, turbin akan bergerak lebih cepat dan menghasilkan suara bising. Karena struktur untuk mendapat energi yang sama, diperlukan 50% putaran lebih cepat dibanding putaran turbin dengan 3 baling.

Ketika baling berputar lebih cepat, tekanan atau stres pada poros turbin harus dibuat lebih kuat dan lagi lagi biaya perawatan lebih mahal. Perawatan lebih mahal dibanding turbin angin dengan 3 baling sehingga tidak efisien untuk menutup biaya dengan keuntungan pemilik turbin angin.

Mengapa turbin angin 3 baling untuk pembangkit listrik


3 baling turbin angin paling ideal
Sebuah turbin angin terbesar dapat mencapai diameter 135 meter. Satu baling memiliki berat 3 ton, dengan 3 baling mampu menghasilkan daya 8 megawatt listrik. Biaya satu turbin angin tipe V164 saja sudah memakan biaya 100.000 dollar.
Posisi baling dapat dipasang lebih tinggi sampai 100 meter, agar baling mampu memutar turbin listrik.

Mengapa turbin angin pembangkit tenaga listrik hanya 3 baling:
  • Pilihan 3 baling adalah Goldilock dari jumlah baling lainnya.
  • Tidak terlalu cepat, tidak terlalu lambat
  • Biaya efektif dan tidak terlalu mahal
  • Mendapatkan power yang cukup untuk mengerakan turbin
  • Perawatan lebih murah, meminalkan kerusakan struktur dan mesin turbin
  • Tidak menganggu lingkungan
Akhirnya turbin angin dibuat dengan 3 baling

Juli 2017
Asia Pasifik diperkirakan akan membangun pembangkit turbin angin dalam 10 tahun kedepan. Kekuatan 72GW, tapi diluar pembangunan pembangkit energi terbarukan dari China.
Menjadi wilayah dengan pembangkit angin terbesar di belahan dunia.

Tahun 2016, wilayah Asia Pasifik menanbah pembangkit turbin angin dengan kapasitas 4,8GW.
Tahun 2017, bisa selesai akan meningkat lagi 30%, dan 10 tahun kedepan mencapai kapasitas 72GW pembangkit turbin angin baru.

India awalnya masih mengunakan tarif pemakaian. Sekarang beralih ke energi angin di tingkat nasional. Disana akan ditambah pembangin turbin angin baru.
Australia awalnya mengalami ketidakpastian dari politisi. Sekarang perusahaan disana bersemangat mengembangkan energi angin.
Jepang mengalami pertumbuhan dengan membangun pembangkit energi angin sampai 10GB, dan membutuhkan waktu 5 tahun untuk penyelesaian.

Berita terkait
Awas kena denda 250 ribu main escooter di jalan Jakarta. Eskuter tiba tahun 2018, layanan berbagi kendaraan listrik ukuran mikro tersebut mulai membuat masalah. Aturan di masing-masing kota berbeda beda. Ada yang melarang total kendaran eSkuter di jalan, yang lain menyamakan sebagai sepeda. Sebagian kota membatasi kecepatan. Aturan selalu muncul setelah kecelakaan warga dan pengendara.. Apa yang membedakan eskuter dengan sepeda, kalau sepeda bisa ngebut 100km perjam masuk kategori apa

LED Samsung LH351B Red, LM301B and LM56C dirancang khusus untuk argokultur, menghasilkan cahaya dengan gelombang 660nm. Memberikan efek fotosintetis sehingga membantu pertumbuhan bagi tanaman. Sebuah lampu hanya mengkonsumsi energi 1 W.



Vattenfall membuat turbin angin dengan 3 kipas dengan panjang 80 meter untuk satu kipas. Dengan panjang rotor mencapai 164 meter dan dibutuhkan tempat untuk pemasangan sampai ketinggian 187 meter. Satu putaran cukup untuk listrik satu rumah seharian

Teknologi pendingin ruangan AC Samsung Wind Free. AC hemat hemat energi, konsumsi listrik sampai 72% setelah memasuki mode Samsung Wind Free. Mengandalkan lubang kecil tanpa efek angin dingin yang kuat dari mesin AC, udara dingin menyebar dari lubang kecil

Ini dia magnit terbesar untuk turbin angin. Mampu menghasilkan listrik kekuatan 6MB dengan satu turbin saja. Dirancang oleh GE, menjadi magnit terbesar yang pernah dibuat sampai tahun 2016.

Profesor teknik Ting Tan membuat ide menarik membuat turbin angin dari baling baling bambu. Penemu dari universitas Vermont mengatakan, mengunakan turbin angin dari bahan fiber sama saja seperti bahan alami dari bambu karena memiliki serat yang sama.

Sebuah ladang turbin angin membutuhkan daya dorong angin untuk mengerakan baling baling ke turbin. Apakah turbin angin bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kekuatan angin, bisa jadi kata peneliti Stanford.



Energi terbaharukan, antara turbin angin dan solar cell. Teknologi apa yang memberikan kontribusi lebih besar. Data dari National Renewable Energy Lab’s Renewable Energy menunjukan kapasitas turbin angin dan solar cell dalam memberikan energi listrik.

Tahun 2011 Peace Frontier membuat prototipe turbin angin yang disebut Ring dengan disain lingkaran. Untuk turbin angin baling baling sudah banyak digunakan. Tapi ukurannya menjadi sangat besar untuk menerima dorongan dari angin.

Instalasi turbin angin tertinggi di dunia ada di pengunungan Tibet. China terus membangun energi alternatif dengan pemasangan turbin angin. Dikembangkan oleh Longyuan Power awalnya memasang 5 turbin angin, sekarang sudah mencapai 33 turbin angin untuk tahap pertama.

Supersize Wind Turbines atau turbin angin raksasa untuk pemasangan di laut tidak murah. Siemens mengunakan teknik cepat dengan merancang kapal laut untuk pemasangan turbin angin.




No popular articles found.
< /body>