Dokter gunakan F16 kirim alat medis ngebut 25 menit 450km


Shortstory | 23 April 2016

Apa yang terjadi ketika pasien membutuhkan pertolongan di rumah sakit, tapi tidak memiliki peralatan yang memadai untuk menyelamatkan mereka.

Dalam kasus biasa, seorang dokter dapat memutuskan mengirim pasien ke rumah sakit yang lebih lengkap. Atau meminjam peralatan rumah sakit lain untuk membantu seorang pasien yang membutuhkan pertolongan segera.

Tapi dalam kondisi genting, sebuah rumah sakit terdekat yang memiliki peralatan lengkap atau peralatan khusus ternyata sangat jauh, jaraknya mencapai 450km bila ditarik garis lurus. Mengunakan kendaraan setidaknya membutuhkan waktu berjam jam, mungkin sang pasien tidak dapat tertolong karena jaraknya mencapai 700km melalui jalan darat.

Tim medis di klinik kota Bodo tidak memiliki pilihan. Mengirim pasien ke rumah sakit yang memiliki peralatan lengkap, harus melakukan perjalanan 700km. Sama saja dengan mengirim peralatan ke klinik tersebut. Mengunakan helikopter akan lebih lambat.

Kejadian berbeda di Norwegia. Sebuah rumah sakit di Norwegia berhasil berpikir cepat. Mereka meminta bantuan ke angkatan udara Norwegia untuk mengunakan pesawat tempur F16, untuk mengirim mesin ECMO ke rumah sakit lain.

Tentu waktunya sangat singkat, lebih cepat dari waktu memesan makanan dan sampai dirumah.

Cerita diatas diawali dari rumah sakit Trondheim yang memiliki peralatan medis ECMO untuk mendukung jantung dan paru paru. Tanpa alat tersebut, pasien yang berada di kota Bodo memerlukan mesin tersebut dalam hitungan jam.

Pesawat F16 mengantar peralatan medis dalam kondisi darurat

Kejadian terjadi pada tanggal 4 April 2016, Anders Wetting kepala rumah sakit Trondheim Saint Olaft mengatakan ke media. Setelah mendapatkan kabar kebutuhan rumah sakit di Bodo. Tim rumah sakit Trondheim memutuskan menghubungi pangkalan udara. Tim rumah sakit menelpon ke pangkalan angkatan udara dan meminta bantuan mengirim peralatan ECMO ke kota Bodo untuk menyelamatkan seorang pasien yang sekarat

Yang lucu, kepala rumah sakit Anders mengatakan ke media. Setelah dijelaskan dengan singkat kebutuhan dan kota yang harus dikirim. Pihak angkatan udara Norwegia tidak banyak bertanya. Hanya satu pertanyaan, seberapa besar ukuran paket yang mereka kirim.



Letnan Kolonel Skuadron udara Borge Kleppe mengatakan harian Vedens Gang, kami baru makan siang dan menerima telepon. Yang menelpon mengatakan, ini tidak normal apakah angkatan udara bisa mengirim ke kota Bodo. Kebetulan hari itu ada 2 jet akan lepas landas untuk latihan rutin dan rute tersebut tidak jauh dari kota Bodo. Satu pesawat memiliki tangki carbo, dan kedua jet  bersiap menunggu mesin tiba dari rumah sakit Trondheim. Mesin langsung dibawa dengan helikopter (ambulan udara) 10 menit kemudian tiba di pangkalan udara, lalu satu pesawat jet F16 langsung berangkat menuju kota Bodo.

Biasanya rute perjalanan tersebut dapat ditempuh selama 35 menit, kemarin pilotnya ngebut 25 menit dan paket diterima dalam 40 menit setelah pesawat lepas landas. Katanya After Burnernya di On terus.
Pasien berhasil selamat dan dipindah ke rumah sakit

Letnan Kolonel Kleppe memiliki pengalaman terbang dengan pesawat F16 selama 13 tahun. Dia mengatakan, pesawat F16 hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk memasang tangki cargo.

Militer memiliki peralatan lebih kuat dan lebih cepat, kadang digunakan untuk membantu masyarakat. Tapi kejadian paralel seperti ini situasinya berbeda, dimana mereka harus ikut terlibat dalam pertolongan darurat. Mengirim pasien dengan pesawat militer sudah biasa. Tapi dengan jet tempur sepertinya baru kali ini. Mungkin tidak ada pilihan hanya pesawat jet tempur saja sebagai kendaraan transportasi

Berita terkait
Jangan bingung bila tahun 2020 ada 4 nama yang awalnya selalu terlihat menjadi satu. Nama Xiaomi, Redmi atau nama Mi, ditambah Poco dan CC. Ke 4 nama smartphone dari produsen terpisah. Walau masih dibawah nama Xiaomi. Keputusan produsen Xiaomi akan memisahkan segmen penguna perangkat elektronik di awal tahun 2019.

Ketika RTX tampil Ray Tracing menjadikan grafik 3D menarik. Tapi butuh 2 tahun untuk 13 game yang mendukung. Kadang teknologi datang begitu menarik, kenyataannya mungkin tidak sepenuhnya digunakan. Jadi lihat apa yang dibutuhkan, bukan apa yang ditawarkan produsen.



Samsung dan Apple adalah produsen nomor 1 dan 2 terbesar membuat smartphone. Dimana nomor 3. Oppo, Vivo, Oneplus, Realme dan IQOO adalah merek smartphone dari satu pabrik BBK. Tapi semuanya terpisah, memiliki pengembangan sendiri dan target pasar tersendiri.

Dr Ruit disebut sebagai dokter paling penting di dunia untuk kesehatan mata. Dia mampu mengoperasi 100 pasien katarak setiap hari, plus biaya murah. Jumlah pasien yang diobati 130 ribu orang termasuk di Korea Utara. Dia memberikan penglihatan baru. Dr Yoice Cloudinadari Indonesia ikut training sebulan dan kembali ke Nias.

Pertama kali OS Android lebih banyak digunakan untuk online dibanding OS Windows. Data StatCounter mencatat sampai Maret 2017, OS Android mencapai 37,9%. Windows hanya 37.9%.

Aplikasi khusus untuk kalangan dokter, memberikan akses ke seluruh dokter dimana saja untuk saling membantu. Pembuatnya menceritakan pengalaman ketika ayahnya hampir meninggal karena kurangnya informasi para dokter

Ini cerita dari India, ketika orang sakit jantung biasanya terlambat di tolong. Terlebih kota Mumbai yang macet, sama saja  bencana bagi penderita jantung. Dokter di rumah sakit KEM beralih dengan sistem lain dengan teknologi internet.




No popular articles found.