Science | 22 April 2016

Nebula Bubble NGC 7653 rayakan ulang tahun Hubble


Ulang tahun teleskop Hubble ke 26. Nasa rayakan dengan menampilkan nebula Bubble atau nebula gelembung.

Benda ini berada 8000 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi icon Nasa dalam ulang tahun Hublle kali ini.

Cerita dengan nebula Bubble atau nama dengan kode antariksa NGC 7653, berasal dari sebuah bintang dan gelembung berisikan gas hidrogen berwarna biru , serta debu ditandai dengan warna kuning.

Benda ini ditemukan oleh William Herschel di tahun 1787. Berada di dekat konstelasi Alpha Centauri atau Cassiopeia.

Inti bintang disana diperkirakan 10-12 kali lebih besar dari matahari kita. Dan nama bintang tersebut dikenal dengan SAO 20575. Ketika terbentuk, bintang tersebut berukuran 45 kali dari matahari.

Gas yang mengambang tersebut terus membesar, karena terdorong oleh angin bintang dari dalam. (Stellar wind). Bentuk gelembung tersebut terlihat bulat tapi tidak simetris, dan bintang penyebab terdorongnya gas disekitar bintang yang berada di kiri atas gelembung (jam 10)

Membentang sejauh 10 tahun cahaya, dengan gas gelembung tersebut melaju dengan kecepatan 100 ribu km perjam lebih. Luasnya sekitar 35000 kali lebih lebar dari jarak matahari ke Heliosphere atau tepian tata surya kita

Foto dibawah ini diperjeleas dan diambil dari Hubble mengunakan camera Wide Field 3 pada bulan Februari 2016. Warna hijau adalah hidrogen, merah nitrogen dan biru adalah oksigen.

Nebula Bubble NGC 7653

Penjelasan dalam animasi Nasa





Foto asli dapat di download 1024 x 768 (158.4 KB), 1280 x 1024 (263.0 KB), 1600 x 1200 (400.5 KB), 1920 x 1200 (502.4 KB),2048 x 1536 (687.6 KB)


Artikel Lain

Nebula RCW 36 atau Gum 20 sebuah kumpulan debu dan gas terakumulasi di satu tempat. Memiliki area yang dinamai H II atau kaya akan gas hidrogen. Badan antariksa Eropa mengabadikan bentuk dari nebula RCW 36 mengunakan FORS. Serta 2 teleskop lain X-Ray Chandra dan Spitzer, terlihat beberapa bintang muncul.

Nama Nebula Lagoon selain M8 atau Messier 8 disebut dengan NGC6523, membentang sampai 110 x 50 tahun cahaya. Disana terdapat bintang tipe O yang panas. Dan memancarkan cahaya ultraviolet, dari cahaya bintang memanaskan serta ionisasi kumpulan debu dan gas. Foto terbaru dari teleskop Speculoos



Nebula ESO 577-24 sebuah sisa debu dan gas diruang angkasa. Dahulu benda ini sebuah bintang raksasa merah yang disebut Super Red Giant Star. Tapi nasibnya sekarang sudah selesai, dari bintang raksasa menjadi sebuah bintang kerdil berwarna putih. Diabadikan pusat observasi VLT milik ESO, 10 ribu tahun akan hilang.

Nebula Swan atau Mesier 17. Memiliki nama seperti Nebula Omega, nebula tapal kuda, nebula lobster. Kumpalan debu dan gas besar ini berada di galaksi Bima Sakti. Jarak dari Bumi sekitar 5000-6000 tahun cahaya. Ada yang unik disana, setidaknya perilaku bintang raksasa mampu mendorong gas dan debu.

Large Magellanic Cloud adalah satelit pendamping galaksi Bima Sakti, menjadi tempat paling terang yang dapat dilihat oleh astronom. Jaraknya 160 ribu tahun cahaya. Bentuknya seperti kumpulan gas dan debu. Di dalamnya terdapat beberapa bintang langka raksasa seperti R136a

Rosette nebula adalah wilayah cluster bintang. 2 bintang raksasa ada disana, dan bintang raksasa lain akan menganggu lahirnya proto planet karena tersapu oleh angin bintang yang kuat. Wilayah nebula ini menjadi salah satu pembibitan bintang yang sangat padat

Crab nebula, nebula Crab atau nebula kepiting adalah debu dan gas dari bintang yang telah mati. Seperti lukisan di ruang angkasa, nebula Crab dikenal dengan beberapa nama lain seperti M1, dan NGC 1952. Foto terbaru  Mei 2017 dari 5 teleskop membentuk satu gambar Nebula Kepiting.



Nebula NGC 6334 (Cat's Paw) dan NGC 6357 (Lobster) diabadikan badan antariksa Eropa ESO.  Kedua nebula dibuat dengan resolusi foto 2 miliar pixel. Yang menarik dari kedua nebula.

Nebula NGC 2440 memiliki jarak 4000 tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Puppis, dimana benda tersebut adalah tanda dari sebuah bintang mati. NGC 2440 saat ini sedang berbentuk seperti sebuah cincin, tapi lingkaran yang terbentuk adalah gas dari sisa bintang.

Nebula Butterly atau nebula kupu-kupu, adalah benda di ruang angkasa yang berbentuk seperti sayap kupu kupu. Bentuknya sangat sempurna, dan cahaya tersebut berasal dari sebuah bintang yang mati. Membentuk seperti sayap, yang sebenarnya adalah gas yang dilontarkan akibat bintang ketika menjelang kematian dan meledak

Galaksi Bima Sakti memiliki 2 satelit galaksi kecil. Disebut LMC dan SML atau Large Megallanic Cloud dan Small Megallanic Cloud. Nebula N55 menjadi bagian dari isi LMC , memiliki bentuk bercahaya dan tampak seperti Superbubble.

Nebula Spider dimana terlihat pembentukan bintang muda berwarna merah yang disebut Stock 8. Letak nebula Spider berlawanan dengan arah pusat galaksi. Kabut tersebut berada di tepi galaksi atau sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi.

Nebula Veil adalah bekas dari jejak bintang yang meledak. Diperkirakan sekitar 8000 tahun lalu sebuah bintang disana meledak. Ukuran bintang dari bekas nebula Veil, 20x lebih besar dari Matahari. Nebula Veil letaknya sekitar 2100 tahun cahaya dari Bumi



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.