Nebula Spider dari 2 teleskop tampilkan bentuk bintang baru lahir


Kategori : Science | Date : 17 April 2016
Foto dari teleskop ruang angkasa memperlihatkan bentuk yang terjadi di daerah kabut atau nebula Spider. Letak nebula Spider berlawanan dengan arah pusat galaksi. Kabut tersebut berada di tepi galaksi atau sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi.

Tepatnya berada di konstelasi Auriga atau dikenal dengan nama daerah Kusir / Charioteer.

Bagaimana foto dibawah ini dibuat. Diperlukan 2 teleskop berbeda dan digabung untuk melihat bentuk nebula sebenarnya. Karena mata manusia tidak bisa melihat benda seperti ini secara langsung.

Cahaya inframerah ditangkap oleh 2MASS dari teleskop di Bumi untuk menangkap panjang gelombang 1,2 mikron, dan ditandai dengan warna biru.

Teleskop ruang angkasa Spitzer dibuat dengan warna hijau, karena teleskop tersebut mengambil panjang gelombang 3,6 mikron. Dan warna merah dibuat dari penangkapan teleskop untuk panjang gelombang 4,5 mikron.

Nebula Spider ini masih banyak terbentuk di galaksi Bima Sakti. Diyakini menjadi titik dimana terbentuknya bintang baru dengan jumlah sangat besar.

Bintang berwarna merah yang terlihat pada gambar adalah bintang di tahap awal bersinar. Sedang disisi kiri adalah ekor dari nebula. Foto Spitzer dibuat sangat detil. Memperlihatkan gas dan debu yang masih tersebar di sekitar bintang muda. Foto ini adalah foto dari kondisi sebenarnya di daerah Nebula Spider. (Foto Nasa JPL)

Area di kanan tengah dengan warna titik titik merah adalah bintang muda, disebut sebagai daerah Stock 8 oleh tim NASA/IPAC Teacher Archive Research Program (NITARP). Tim ini masih mengidentifikasi bintang baru di daerah tersebut.

Nebula Spider

Foto dari JPL Nasa



Nebula Spider memiliki nomor IC 417. Disana masih terkonsentrasi debu dan gas ruang angkasa. Foto diatas adalah foto terbaru tertanggal 14 April 2016 dan di rilis oleh Nasa.

Foto dibawah ini dipublikasi tahun 2010. Posisi nebula Spider IC 417 ada di sisi kiri bawah. Satu lagi bentuk awan tersebut adalah NGC 1931 atau si Kosmik Fly. Keduanya mewakili tempat lahirnya bintang muda atau kluster bintang. Untuk skala, disisi kanan atas NGC 1931 memiliki bentangan 10 tahun cahaya

Nebula Spider IC 417  tahun 2010

Foto dibawah ini adalah Nebula Spider yang sama. Tetapi gambar dibuat dari pusat observasi Palomar pada tahun 2016. Bentuk nebula belum memperlihatkan posisi kabut seperti foto dari Spitzer.

Nebula Spider IC 417 dari teleskop Oalomar Observasi

Nebula Swan atau Mesier 17. Memiliki nama seperti Nebula Omega, nebula tapal kuda, nebula lobster. Kumpalan debu dan gas besar ini berada di galaksi Bima Sakti. Jarak dari Bumi sekitar 5000-6000 tahun cahaya. Ada yang unik disana, setidaknya perilaku bintang raksasa mampu mendorong gas dan debu.

Large Magellanic Cloud adalah satelit pendamping galaksi Bima Sakti, menjadi tempat paling terang yang dapat dilihat oleh astronom. Jaraknya 160 ribu tahun cahaya. Bentuknya seperti kumpulan gas dan debu. Di dalamnya terdapat beberapa bintang langka raksasa seperti R136a

Rosette nebula adalah wilayah cluster bintang. 2 bintang raksasa ada disana, dan bintang raksasa lain akan menganggu lahirnya proto planet karena tersapu oleh angin bintang yang kuat. Wilayah nebula ini menjadi salah satu pembibitan bintang yang sangat padat



Crab nebula, nebula Crab atau nebula kepiting adalah debu dan gas dari bintang yang telah mati. Seperti lukisan di ruang angkasa, nebula Crab dikenal dengan beberapa nama lain seperti M1, dan NGC 1952. Foto terbaru  Mei 2017 dari 5 teleskop membentuk satu gambar Nebula Kepiting.

Nebula NGC 6334 (Cat's Paw) dan NGC 6357 (Lobster) diabadikan badan antariksa Eropa ESO.  Kedua nebula dibuat dengan resolusi foto 2 miliar pixel. Yang menarik dari kedua nebula.

Nebula Butterly atau nebula kupu-kupu, adalah benda di ruang angkasa yang berbentuk seperti sayap kupu kupu. Bentuknya sangat sempurna, dan cahaya tersebut berasal dari sebuah bintang yang mati. Membentuk seperti sayap, yang sebenarnya adalah gas yang dilontarkan akibat bintang ketika menjelang kematian dan meledak

Beatriz Villarroel mencari sebuah bintang dari data USNO-B1.0 yang mendadak hilang. Lenyap dari 290.000 sumber bintang yang diteliti dan menghilang begitu saja tanpa jejak. Mengapa yang satu ini menghilang. Sampai Beatriz mengatakan jangan jangan ini ulah alien



Teori relativitas umum dari Einstein kembali terbukti. Yang ini bisa disebut sangat langkah, karena ditemukan tidak kebetulan. Sebuha benda yang sangat jauh dengan jarak miliaran tahun cahaya bisa tampak, bahkan yang ini disebut cincin Canarias Einstein memiliki cahaya sempurna.

Galaksi Bima Sakti memiliki 2 satelit galaksi kecil. Disebut LMC dan SML atau Large Megallanic Cloud dan Small Megallanic Cloud. Nebula N55 menjadi bagian dari isi LMC , memiliki bentuk bercahaya dan tampak seperti Superbubble.

Ilmuwan sudah melihat galaksi yang sangat jauh, tapi luput meneliti galaksi lain yang ada di samping galaksi Bima Sakti. Disana memiliki beberapa grup galaksi yang sebelumnya tidak pernah terlihat. Bahkan memiliki 3 kelompok galaksi dan 2 cluster galaksi baru

Di jantung sebuah galaksi NGC 4889 terdapat salah satu lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan. Terlihat ditengah galaksi tersebut seperti bola terang. Foto dari Hubble dari sebuah galaksi dengan nomor NGC 4889 ini cukup mengejutkan. Memiliki masa 21 miliar kali matahari, disini hanya 4 juta miliar. Update video

Catatan astronomi kuno ternyata sudah melihat supernova. Seperti catatan SN 185 dari astronomi China, SN 1054 sebagai catatan nebula kepiting dan SN 1006 ketika sebuah bintang sangat terang terjadi. Catatan filsafat tersebut menyebutkan, sebagian besar di utara, kadang di selatan. Bentuk bintang bintang muncul dan bersinar selama hampir 3 bulan, lalu perlahan redup dan menghilang.

Nebula Bubble atau nebula gelembung. Benda ini berada 8000 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi icon Nasa dalam ulang tahun Hublle kali ini. Inti bintang disana diperkirakan 10-12kali lebih besar dari matahari kita. Dan nama bintang tersebut dikenal dengan SAO 20575.



Tim peneliti Harvard Smithsonian Center mengumumkan sebuah tata surya ditemukan dengan 3 bintang. Bahkan satu bintang terlihat stabil dikelilingi oleh planet. Awalnya terlihat satu bintang, tetapi penelitian lebih lanjut ada 2 bintang biner. Dan terakhir malah ditemukan 3 bintang.

Ruang angkasa adalah ruang vakum. Bila udara dalam kantong di buka, maka akan tersedot ke ruang angkasa. Apakah ruang angkasa memiliki bau, lalu seperti apa. Astronot sering merasakan bau aneh, seperti metal atau daging terbakar.

Nebula Veil adalah bekas dari jejak bintang yang meledak. Diperkirakan sekitar 8000 tahun lalu sebuah bintang disana meledak. Ukuran bintang dari bekas nebula Veil, 20x lebih besar dari Matahari. Nebula Veil letaknya sekitar 2100 tahun cahaya dari Bumi

Gambar dalam pelajaran astronomi belum memberikan skala sebenarnya. Planet terlihat besar tapi dalam skala sebenarnya planet adalah ukuran mikroskopik. Bagaimana melihat tata surya kita dalam skala jarak dan ukuran aslinya. Diceritakan oleh sebuah video To Scale The Solar System

Nebula Trifid yang diamati teleskop Wide-Field Infrared Survey Explorer - WISE menunjungkan gelombang cahaya infrared dengan warna hijau. Memperlihatkan gas hidrogen yang dingin. Sedangkan warna cerah biru dan ungu adalah cahaya panas dari bintang muda.


No popular articles found.