Bintang PB3877 biner ini lari begitu cepat Hyper Speed


Science | 14 April 2016

Bintang biner ini lari begitu cepat di sekitar galaksi kita.

Disebut bintang PB3877, bukan satu bintang tetapi dua bintang kembar, dan lari dengan kecepatan sendiri di mengelilingi galaksi kita Bima Sakti

Disebut sebagai Hyper-velocity star atau bintang hiper, kemungkinan bintang ini kembali terlempar oleh lubang hitam ditengah galaksi.

Bintang PB3877 terletak 18 ribu tahun cahaya dari Bumi.

Dan bukan pertama kali astronom melihat bintang yang bergerak cepat seperti ini.

Masuk kategori bintang yatim dimana bintang terlempar oleh benda lain yang lebih besar. Sehingga keluar dari orbit galaksinya sendiri.

Satu bintang hyper-velocity lain diberi nama bintang US 708, dan dikonfirmasi pada tahun 2005.

Terbang begitu cepat mencapai 1.198km perdetik atau 24 juta km perjam. Dengan kecepatan tersebut, bintang cukup cepat untuk melarikan diri dari gaya tarik gravitasi galaksinya sendiri.

Dengan kecepatan seperti bintang US 708, mampu menempuh jarak Bumi ke Bulan dalam waktu 5 menit.
Walau sudah diteliti, arah pergerakan bintang US 708 tersebut terbang sendirian keluar dari galaksi Bima Sakti sekitar 25 juta tahun talu.

Keunikan lain dari semua bintang yang terlepas dari galaksi kita ini, rata rata adalah satu bintang atau hanya sendirian saja.



Bintang PB3877 ini yang unik, karena sebenarnya mereka adalah ada dua bintang. Atau bintang biner dan saling terikat dengan gravitasi yang sama kuat lalu terbang keluar dari orbit galaksi.

Peneliti  Ulrich Heber dari universitas Friedrich Alexander Jerman mengatakan dari 24 bintang yang ditemukan lepas keluar dari gravitasi galaksi, seluruhnya adalah bintang tunggal.

Bintang PB3877 sejauh ini paling unik yang ditemukan. Karena berputar berdampingan dan terlepas dari orbit galaksi Bima Sakti.

Bintang PB3877 pertama kali terlihat oleh tim astronom Sloan Digital Sky Survey di tahun 2011. Ketika itu tim Sloan baru memperkirakan bintang tersebut adalah tunggal.

Pemantauan ulang dengan teleskop lebih besar di pusat observasi Keck di Hawai dan teleskop besar VLT di Chile. Tim Jerman membantu menjelaskan bintang tersebut sebenarnya bukan satu bintang tapi bintang kembar.

Memiliki panas 5x dari matahari kita, tetapi pendampingnya lebih dingin 1000 derajat dari matahari kita. Setelah dipetakan, kedua bintang bukan terlempar oleh lubang hitam. Bahkan peneliti menghitung lintasan orbit kedunya bukan berasal dari titik tengah galaksi.

Mengapa kedua bintang tersebut bisa nyasar ke galaksi kita.

Tim Eva Ziegerer mengatakan ada penyebab lain. Kedua bintang mungkin terganggu akibat ledakan supernova dan adanya tabrakan bintang dan gravitasi akhirnya menganggu posisi bintang biner ini.

Tim lain memiliki kesimpulan berbeda, mungkin salah satu bintang tersebut menyusup dari intergalaksi (dari luar galaksi kita) dan masuk melintas di dekat galaksi kita sendiri.

Dengan analisa gambar dibawah ini, satu bintang sebenarnya sudah terlepas dari galaksi kita. Tetapi di tepian galaksi tertarik oleh bintang dari luar yang masuk melintas ke arah galaksi Bima Sakti. Lalu keduanya saling terikat dengan gravitasi keduanya dan saling berputar menjadi bintang biner.

Disini adalah skala kosmos atau antariksa. Gravitasi dari benda yang sangat jauh bisa tertarik oleh benda lain yang lebih kuat. Seperti planet Pluto walau letaknya sangat jauh, tetapi daya tarik matahari mampu mengikat planet tersebut untuk tetap mengorbit mengitari matahari.

Tata surya kita seperti saja bergerak dengan kecepatan 220km perdetik atau 790km perjam untuk mengorbit ke tengah galaksi. Satu putaran orbit ke galaksi disebut Cosmic Years, dan Bumi Matahari Planet lain baru menyelesaikan satu putaran setiap 200-250 juta tahun sekali.

Pertemuan kedua bintang terjadi sekitar 500 juta tahun lalu. Posisi sekarang keduanya melintas diatas galaksi, lalu 200 juta tahun ke depan akan benar benar mulai keluar dari gravitasi Bima Sakti dan 500 juta tahun lagi akan hilang pergi bersama sama entah kemana.

Bintang PB3877 biner ini lari begitu cepat

Berita terkait
Bintang T Ursae Minoris adalah bintang besar berukuran 2x lebih besar dari matahari. Masuk bintang raksasa yang sekarang sedang membengkak, mulai berdunyut. Ilmuwan berharap dapat menyaksikan bintang T Ursae Minoris ketika memasuki masa akhir. Dimana skala kehidupan manusia dapat melihat secara langsung kematian bintang.

Dua bintang biner Bintang R Aquarii sedang bertarung. Satu bintang katai putih adalah bintang mati, dan bintang kedua adalah bintang lebih besar ukurannya terus diganggu. Bahkan materi bintang raksasa merah tertarik oleh gravitasi bintang yang lebih kecil. Suatu hari nanti bintang raksasa merah akan habis dan tersisa si bintang lebih kecil.



Tata surya kita sangat stabil, juga isi galaksi kita. Seluruh benda mengorbit ke tengah galaksi,a. Apakah semuanya memang seperti perkiraan kita. Peneliti mengatakan bintang Velocoty bukan dari galaksi Bima Sakti. 2018 mereka bukan dari galaksi kita, tapi mungkin mereka datang dari galaksi lain.

Sistem bintang Eta Cariane diperkirakan 170 tahun lalu terdiri dari 3 bintang. Tapi salah satu bintang telah memasuki masa akhir. Ketika mulai membengkak satu bintang yang akan hancur, gas tertarik oleh bintang disebelahnya. Bintang tersebut mencuit dan terlempar keluar. Perjalanan keluar dari duet biner bintang malah membawa satu bintang yang lebih jauh tertarik masuk ke orbit sampai lebih dahulu lalu meledak menjadi nebula.

Radiasi sinar X ditemukan di tengah galaksi Bima Sakti. Mei 2017 diumumkan. Sebuah bintang S2 bergerak sangat cepat mengorbit ke lubang hitam. Mencapai 3% kecepatan cahaya. Tahun 2018 diuji dengan kenyataan bila bintang tersebut berhasil lolos dan membuktikan teori Einstein kembali. Gravitasi dapat menarik cahaya, video ditengah galaksi

Sebuah bintang MWC 758 adalah bintang muda yang baru lahir. Dan sedang membentuk tata surya, terlihat terdapat sebuah cincin dengan 2 lingkarang yang menyala. Cincin tersebut adalah calon protoplanet, setidaknya sudah tampak 2 planet baru akan hadir di orbit bintang MWC 758

Bintang LL Pegasi dalah bintang raksasa merah yang sudah sekarat. Menjelang masa akhir sebelum bintang tersebut menghancurkan dirinya sendiri. Bintang LL Pegasi terlihat seperti membuat lingkaran gas, tapi ulah tersebut disebabkan bintang kembar yang mendampingi.



Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.

Miika Pursiainen dari University of Southampton menunjukan penemuan baru dalam presentasi bersama ESA dan ilmu ruang angkasa pada 3 April lalu. Sesuatu yang sangat terang terjadi. Tapi bukan ledakan sebuah bintang atau dikenal dengan nebula. Ilmuwan mengapa cahaya yang mendadak terang terjadi.

Cluster 47 Tucanae adalah tempat di galaksi kita dengan kelompok bintang sangat padat. Tidak itu saja, disana terdapat sebuah lubang hitam berukuran 2.000x massa matahari. Mengapa lubang hitam tersebut baru diketahui dan diteliti saat ini.

Tim ASAS-SN bahkan tidak terlalu yakin apakah cahaya yang mereka dapatkan berasal dari sebuah supernova. Bila benda tersebut adalah ledakan bintang supernova, menjadi ledakan paling kuat saat ini. Bila dihitung ledakan cahaya tersebut mencapai 570 miliar kali lebih terang dari matahari, dan setara 20 kali lebih terang dari sumber bintang di galaksi Bima Sakti.

Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.

Beatriz Villarroel mencari sebuah bintang dari data USNO-B1.0 yang mendadak hilang. Lenyap dari 290.000 sumber bintang yang diteliti dan menghilang begitu saja tanpa jejak. Mengapa yang satu ini menghilang. Sampai Beatriz mengatakan jangan jangan ini ulah alien

Setiap peningkatan sinyal yang tertangkap dari elemen Neutrino dipastikan telah terditeksi adanya kegiatan dari lubang hitam atau supernova besar. Neutrino yang tertangkap oleh teleskop IceCube secara umum adalah aktivititas sangat besar di ruang angkasa.



Di satu sistem tata surya VFTS 352, terdapat 2 bintang kembar yang sedang berciuman. Keduanya sudah sangat dekat dan saling menyentuh satu sama lain. Nantinya keduanya akan bersatu dan membentuk bintang tunggal yang lebih besar. Atau bisa saja menjadi lubang hitam biner.




No popular articles found.
< /body>