SSD kapasitas kecil lebih lambat dibanding SSD besar mengapa


Hardware | 6 April 2016

Ketika membeli SSD, yang dilihat adalah performa kecepatan read dan write. Setiap produsen mengeluarkan satu model SSD dengan berbagai kapasitas.

Secara umum kapasitas SSD dibawah 200GB akan lebih lambat dibanding SSD 240GB atau kapasitas lebih besar. Kita mungkin bertanya mengapa SSD kapasitas kecil memiliki kecepatan Write lebih lambat, bahkan setengah dari kapasitas SSD besar.

Dimana kelambatan tertulis dengan kecepatan Read dan Write, tetapi kecepatan Write atau kecepatan menulis data dari computer ke SSD lebih rendah untuk SSD kapasitas kecil.

Sederhana saja. Secara teknologi kapasitas SSD besar memiliki area lebih besar, chip lebih komplek. Dibutuhkan penanganan kanal memory lebih banyak. SSD 120GB misalnya tertulis memiliki spesifikasi kecepatan write 200MB/s, tetapi di kapasitas 240GB atau 512GB akan tertulis kecepatan Write 500MB/s

Kecepatan SSD dipengaruhi tipe controller dan berapa channel yang dapat ditangani oleh chip controller lebih banyak

SSD kapasitas kecil memiliki kanal memory atau Channel Memory lebih sedikit, tentu membuat kecepatan Write lebih rendah. Sementara SSD kapasitas besar memiliki kanal yang dapat bekerja secara paralel dalam waktu bersamaan.

SSD kapasitas kecil lebih lambat dibanding SSD besar mengapa

Kingston KC600 SSD
Model yang cukup stabil dari kapasitas kecil dan besar.
Hanya terpaut 30MB/s untuk kapasitas 256GB dengan kecepatan write SSD kapasitas besar.

Kingston KC 2500 NVMe dipasarkan April 2020
Mengunakan interface PCIe 3.0, ditawarkan dengan kapasitas 250GB, 500GB, 1TB dan 2TB.


Chip NAND tipe 96 layer 3D TLC.
Kecepatan tranfer 250GB untuk read seperti kapasitas lainnya, tetapi kecepatan write lebih lambat sekitar 1,2GB/s.
Sedangkan kapasitas 500GB sekitar 2,5GB/s.
Berbeda dengan kapasitas 1TB dan 2TB memiliki speed yang sama untuk read dan write 3,5GB/s dan 2,9GB/s

Berita terkait
BackBlaze mengumumkan kegagalan harddisk. Harddisk kapasitas besar terbaru 14TB masuk daftar dalam rack server cloud. Harddisk apa saja yang rusak. Laporan kuartal 1 tahun 2020, sampai September 2019 harddisk Seagate terlihat memiliki masalah

Evolusi disain SSD memiliki form factor berbeda beda. Dari SATA, M0-297, MO-300, M.2, M.3, NVMe PCIe Express,  dan terbaru Toshiba XFMEexpress (2019) Istilah TRIM, Write Cycles, MTFB SSD atau IOPS. Penting bila SSD M.2 kepanasan / overheating akan menghilangkan semua data.



Kingston menawarkan Kingston SSDNow dengan Kingston SSDNow UV400, bila dihitung hanya 23 sen dollar perGB. Mengunakan chip controller buatan Marvell baru dan tipe chip NAND Flash TLC. Kingston A400 turun, harganya bikin geleng kepala

WD tampilkan SSD Blue dan Green di seri SSD murah. Model lebih lambat mengunakan controller Silicon Motion tanpa RAM Buffer. Model lebih tinggi Blue dengan controller Marvel 88SS1074. Oktober 2018 harga turun, separuh dari harga awal

Seri SSD Apacer AS330 menargetkan penguna pemula. Harga SSD murah ini memiliki kecepatan sampai 500MB/s, hanya IOPS yang terlihat lebih rendah. Dari spesifikasi, Apacer AS330 dengan kecepatan Read sampai 545MB/s, dan Write 520MB/s.

SSD Toshiba XG5 mengunakan chip NAND 64 layer 3D atau dikenal dengan BiC3. Dikemas dalam format M.2 SSD melalui PCIe 3.0 x4 dan NVMe. Kecepatan SSD Toshiba XG5 mencapai 3GB dan 2,1GB/s, update kapasitas 2TB

Kecepatan Intel 900P pada latency atau respon kelambatan untuk tranfer data yang kecil. Dan daya tahan SSD ini juga lebih kuat. Di kelas enterprise, Intel memfokus pengunaan DC P5800X dengan read write 2.5GB/s dan 2GB/s.



SSD tidak perlu dilakukan defrag, karena sistem kerjanya dengan harddisk. SSD mengunakan sistem TRIM agar SSD lebih awet dan didukung Windows 7 atau versi lebih tinggi. Semakin sering SSD menulis (Write) data maka umurnya semakin pendek. Berapa lama SSD dapat menyimpan data.

Samsung seperti balapan menawarkan SSD kapasitas besar, kali ini 32TB sudah disiapkan. Dan Seagate baru mengumumkan 60TB SSD. Tahun ini Samsung sudah menawarkan Samsung PM1633a SSD dengan 16TB, tahun depan akan meningkat 2x kapasitas dari sekarang.

SSD Patriot Spark menjadi SSD paling murah bulan ini. Menawarkan kapasitas 512GB hanya $105 saja. Model Spark SSD ditawarkan dari kapasitas 128GB, 256GB dan 512GB. Kecepatannya tidak berbeda dengan SSD kelas high end.

Patriot keluarkan SSD 2TB dengan controller Phison S10. Hanya ada 4 model yang memiliki SSD kapasitas besar, seperti Samsung 850 Evo, 850 Pro dan Mushkin Reactor TC.

Perusahaan perangkat computer OCZ diambil alih oleh Toshiba. Bulan ini resmi unit OCZ masuk ke bagian Toshiba untuk unit SSD. Merek diganti menjadi Toshiba OCZ, tertera pada label bodi SSD. Model OCZ SSD yang ditawarkan juga dibuat lebih sedikit. Hanya menyediakan 2 model untuk memudahkan mengenal model OCZ di Toshiba.

Sandisk Z400 adalah SSD murah, kabarnya akan ditawarkan ke produsen lain untuk dipasang ke notebook. Mulai kapasitas 32GB sampai 256GB saja. Sandisk akan menawarkan ke beberapa produsen notebook untuk menganti harddisk ke SSD.

PNY baru mengeluarkan SSD seri CS2211, diberikan garansi 4 tahun, harga SSD lebih murah dari produsen lain. Tidak mengunakan chip TLC, tetapi tetap MLC.  Kecepatan read dan write mencapai 565MB/s, dan minimum untuk kapasitas paling kecil 470MB/s



Toshiba keluarkan SSD model Q300 dan Q300 pro berbasis chip 15nm. Dibanding 19nm, yang diperkenalkan bulan Setember lalu. Model chip barau tersebut lebih efisien dalam pemakaian power.

Membeli computer atau notebook built-up umumnya diberikan harddisk tipe OEM atau Bare. Modelnya tertulis tapi berbeda dengan harddisk di pasaran. Apakah harddisk OEM / Bare tersebut memiliki kualitas berbeda dari harddisk biasa. Yang pasti garansi berbeda.

Menjaga harddisk lebih lama bekerja. Jangan biarkan harddisk mengalami kepanasan, gunakan power supply yang baik agar memberikan power yang cukup, dan tidak memindahkan harddisk dari case bila tidak perlu.

Tidak, tetapi bisa membuat komponen bekerja terlalu panas. Debu menghalangi proses pendinginan dari fan computer. Apa alasannya debu yang menempel di komponen computer belum tentu merusak langsung




No popular articles found.
< /body>