Galaksi Bima Sakti inti galaksi dari teleskop ruang angkasa Hubble


Kategori : Science | Date : 1 May 2016
Teleksop Hubble membuat foto terbaru dari inti galaksi Bima Sakti. Mengungkap disana terdapat sekelompok bintang setidaknya mencapai setengah juta bintang.

TGugus bintang nuklir ini adalah bagian terpadat seluruh kelompok bintang di galaksi kita. Setara dengan memasukan satu juta matahari dan bintang terdekat Alpha Centauri kata Nasa.

Gambar dibawah ini diambil dari daerah sepanjang 50 tahun cahaya. Yang diabadikan dari 9 gambar terpisah dan digabung menjadi satu gambar seperti dibawah ini.

aksi Bima Sakti inti galaksi dari foto Hubble

Foto Google Photo

Video terbaru dari Nasa, tertanggal 3 Mei 2016





Para ilmuwan memperlihatkan pusat galaksi Bima Sakti. Disana terdapat lubang hitam sangat besar yang diberi nama Sagitarius A. Jarak ke Bumi sekitar 27 ribu tahun cahaya.

Black Hole di tengah galaksi memiliki massa sekitar 4 juta kali dari masa matahari kita.



The Snowstorm sebagai julkan dari gambar dibawah ini hanya puncak gunung es. Apa yang dilihat lebih dalam belum bisa dilihat lebih jelas. Diperkirakan masih ada 10 juta bintang lain yang lebih redup tapi tidak bisa ditangkap oleh gambar teleskop. Jadi gambar ini hanya bagian depan saja yang terlihat ke arah Bumi. Karena galaksi kita berbentuk piring, disisi belakang tidak pernah terlihat karena tertutup.

Untuk mengintip di belakang debu, Nasa mengunakan teleskop infra-merah agar gambar dapat dilihat oleh mata manusia.

Dari teleskop Fuji dengan penglihatan optik seperti kita melihat garis galaksi.
Dari teleskop Digitized Sky Survey,  seperti menangkap mengambil gelombang E, V, J, R dan N
Dari teleskop Spitzer terlihat di bingkai paling kecil, disana terdapat lubang hitam raksasa sebagai inti galaksi.
Dari teleskop Hubble dengan pencitraan infra merah.

Galaksi Bima Sakti inti galaksi dari foto Hubble

Foto Google Photo

Foto galaksi Bima Sakti dengan Zoom dibuat oleh Nasa

Gambar dibawah ini dari capture video Hublle dibuat dengan Zoom ke posisi inti galaksi Bima sakti.

Kira kira titik tengah galaksi kita seperti sebuah cahaya yang melintang. Tetapi benda bercahaya tersebut bukan lubang hitam yang memberikan gravitasi seisi galaksi kita termasuk planet Bumi dan Matahari.

Lubang hitam tidak terlihat, diperkirakan dari kelompok bintang pada gambar terakhir sebagai lokasi keberadaan lubang hitam (Black Hole) terbesar di Bima Sakti.

Dimana lubang hitam di galaksi Bima Sakti

Ada apa ditengah galaksi kita. Bisa dilihat penemuan dari ESO yang mengambarkan bintang disekitar lubang hitam



Tertarik melihat bentuk garis galaksi seperti gambar diatas. Cara membuat foto Galaksi Bima Sakti di kota

Sekelompok bintang misterius membuat ilmuwan bingung selama beberapa tahun. Tetapi penelitian terbaru mengungkap benda tersebut. Dikenal dengan Segue-1 ternyata kumpulan bindang tersebut mengorbit ke galaksi Bima Sakti setiap 60 juta tahun sekali. Disana terdapat 1.000an bintang kuno yang berasal dari awal alam semesta.

Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.

Sebuah galaksi generasi awal atau galaksi di awal alam semesta terbentuk tertangkap oleh teleskop Hubble. cahaya dari galaksi SPT0615-JD yang tertangkap oleh ke dua teleskop telah melakukan perjalanan sejauh 13,3 miliar tahun untuk sampai ke Bumi.



Secara umum bentuk galaksi dibagi dua, galaksi spiral dengan lengan dan galaksi elips yang terlihat bundar. Galaksi spiral, akan tampak berwarna kebiruan yang menandakan di galaksi tersebut lebih memunculkan cahaya bintang yang baru lahir.Mengapa lengan galaksi spiral lebih runcing.

Membayangkan kekuatan dan ukuran lubang hitam, kekuatannya sama seperti bumi dipadatkan menjadi seukuran kacang. Sejauh ini ada beberapa lubang hitam terbesar, sebesar apa benda tersebut. Peneliti mengatakan jumlahnya banyak mencapai jutaan lubang hitam di galaksi kita.

Bintang  Ross 128 letaknya tidak jauh, hanya 11 tahun cahaya dari Bumi. Tim Planetary Habitability Lab menerima sinyal radio dari arah bintang Ross 128, dan tertangkap oleh teleskop radio terbesar di dunia Observatorium Arecibo di Poerto Rico.

Large Magellanic Cloud adalah sisa dari pembentukan galaksi Bima Sakti, dapat terlihat di sisi belahan bumi selatan. Januari 2016 ditemukan lagi sebuah satelit galaksi Bima Sakti dan nomor 4 terbesar. Disebut Crater 2 memiliki lebar 7000 tahun cahaya



Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.

Mempelajari tata surya. Bagaimana bintang terbentuk, dan bagaimana planet bisa terbentuk disekitar bintang. Pertanyaan ini masih terus diteliti oleh para astronom. Sebuah bintang yang diteliti disini tiba tiba meningkat kecerahannya menjadi 250 kali dalam satu tahun. Hal ini menunjukan infus materi di bintang ini tidak biasanya memakan materi di sekitar dirinya.


No popular articles found.