Digital | 2 April 2016

Belajar membuat stablizer camera dari kantong belanja agar video lebih mulus


Membuat video pribadi, teman dengan camera DSLR. Salah satu tantangan ada di berat camera DSLR ketika membuat film untuk mengikuti objek bergerak.

Kesulitan mengambil gambar pada beberapa sudut berbeda, misal mengambil objek dari bawah seperti kaki dari orang yang berjalan. Bila dipegang dengan tangan, kameramen akan kesulitan membuat video yang stabil. Camera boleh bergerak ke kiri dan ke kanan, tapi yang dijaga agar camera tidak bergerak naik turun.

Beberapa peralatan yang disebut gimbal adalah alat penyeimbang camera.

Fungsi gimbal untuk menstabilkan posisi camera agar tidak bergerak turun naik, sehingga rekaman video menjadi stabil. Alat gimbal tidak murah, dan dijual dengan berbagai pilihan dengan fungsi dasar membuat posisi camera terjaga untuk tidak naik turun.

Bagaimana membuat gimbal sederhana untuk film kita, intinya membuat sebuah alat stabilizer sendiri untuk sudut agak sulit di dapat.

Filmora memberikan ide kreatif, yaitu kantong belanja.

Cari kantong belanja dan lubangi bagian seukuran lensa. Masukan camera ke dalam kantong. Coba angkat dan perkirakan posisi stabil untuk arah camera. Dan stabilizer buatan sendiri sudah jadi.

Cara membuat stabilizer camera buatan sendiri

Salah satu teknik mengunakan stablizer dengan kantong belanja seperti gambar dibawah ini.
Gambar kiri pengambilan kaki dari teman atau si bintang, untuk diabadikan ketika kaki berjalan. Dan gambar kanan adalah hasil pengambilan gambar.
Jadi kameramen tidak harus berjongkok untuk mengambil bagian yang agak sulit seperti mengambil kaki yang berjalan.



Mengambil sudut video dengan stablizer buatan sendiri

Link video dari Filmora



Artikel Lain

DJI Ronin-S DSLR alat penyeimbang atau gimbal stabilizer. Tampilan gambar, teknologi penyimbang camera DJI Ronin-S dapat digunakan dari camera mirrorless ukuran kecil. Seperti camera Panasonic GH , Sony Alpha bahkan camera DSLR ukuran besar sekelas Canon 5D.

Perusahaan penyewaan peralatan camera akhirnya mendapatkan camera mereka rusak. Dari komponen lensa, sensor camera dan mirror akibat terkena intensitas cahaya matahari. Walau pelanggan sudah diberi peringatan dan diberitahu bila komponen rusak akibat kelalaian mereka selama gerhana matahari. Bagian camera apa yang rusak.



Jangan mengunakan camera langsung  ke cahaya matahari, hanya untuk membuat foto matahari. Bukan gambar yang di dapat, kemungkinan terjadi kerusakan sensor camera. Karena sensor camera akan terkena cahaya yang fokus dari  lensa sampai membakar bagian dalam camera.

Belajar edit foto dari Peter Stewart seorang fotografer Traveler. Beberapa foto yang di edit hanya mengunakan 1 gambar saja. Yang lain mengunakan kombinasi 2 atau 3 foto, dia lebih banyak mengunakan software Nik Efex Pro yang gratis.

Lensa Wide Angle atau sudut lebar untuk foto landscape seperti pemandangan membuat bidang gambar lebih luas. Apakah lensa telephoto atau lensa telezoom ini dapat digunakan untuk foto landscape. Tentu saja bisa, tapi objek yang diambil adalah bagian depan. Yang berubah adalah posisi pengambilan gambar

Pelajaran lengkap tekink membuat film dengan camera DSLR seperti tampilan efek cinema atau film bioskop. Dapat dipelajari bagaimana setting camera, mengambil video yang benar, dan software post production untuk merubah warna dan efek mood dari warna video. Teknik ini dibuat lengkap sampai output video mengunakan 2.35:1 atau ultra widescreen

Bagaimana membuat sebuah foto di gabung dengan gambar latar belakang berbeda. Misal seseorang duduk di tengah hutan, dan dipenuhi dengan binatang. Mengunakan photoshop bisa dilakukan dan di awali dengan pengambilan gambar si objek yang akan di edit.



Untuk mereka yang suka foto. Jana memberikan teknik fotografi untuk pose wanita. Mengunakan lensa prime lens, dan ISO 250, bagian penting adalah kecepatan bukaan lensa.

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Ingin membuat foto galaksi Bima Sakti disarankan mengunakan lensa 24mm atau lebih pendek lagi untuk focal length untuk camera sensor APS-C. Untuk Full Frame disarankan mengunakan 35mm atau lebih pendek. Untuk camera 4/3 paling susah, harus mengunakan lensa 16mm ke bawah.

Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari. Hobi foto malam hari disebut Nightscapes, khusus untuk mengabadikan keindahan malam hari atau membuat foto bintang.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.