Kita kadang melihat kendaraan mobil Google dengan menara camera di atap kendaraan.

Kendaraan tersebut berjalan ke pelosok untuk mengambil foto 360 derajat. Cerita Google Street cukup menarik, ada kendaraan yang salah jalan, di Indonesia sempat terjadi tabrakan dengan angkot, cerita si pacar yang ketahuan karena selingkuh dan tertangkap, kendaraan Google dihadang di Thailand karena dianggap mengambil foto dari warga yang bersitegang dengan pengembang dan cerita Google Street memiliki pengalaman menarik lainnya

Ada satu proyek Google Street lain, yaitu mendokumentasikan tempat wisata. Dimana staf Google tidak mengunakan kendaraan. Beberapa foto Google Street sudah dibuat sampai di gunung Everest, dan beberapa gunung tertinggi sudah ada di Google Street.

Staf Google membawa ransel dengan baterai, sistem dan perangkat camera 360 derajat. Mereka harus menaruh peralatan camera tersebut di pungung mereka.

Yang satu ini menarik, Google bercerita di Google Thailand hanya ada satu staf untuk mendokumentasikan tempat wisata. Pria ini sudah mendokumentasikan 150 tempat menarik di seluruh negara Thailand.

Bila dihitung, untuk Street View sudah mendokumentasikan 500.000km dari setiap staf Google yang membawa peralatan camera. Tentu saja tidak seluruh pekerjaan dengan berjalan kaki. Tapi perjalanan yang dilakukan sudah sejauh setengah juta km

Hari Senin kemarin, Google sudah memasukan beberapa tempat seperti Land of a Thousand Smiles, termasuk daerah bersejarah Sukhothai dan candi Ayutthaya.

Untuk mendokumentasikan tempat tersebut, Google meminta bantuan seorang atlit triatlon. Panupong Luangsa inilah yang melakukan tugasnya, berjalan dengan ransel dan bersusah payah untuk mendaki bukit dan hutan. Dan Panupong yang melakukan sendirian untuk dokumentasi negara Thailand.

Untuk mendokumentasikan perkebunan teh dan stroberi saja, si Panupong menghabiskan 4 sepatu. Dan seluruh dokumentasi selesai dilakukan selama 2 tahun. Lengkap membawa ransel seberat 18kg, dan baterai hanya bertahan antara 6 sampai 8 jam.

Selain di Thailand, Google Street View juga memasukan data untuk terumbu karang di Indonesia, gedung tertinggi di Burj Khalifa Dubai, piramida di Mesir dan beberapa tempat lain termasuk tempat ekstrim seperti basecamp Everest



Google Street View jalan 500.000km di Thailand hanya satu staf yang bertugas

Info tentang Google Street View