Gambar baru spektakuler dari Bima Sakti telah selesai dibuat oleh APEX Telescope Large Area Survey of the Galaxy (ATLASGAL).

Apex adalah teleskop yang berada di Chile untuk memetakan seluruh galaksi, khususnya wilayah yang tidak terlihat dari bagian selatan Bumi.

Mengunakan diteksi gelompang submilimeter, seperti cahaya inframerah, dan radio berukuran 12 meter teleskop. Dengan melihat peta ini, para ilmuwan dapat mempelajari daerah dimana saja yang mengalami suhu lebih dingin, termasuk adanya debu dan gas.

Teleskop Apex ditempatkan di sebuah gunung pada ketinggian 5100 meter, terletak di Chajnantor Plateau wilayah Atacama Chile.

Gambar dibawah ini disebut peta Atlasgal. Walau gambar yang dibuat jauh lebih detil, tetapi baru mencakup 140 derajat dengan lebar 3 derajat. Dimana sudut tersebut adalah wilayah dari bentuk piring galaksi Bima Sakti.

Instrumen Atlasgal dilengkapi peralatan khusus Laboca (Large Bolometer Camera) untuk mengukur radiasi yang masuk, seperti kenaikan suhu yang terlihat di teleskop

Galaksi dari Bima Sakti dengan teleskop Atlasgal

Foto di Google Photo

Melihat di sekitar galaksi Bima Sakti, hanya bisa dilihat dalam bentuk cahaya bila mengunakan teleskop optik biasa.

Berbeda dengan 4 gambar galaksi kita dibawah ini dibuat dengan sensor khusus untuk keperluan penelitian.
  • Gambar pertama - adalah bentuk radiasi yang tertangkap oleh alat survei teleskop Apex untuk memetakan isi galaksi Bima sakti yang disebut Atlasgal. Dikombinasikan dengan gambar ESA dari teleskop Plank.
  • Gambar kedua -  adalah daerah yang ditangkap oleh teleskop ruang angkasa Spitzer milik Nasa.
  • Gambar ketiga - adalah gambar yang ditangkap oleh teleskop lain pada bidang yang sama. Dibuat oleh teleskop milik ESO Vista / Infrared Survey Telescope, di observasi Paranal Chile. Bagian gelap adalah debu, dimana terlihat lebih terang terlihat ketika dibuat oleh teleskop Atlasgal.
  • Gambar keempat adalah gambar umum yang terlihat, dalam bentuk cahaya biasa atau dapat diamati dengan teleskop Optik.

Galaksi dari Bima Sakti perbandingan gambar dari beberapa teleskop

Foto Google Photo

Detil gambar diatas adalah bentuk dari garis galaksi Bima Sakti

Membandingkan foto galaksi yang dibuat oleh fotografer seperti bentuk garis Bima Sakti, hanya menangkap citra dari cahaya bintang.

Video dibawah ini berbeda, memperlihatkan panjangnya galaksi Bima Sakti, dan menampilkan daerah yang panas dengan berwarna merah, dan derah lebih dingin dibagian atas dan bawah galaksi Bima Sakti. Termasuk detil debu dan gas ada disekitar galaksi.