Lubang hitam paling dekat ke Bumi adalah Biner


Science | 22 March 2016

Ibarat musuh yang tidak terlihat, Black Hole atau lubang hitam adalah benda yang belum mampu dilihat para astronom.

Tetapi tanda tanda keberadaan lubang hitam dapat diketahui.

Black Hole adalah benda padat (paling padat) di alam semesta, walau ukurannya bisa saja relatif kecil tetapi memiliki kepadatan luar biasa.

Disebut black hole karena benda ini tidak bercahaya, dan tidak membiarkan cahaya lewat di dekatnya, karena akan berbelok ke dirinya akibat kekuatan gravitasi yang sangat kuat.

2 lubang hitam raksasa atau Supermasive Black Hole terbesar terdekat adalah lubang hitam di galaksi kita sendiri dan satu lagi di galaksi Andromeda.

Lubang hitam di tengah galaksi kita menjadi lubang hitam terbesar dan terdekat serta ukuran raksasa. Tetapi tidak berbahaya karena jaraknya sangat jauh, sekitar 27 ribu tahun cahaya dan berada di tengah sebagai titik pusat galaksi.

Lubang hitam besar lain ada di tengah galaksi Andromeda. Ini jelas tidak berbahaya, karena jaraknya mencapai 2,5  juta tahun cahaya lebih dari Bumi.

Tetapi ada beberapa lubang hitam berukuran kecil bisa saja keberadaannya sangat dekat ke Bumi.

Pembentukan lubang hitam berukuran kecil lahir dari sebuah bintang raksasa yang mati. Sebuah bintang raksasa yang meledak dan hancur lalu sisa debu yang tertinggal membentuk menjadi planet.

Tetapi bukan planet biasa dengan lautan, es, awan seperti Bumi. Melainkansebuah bola seukuran planet, atau lubang hitam kecil dengan kepadatan yang sangat tinggi.



Lubang hitam paling dekat dengan Bumi berada 3000 tahun cahaya disebut V616 Monocerotis atau V616 Mon. Ukurannya diperkirakan 9-13 kali massa matahari.

Disana memiliki sistem biner. Disebutkan massa adalah kepadatan benda, dan bukan ukuran.

Lubang hitam terdekat kedua yang terditeksi dinamakan Cygnus X-1. Memiliki jaraknya sekitar 6000 tahun cahaya dari Bumi. Memiliki ukuran 15x dari massa matahari. Disana disebut sebagai sistem biner

Lubang hitam paling dekat ke Bumi adalah Biner
Lubang  hitam ketiga juga memiliki sistem biner.

Ini pertanyaan, mengapa ada kata biner atau kembaran.

Yang dimaksud biner adalah sebuah lubang hitam yang terditeksi, selalu memiliki pendamping sebuah bintang di dekatnya. Dengan kata lain, astronom dan para ahli hanya dapat mengetahui keberadaan sebuah lubang hitam karena ada satu bintang yang berada dekat sebuah Black Hole.

Alasannya lubang hitam belum dapat terditeksi oleh teknologi saat ini. Yang ditemukan hanya lubang hitam yang memiliki pendamping atau biner. Dan gejolak di keduanya yang dapat terditeksi oleh para ahli, membentuk cakram sehingga keberadaannya bisa diketahui. Secara umum dampak lubang hitam akan menarik gas yang ada di sebuah bintang, perlahan tapi pasti dan suatu hari bintang akan kehabisan gas. Ketika terjadi tarik menarik keduanya, astronom dapat memperkirakan disana terdapat sebuah lubang hitam.

Jangan jangan ada lubang hitam lain yang dekat dengan Bumi, tetapi belum terditeksi oleh para ahli astronomi. Dapat dijawab "dibenarkan"

Sejauh ini tata surya kita sudah berusia 4,5 milar tahun. Dan sejauh  ini, planet di tata surya kita tidak pernah terganggu oleh hal berbahaya. Misalnya gangguan dari gravitasi sebuah lubang hitam yang melintas liara

Apa yang terjadi bila lubang hitam atau black hole lewat di dekat tata surya.
Seandainya sebuah lubang hitam melintas dalam jarak belasan tahun cahaya saja. Gravitasi lubang hitam dapat mengacaukan gravitasi sebagian planet. Entah menarik, mengeser dan lainnya.

Semua orbit akan bergeser perlahan, asteroid mungkin akan menabrak semua planet karena orbit ke matahari berubah
Bila lubang hitam mendekati bumi. Bumi tidak akan ditabrak, tapi perlahan ditarik oleh kekuatan gravitasi lubang hitam. Awalnya atmofer bumi akan ditarik keluar dari Bumi, lalu permukaan batuan, sampai seluruh isi bumi akan habis ditarik ke lubang hitam. Dan Bumi Tamat tidak tersisa.

Lubang hitam mendekat Bumi, maka Bumi akan hancur

Bila lubang hitam pernah melintas sebelum tentu manusia tidak akan hadir, dan manusia juga tidak akan ada seperti sekarang.

Apakah tata surya kita akan aman, sejauh ini yah. Tetapi jawabannya tidak terlalu yakin. Dan bahaya sebuah planet bukan datang dari gangguan lubang hitam yang lewat begitu saja. Bumi dan manusia bukan hal penting dari alam semesta dan bisa hancur oleh kejadian dari ruang angkasa atau ulah manusia sendiri.



Bila anda seorang astronom, kita  dan melihat sebuah bentuk benda seperti dibawah ini. Tidak perlu melapor ke siapa-siapa, karena tidak ada gunanya alias semua sudah terlambat.

Lubang hitam paling dekat ke Bumi adalah Biner


Berita terkait
Sebuah galaksi yang bergabung, terditeksi ada 2 inti dari galaksi SDSS J1010 + 1413 yaitu 2 lubang hitam supermasif. Kedua lubang hitam yang sudah masuk menjadi satu dan perlahan saling mendekat. Terditeksi oleh teleskop Hubble dan memperlihatkan ada 2 cahaya biru. Peneliti mengatakan kedua lubang hitam akan saling mengitari. Kapan tabarakan akan terjadi, tidak tahu. Apa yang akan terjadi, disana akan terjadi riak gelombang gravitasi sangat kuat.

Kita tahu benda menakutkan itu ada disana, dan kita tidak bisa memalingkan muka. Astronom mendapat gambar langsung bayang lubang hitam. Data berukuran Petabyte data teleskop radio dan proses superkomputer sangat khusus. Bagaimana Black Hole dapat dibedakan oleh materi lain. Peneliti menyebut lubang hitam dapat terbentuk ketika alam semesta mulai terbentuk



Large Magellanic Cloud adalah satelit pendamping galaksi Bima Sakti, menjadi tempat paling terang yang dapat dilihat oleh astronom. Jaraknya 160 ribu tahun cahaya. Bentuknya seperti kumpulan gas dan debu. Di dalamnya terdapat beberapa bintang langka raksasa seperti R136a

Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

2 lubang hitam yang disebut PG 1302-102, adalah keberadaan 2 lubang hitam biner yang saling mengorbit. Jarak keduanya seperti matahari ke pluto. Tetapi dampak gravitasi keduanya terlihat begitu kuat.

Bentuk lubang hitam tidak pernah bisa dilihat, karena dikelilingi oleh cahaya bintang. Tapi peneliti dapat mengetahui bila ada tanda aneh, dan memperkirakan adanya sebuah lubang hitam. Seperti apa bentuknya memang tidak bisa dipastikan. Banyak yang mengatakan sangat besar, mungkin tidak sebesar perkiraan kita.

Miliaran tahun lalu, lubang hitam B3 1715+425 adalah lubang hitam yang ada di tengah galaksi. Tapi anehnya, sekarang dia sendirian dan tidak banyak lagi bintang yang mengelilingi dirinya sendiri. Bahkan terbang begitu cepat sampai kecepatan 3200km perdetik. Ada apa dengan lubang hitam ini.



Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

Update pesawat ruang angkasa Juno menangkap suara di planet Jupiter pada 27 Agustus 2016. Suara di ruang angkasa memiliki frekuensi. Tetapi suara yang di dengar di pesawat ruang angkasa adalah gelombang frekuensi rendah, berbeda dengan suara yang di dengar manusia yang harus melintas melalui media udara. Melewati batas tata surya, masih ada suara yang bisa di dengar oleh pesawat Voyager 1

Tim astronom dengan peralatan BOSS - Baryon Oscillation Spectroscopic Survey memetakan seperempat bagian langit, dengan program Sloan Digital Sky Survey - SDSS III. Menjadi peta paling lengkap yang dibuat dari isi sebagian alam semesta. Mencapai 650 kubik miliar tahun cahaya.

Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole

Black hole atau lubang hitam Swift J1644+57 letaknya 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Baru terditeksi pada tahun 2011 oleh teleskop milik Nasa Swift. Astronom mempelajari gangguan pasang surut lubang hitam tersebut, dan dipublikasikan tahun ini.

100 tahun lalu Einstein menyebut gelombang gravitasi yang sangat kuat akhirnya terbukti. Disebabkan oleh 2 lubang hitam yang saling mengorbit, ledakan supernova atau hal lain. Awalnya masih terbatas teori ketika Einstein mengatakan 2 benda yang sangat besar dapat menimbulkan efek gelombang gravitasi.

Video posisi Lubang Hitam di galaksi Bima Sakti. Teleksop Hubble membuat foto terbaru dari inti galaksi Bima Sakti. Mengungkap disana terdapat sekelompok bintang setidaknya mencapai setengah juta bintang. Dimana inti galaksi terdapat Black Hole raksasa yang tidak terlihat. Ini hanya bagian depan saja.



Susah membayangkan jarak planet ke matahari. Khususnya dengan gambar dan buku. Bagaimana bila jarak antara planet dan matahari di dalam sebuah lapangan bola, termasuk perbandingan besarnya planet ke matahari. Lebih mudah di mengerti , lebih mudah di gambarkan, walau perlu sedikit imajinasi

Tim peneliti Hubble berhasil mengabadikan bintang meledak. Jarak bintang Refsdal berada 10 miliar tahun cahaya. Muncul akibat gangguan gravitasi lensa dari kelompok galaksi di depan MACS J1149.5+2223. Setelah ditunggu selama 3 bulan akhirnya proses ledakan bintang dapat diabadikan dari teleskop ruang angkasa Hubble.

Planet baru yang terlihat oleh tim ESO dapat diperkirkan seperti apa bentuk planet nantinya terbentuk. Awalnya masih sebatas teori, sekarang mulai dibuktikan bahwa planet baru akan menyapu debu dan gas dari sisa bintang dan membuat planet tumbuh menjadi besar.

Daerah komplek bintang Delta Orionis ternyata memiliki bintang yang unik. Disana terdapat 3 bintang berjajar dikenal dengan nama Mintaka. Dapat terlihat ketika malam hari, posisinya berada di sisi barat. Dengan teleskop optik, ketiganya tidak terlihat. Dan hanya tampak dengan teleskop X-Ray Chandra

Proses terjadinya teori Big Bag diperkirakan terjadi pada 13,7 miliar tahun lalu. Big Bang di percaya sebagai awal terbentuknya alam semesta. Mengapa Big Bang masih sebatas teori. Karena manusia tidak bisa melihat apa yang terjadi di masa lalu.


Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.

Ada ada saja rekaan gambar dari Ron Miller. Membuat ilustrasi bila Bumi memiliki ring seperti Saturnus. Cincin di Saturnus adalah debu yang gagal membentuk bulan




No popular articles found.