Science | 20 March 2016

Planet HD 20782b orbit esentrik hampir garis datar


Planet dengan orbit seperti permainan di Dufan

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik.

Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.

Bumi memiliki lingkaran elips, kadang menjauh dan mendekat  ke arah matahari. Tetapi secara rata rata lingkaran orbit bumi hampir membentuk lingkaran. Planet terjauh seperti Pluto memungkinkan planet tersebut memiliki orbit lebih elips dibanding planet berukuran besar lainnya.

Planet HD 20782b disebut memiliki orbit yang menarik
Posisi terjauh mencapai 2,5x jarak matahari ke bumi. Artinya seperti manusia tinggal di planet Mars, bahkan planet akan bergeser lebih jauh lagi.
Posisi terdekat mencapai 0,06x jarak matahari ke bumi, artinya lebih dekat bahkan terlalu dekat dibanding jarak Merkurius ke matahari.

Dapat dibayangkan bila orbit Bumi seperti ini. Pada satu musim akan terasa sangat dingin atau minus, lalu planet mendekati bintang begitu dekat. Mirip seperti tinggal di sebuah komet, kadang menjauh dari matahari tapi mendekat kembali bahkan sangat dekat.

Beruntung manusia tidak akan tinggal di planet tersebut. Planet HD 20782b berada di tata surya HD 20782 yang jarknya 117 tahun cahaya.

Peneliti mempelajari pantulan dari planet HD 20782b, dengan perkiraan ukuran setara planet Jupiter. Planet HD 20782 mampu bertahan dengan atmofernya.

Tim San Francisco State University (SFSU) melihat planet HD 20782a dengan sinyla cahaya yang dipantulkan dari planet tersebut.

Planet HD 20782a orbit esentrik hampir garis lurus



Mengapa orbit planet ini begitu ekstrem. Kemungkinan ketika pembentukan planet, satu planet disana tidak stabil. Dan salah satu planet mendekat menabrak atau saling mendekat dan mendorong lebih keluar sampai menjadi planet HD 20782b.


Artikel Lain

Astronom menemukan bukti pertama, ada 2 calon planet berbagi orbit yang sama. Planet PDS 70b adalah planet raksasa seukuran Jupiter, tapi disekitar lintasan orbit yang sama memungkinkan planet lain terbentuk. Seakan 2 dunia yang berbagi lintasan yang sama.

Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Awalnya planet terlihat cocok untuk manusia. Tetapi penelitian lebih lanjut. Itu adalah Water World.



Teleskop TESS NASA membantu menemukan sebuah planet ekstrasurya yang mungkin mengandung cairan. Satu yang agak luar biasa: planet super-Bumi, saat ini dijuluki GJ 357 d. Posisinya tepat dengan perkiraan orbit planet di tepian area Goldilock, dan mengorbit ke sebuah bintang katai merah. Setahun hanya 30 hari.

Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.

Kemungkinan planet ini memiliki bahan logam di atmosfernya sebagaimana dinilai oleh 'sidik jari' dalam analisa spektrum planet. Masih diteliti apakah ada kandungan air. Planet ini bukan target untuk ditinggali oleh manusia, karena sangat dekat ke bintang induk. Tapi merupakan salah satu planet langka yang dapat terbentuk di tata surya lain.

Galaksi NGC 1316 memiliki bagian inti dengan debu dan gas. Diperkirakan pernah menelan galaksi lain dan membentuk dirinya saat ini. Dengan lubang hitam aktif menjadi sinyal radio paling kuat nomor 4 dan galaksi mengeluarkan sinyal radio 1,4Ghz dari lubang hitam.

Sebuah tata surya dengan bintang 55 Cancri, terdapat sebuah planet yang diketahui seperti tidak berputar. Planet 55 Cancri e masuk kategori super earth, tapi orbitnya lebih parahnya dengan  satu putaran 18 jam. Data tahun 2013 ditemukan kandungan atmofer planet, tetapi tetap saja menjadi planet panas



Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya. 2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti". Tapi peneliti mengatakan kondisinya berbeda dengan Bumi.

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet. Bagaimana bila sebuah planet berisi air saja. Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Sebuah planet ekstrasurya terlihat mengorbit di sebuah bintang katai merah, jaraknya 40 tahun cahaya dari Bumi. Mungkin planet ini menjadi tempat untuk mencari tanda tanda kehidupan diluar tata surya. Ukuran 1,4x dari Bumi, bintang disana berwarna merah.

Badai dengan jutaan petir lebih kuat dari Bumi, menjelaskan mengapa sinyal planet HAT-P-11b tertangkap oleh teleskop ruang angkasa. Di tahun 2009, mengapa planet ini dapat mengeluarkan sinyal radio. Kondisi alam yang membuat sinyal planet bisa ditangkap oleh teleskop di Bumi

Di bintang Kepler 223 ditemukan beberapa planet, menjadikan bintang ini sebagai tata surya langka. Karena posisi planet disana saling menganggu sampai akhirnya bisa saling menyeimbangkan orbitnya Tapi pergerakan planet berhenti setelah keseimbangan baru dicapai oleh orbit 4 planet.

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus. Bila planet ini mengantikan planet Saturnus, cincin planet bisa terlihat jelas di Bumi.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.