Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik.

Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.

Bumi memiliki lingkaran elips, kadang menjauh dan mendekat  ke arah matahari. Tetapi secara rata rata lingkaran orbit bumi hampir membentuk lingkaran. Planet terjauh seperti Pluto memungkinkan planet tersebut memiliki orbit lebih elips dibanding planet berukuran besar lainnya.

Planet HD 20782b disebut memiliki orbit yang menarik
Posisi terjauh mencapai 2,5x jarak matahari ke bumi. Artinya seperti manusia tinggal di planet Mars, bahkan planet akan bergeser lebih jauh lagi.
Posisi terdekat mencapai 0,06x jarak matahari ke bumi, artinya lebih dekat bahkan terlalu dekat dibanding jarak Merkurius ke matahari.

Dapat dibayangkan bila orbit Bumi seperti ini. Pada satu musim akan terasa sangat dingin atau minus, lalu planet mendekati bintang begitu dekat. Mirip seperti tinggal di sebuah komet, kadang menjauh dari matahari tapi mendekat kembali bahkan sangat dekat.

Beruntung manusia tidak akan tinggal di planet tersebut. Planet HD 20782b berada di tata surya HD 20782 yang jarknya 117 tahun cahaya.

Peneliti mempelajari pantulan dari planet HD 20782b, dengan perkiraan ukuran setara planet Jupiter. Planet HD 20782 mampu bertahan dengan atmofernya.

Tim San Francisco State University (SFSU) melihat planet HD 20782a dengan sinyla cahaya yang dipantulkan dari planet tersebut.

Planet HD 20782a orbit esentrik hampir garis lurus



Mengapa orbit planet ini begitu ekstrem. Kemungkinan ketika pembentukan planet, satu planet disana tidak stabil. Dan salah satu planet mendekat menabrak atau saling mendekat dan mendorong lebih keluar sampai menjadi planet HD 20782b.