Tata surya dalam skala sebenarnya jangan salahkan buku untuk melihat Bumi


Science | 19 March 2016

Alam semesta itu luas, bagaimana dengan tata surya kita, bumi, planet dan matahari.

Apakah planet saling berdekatan.

Bisakah anda membayangkan seberapa jauh planet Bumi ke Matahari. Bukan dalam ukuran buku, karena buku adalah lembaran kertas yang sukar kita dibayangkan.

Tapi bisa dibayangkan bila anda melihat skala dalam lapangan bola.

Yah lapangan bola dapat menjadi skala terbaik untuk melihat jarak dari setiap planet. Serta melihat seberapa besar ukuran sebuah planet di banding matahari

Pelajaran tentang astronomi terlalu sederhana bila dilihat dalam buku atau lembaran kertas, bahkan hanya terlihat satu layar monitor bila kita melihat dalam bentuk foto dan gambar.

Gambar seperti dibawah ini bukan tidak mewakili jarak antar planet. Hanya memberikan besarnya ukuran dari masing masing planet.

Bentuk tata surya dalam buku

Mark membuat sebuah video, agar kita bisa mengerti begitu jauhnya jarak planet di tata surya kita saja. Serta ukurannya yang terpenting dimasukan sebagai perbandingan.

Sekarang kita membuat ukuran tata surya kita dengan sebuah lapangan bola.



Disini dapat diberikan gambaran lebih jelas, seperti apa jarak antara matahari dengan planet lain.

Skala disini dibuat dalam satuan Yard atau 0,9 meter. Dan matahari ditempatkan di tepi dekat gawang lapangan sepakbola.

Bentuk skala tata surya bila digambarkan dengan lapangan bola

Setelah menempatkan ukuran jarak, tentu kita perlu membayangkan sebesar apa masing masing planet. Anggap saja matahari itu sebesar ukuran bola sepak.

Bentuk matahari diwakili seukuran bola

Lalu sebesar apa ukuran bumi. Apakah separuh dari matahari, atau seperempat ukuran matahari. Sayang sekali perkiraan itu salah.

Bumi mungkin lebih kecil dari ukuran kepala jarum pentul seperti dbawah ini

Bentuk matahari diwakili seukuran bola dibanding ukuran Bumi

Bulan, tidak lebih dari seukuran batu kerikil, ukurannya sekitar 2,6 Yards atau sekitar 2 meter dalam skala dibawah ini

Bulan terlihat dekat, sayangnya untuk ukuran jarak aslinya sangat jauh

Bentuk matahari diwakili seukuran bola dibanding ukuran Bumi

3 planet dalam dari Merkurius, Venus dan Bumi / Earth akan terlihat seperti dibawah ini. Skala ini dapat memberi gambaran bahwa 3 planet tersebut sangat jauh letaknya dari Matahari dan ukurannya sangat kecil dibanding ukuran matahari.

Ukuran Venus tidak lebih dari pecahan ketumbar atau lada.

Venus relatif memiliki ukuran yang sama seperti Bumi.

Jarak Venus Merkurius Bumi dengan Matahari dalam skala



Mars akan berada di 40 yard / 36m dari matahari. Bentuknya juga tidak jauh dengan ukuran sebuah kerikil di skala ini, dan Mars memiliki ukuran 1/3 dari Bumi.

Jupiter 135 yard dan lebih jauh lagi mencapai 100 meter, artinya skala jarak planet Jupiter sudah keluar dari lapangan bola.

Ukuran skala planet Jupiter dalam skala ini seukuran buah pear atau lebih besar sedikit dari anggur. Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita.

Jarak Mars dan Jupiter ke Matahari dalam skala

Robert si pembuat video ini, harus keluar dari area lapangan bola untuk memberi skala Saturnus, dan harus kembali berjalan kaki kembali untuk mengukur skala Uranus.

Saturnus memiliki skala seperti anggur, untuk skala posisi Saturnus sekitar 2,5 x lapangan bola. Atau 240 meter dari matahari

Uranus lebih jauh mencapai 5x dengan ukuran separuh dari anggur. Mark harus berjalan 5x panjang lapangan bola atau sekitar 450 meter dari posisi bola sebagai matahari

Jarak Saturnus dan Uranus ke Matahari dalam skala

Planet Neptunus, sebagai planet gas paling belakang adalah planet terjauh dalam kategori planet gas, masuk sebagai planet ke 8 dan plane terakhir bila Pluto tidak masuk dalam daftara.

Mark harus berjalan sampai 700 meter, sekitar 8x dari lapangan bola. Sedangkan skala ukuran planet Neptunus relatif sama seperti Uranus.

Jarak Neptunus jarak ke Matahari dalam skala

Lalu di mana Pluto sebagai planet tidak resmi paling jauh di tata surya. Tentu lebih jauh dari jarak Neptunus

Untuk skala dari planet di tata surya (diluar planet Pluto) akan tampak seperti dibawah ini, dengan titik tengah adalah posisi planet dalam sampai planet Mars yang masih berada di dalam lapangan bola

Jarak Neptunus jarak ke Matahari dalam skala

Sejauh ini peneliti dan astronom memperkirakan adanya 1 planet lain. Disebut planet X dengan ukuran lebih besar dari Bumi. Planet berbatu tersebut masih belum terlihat karena jaraknya sangat jauh.

Menjadi pertanyaan, bila teleskop mampu melihat benda begitu jauh seperti galaksi yang jutaan tahun. Mengapa planet yang dekat seperti planet X tidak bisa ditemukan atau dilihat. Sejauh ini planet X adalah teori, dengan perhitungan computer bahwa planet X kemungkinan besar ada.

Hanya belum diketahui dimana keberaan planet X. Masalah menemukan planet X adalah bentuknya yang tidak mudah dilihat, karena planet tersebut belum terlihat karena tidak banyak memantulkan cahaya matahari.

Dimana planet X atau disebut planet 9. Dalam skala yang dibuat Mark, dia harus berjalan kaki sejauh lebih jauh untuk membuat skala dan jarak planet X ke matahari.

Dalam skala ini, planet X mencapai jarak 28km dari posisi bola yang mewakili matahari. Mencari planet X seperti gambar dibawah ini.

Posisi bumi berada pada garis hitam, sedangkan planet X hanya sebesar kepala jarum pentul. Dan planet tersebut besar kemungkinan sangat jauh dan tidak mendapatkan penyinaran cahaya matahari. Serta gangguan cahaya lain dari bintang di galaksi Bima Sakti.

Jarak planet X

Itulah gambaran posisi planet di tata surya kita.

Baik dalam skala ukuran dan jarak, masing masing planet bisa terlihat dekat tapi jarak sebenarnya sangat jauh. Bahkan jarak planet X yang paling jauh akan sangat sulit dilihat oleh teleskop.

Berita terkait
Teleskop Spektr-RG bertugas memindai langit dari cahaya sinar X. Proyek yang sudah tertunda puluhan tahun akhirnya di luncurkan tahun 2019. Disain teleskop ruang angkasa milik Rusia pertama tersebut atas kerjasama antara Rusia dan Jerman. Ukuran dibuat lebih kecil dari disain awal tahun 1990an lalu. Posisi teleskop nantinya berada 1,5 juta km dari Bumi sampai 3 bulan kedepan.

Update dugaan planet X ditemukan, diberi nama VG18, memiliki orbit ekstrem dan masuk dengan orbit Trans Neptunus. Planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total tidak jelas ada berapa planet yang mengorbit ke di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet.



Ketika berbicara antariksa, gambar bintang, galaksi tentu diabadikan oleh teleskop. Salah satu tempat observasi paling berjasa di dunia astronomi adalah VLT / Very Large Telescope. Pengamatan VLT tidak hanya melihat galaksi yang jauh. Tapi benda yang ada disekitar galaksi kita sampai bintang.

Tata surya Trappist terlihat ada 7 planet. Tapi hanya 3 planet berada di zona habitat. Apakah bintang yang lebih kecil membuat planet layak huni. Peneliti mengatakan itu hanya salah satu faktor, update jarak antar planet.

Seberapa luas alam semesta ini. Angka perkiraan 250x lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Berapa luas alam semesta tepatnya. Manusia saat ini hanya mampu melihat terjauh 46 miliar tahun cahaya dari titik awal alam semesta. Lebar alam semesta diperkirakan mencapai 92 miliar tahun cahaya dengan teknologi saat ini.

Spektrograf adalah instrumen untuk memisahkan cahaya dengan berbagai panjang gelombang. ESO membawa teknologi instrumen yang disebut Espresso untuk berburu planet berbatu seukuran bumi. Membutuhkan 4 teleskop berkerja bersamaan

Perubahan musim ditandai dengan Equinox, tepatnya pada tanggal 21 Maret dan 21 September. Di negara dengan 4 musim akan mengalami waktu musim transisi. Dan di seluruh dunia akan mengalami waktu yang sama antara waktu siang dan malam



Rasi bintang sudah ada sejak 6000 tahun lalu. Membantu memberi petunjuk melihat benda di ruang angkasa.Rasi bintang pertama dikenal dengan 12 rasi bintang. Tapi secara lengkap rasi bintang berjumlah 88. Big Dipper tidak akan terlihat sama posisinya 45.000 tahun di masa mendatang.

2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil. Galaksi dengan nomor  NGC 1510 dan NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, tapi keduanya seperti pertarungan di ruang angkasa. Pastinya galaksi kecil akan ditelan oleh galksi lebih besar.

Pertanyaan alam semesta yang sukar dijawab. Apakah alam semesta itu memiliki alam semesta paralel, apakah akan terus mengembang dan tidak bertemu lagi. Apakah multiverse itu ada, salah satu jejak diperkirakan ditemukan. Teori baru alam semesta berada di gelembung ekstra dimensi

Sebuah bintang terlihat sedang membentuk akresi disk, dimana bentuk seperti ini nantinya menjadi sebuah tata surya lengkap dengan planet dan mataharinya yang baru.

Tata surya Elias 2-27 disana terdapat bintang seukuran separuh matahari kita. Terlihat sedang membentuk planet yang nantinya akan menjadi sebuah tata surya lengkap. Tapi bentuk lingkaran yang terlihat memiliki letak sangat jauh bahkan planet yang muncul mencapai 2-3 kali lebih jauh dari Pluto

Tata surya AR Scorpii atau disingkat AR Sco berada di rasi bintang konstelasi Scorpius. Satu adalah bintang katai putih atau bintang yang sudah mati tapi masih menyala. Memiliki ukuran seperti Bumi, hanya saja memiliki kepadatan 200 ribu kali massanya dari Bumi. Jadi bintang yang berada ditengah berukuran lebih kecil tapi sangat padat.

Setiap peningkatan sinyal yang tertangkap dari elemen Neutrino dipastikan telah terditeksi adanya kegiatan dari lubang hitam atau supernova besar. Neutrino yang tertangkap oleh teleskop IceCube secara umum adalah aktivititas sangat besar di ruang angkasa.



Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.

Gambar dalam pelajaran astronomi belum memberikan skala sebenarnya. Planet terlihat besar tapi dalam skala sebenarnya planet adalah ukuran mikroskopik. Bagaimana melihat tata surya kita dalam skala jarak dan ukuran aslinya. Diceritakan oleh sebuah video To Scale The Solar System

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.

Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi




No popular articles found.