Thomas Klemmer ini seorang astrofotografi. Dia berhasil mengabadikan stasiun ISS, kali ini gambarnya luar biasa, dan satu foto yang dibuat hari Senin kemarin membuat fotografer lain akan geleng kepala.

Thomas memiliki keahlian dalam bidang astronomi, dan dia berhasil mengabadikan stasiun ISS tepat sedang melintas dan gambarnya sangat jelas dibanding kalangan amatir.

Stasiun ISS yang berada di ruang angkasa berhasil diabadikan lengkap, termasuk lebar panel solar cell dapat terlihat dari fotonya.

Membuat foto stasiun ISS sangat menantang bagi kalangan fotografi. Stasiun ISS terus bergerak mengitari bumi setiap 1 jam sekali. Masalahnya stasiun ruang angkasa tersebut bergerak sangat cepat, dan tidak setiap hari melintas di atas kepala kita.

Thomas yang tinggal di Jerman menghabiskan dana $2.700 untuk peralatan. Mengunakan teleskop Celetron, mata, waktu dan peralatan harus sinkron. Stasiun ISS hanya dapat dilihat dengan mata telanjang ketika menjelang pagi atau selepas malam. Dan terlihat seperti cahaya bintang tapi bergerak selama 5 menit dan menghilang kembali.

Kebanyakan astrofotografi mengunakan peralatan untuk mengikuti gerakan stasiun ISS di atas langit. Untuk menyesuaikan rotasi bumi dan arah lintasan ISS agar sejajar dengan arah teleskop / camera.

Hasilnya dibawah ini

Foto stasiun ISS di foto dari Bumi dengan teleskop