Pesawat jet F18 Hornet suara lain yang tidak pernah terlihat


Stuff | 14 March 2016

Ada suara di dalam pesawat yang tidak kelihatan orangnya, suara tersebut dipastikan ada di setiap pesawat jet tempur Hornet F A-18 Hornet atau F-18.

Suara peringatan di cockpit pesawat, suaranya memberi peringatan mengerikan direkam dari suara Betty yang dikenal dengan julukan The Bee.

Betty memiliki nama asli Leslie Shook, dia bekerja di perusahaan pembuat pesawat Boeing selama 20 tahun.

Dari manis pahitnya disana, sampai suara yang selalu di dengar oleh pilot jet pesawat tempur F-18. Peringatan yang diberikan adalah penyelamat bagi pilot.

Pesawat F18 Hornet suara krew tidak pernah terlihat

Suara peringatan secara lisan di pesawat sudah lama ada dalam beberapa dekake. Sebelumnya beberapa peringatan ditambahkan dengan lampu peringatan awal di pesawat tua.

Dengan peringatan suara, pilot dapat mengetahui langsung apa yang terjadi dibanding melihat peralatan instrumen di pesawat.

Namun tidak semua suara dibuat seperti wanita. Satu lagi pengisi suara adalah Barking Bob, suaranya dapat di dengar untuk pesawat Airbus komersil.

Mengapa suara dibutuhkan pada pesawat komersil, khususnya untuk pesawat jet tempur. Ketika pilot melakukan manuver berbahaya atau posisi terbang yang tidak biasa.

Mata pilot tidak terfokus pada peralatan peringatan. Membuat sistem persenjataan, manuver pesawat dapat menjaga pilot dan co-pilot ketika mereka hanya melihat di sekeliling jendela atau instrumen taktis di tangan. Disini suara lebih dibutuhkan dibanding lampu indikator.



Ibu Betty sudah pensiun, tapi suaranya mungkin masih terdengar di setiap pesawat tempur F-18 Hornet


Berita terkait
Pesawat Jet F-35 Lightning II dengan teknologi pesawat siluman. Pesawat F-35 tidak dibuat dengan satu model tapi beberapa varian, terdiri dari F-35A, F-35B dan F-35C. Ketiga jenis pesawat memiliki kemampuan berbeda beda, walau 80% disain yang sama. 20% lainnya ada di bagian teknologi, dan unit pasukan yang mengunakan. Hanya satu model pesawat dirancang dengan kemampuan mengambang di udara.

Nama pesawat jet bomber jarak jauh H-20 sangat dikenal. Tapi tidak pernah dilihat sebelumnya. Sampai terlihat dan ada kemajuan besar dalam pengembangan jet pembom strategis jarak jauh ini. Salah satu disain terlihat memiliki sayap seperti jet siluman. Memungkinan pesawat tidak dapat terditeksi oleh radar.



Pesawat tempur F 16 disebut Fighting Falcon, tapi pilot lebih memilih nama Viper. Pesawat ini relatif murah tapi lincah dalam pertempuran. Keunikan pada bagian jendela  pilot bisa melihat seluruh sudut sampai 360 derajat. Digunakan di Suriah dengan taktik Wild Weasel

Hanya 4 negara memiliki pesawat legenedaris ini. Mirip F-14 Tom Cat, Amerika memiliki 250 pesawat dan tidak pernah di jatuhkan dalam pertempuran udara. Jepang merubah dengan nama Mitsubish. Memiliki kekalahan nyaris 0 dalam pertempuran udara.

Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Pesawat B-21 adalah pesawat pembom strategis, memiliki bentuk pesawat pembom siluman seperti B-2 Spirit. Tapi memiliki multi fungsi untuk pertempuran modern, seperti pusat kendali drone, pengambil data intelijen tempur dan pesawat pencegat.

Badai Hermine melanda daerah Virginia Amerika. Disana terdapat pesawat jet tempur F-22 Raptor. Pangkalan angkatan udara Amerika tahu, ini akan menjadi masalah. Bagaimana memindahkan dan mengamankan 13 pesawat



Di pesawat komersial, setiap jendela akan terlihat satu titik lubang kecil.  Mungkin kita bertanya untuk apa lubang kecil di jendela pesawat. Fungsi lubang kecil tersebut untuk menyamai tekanan udara antara urang kabin dan jendela atau bagian panel luar dari kabin pesawat.

Pesawat Stratotanker tipe KC-135 adalah pesawat pengisian bahan bakar di udara. Kali ini dibariskan sampai 11 pesawat, dan foto diambil di landasan udara militer Kadena Jepang.

Pesawat komersil Boeing 787-9 Dreamliner sedang bermanuver. Terbang menanjak, lalu berbelok. Kembali berputar dan mendarat lalu terbang kembali. Pesawat ini menjadi saingan Airbus. Ini bukan CGI, video asli

Pesawat F16 dari Turki mendarat sangat dekat dengan penonton yang berada di ujung landasan. Pesawat landing di acara Waddington Airshow. Asli bikin kaget penonton yang ada di ujung sana.




No popular articles found.