Bintang IRAS 08544-4431 meledak jauhnya 4000 tahun cahaya


Kategori : Science | Date : 11 March 2016
Sebuah tata surya , disana terdapat 2 bintang. Satu bintang dengan nama IRAS 08544-4431 akhirnya meledak dan tamat riwayatnya.
Bila satu bintang meledak, maka tata surya sebuah bintang termasuk planet akan tamat.

Tetapi peneliti dari tim ESO badan antariksa Eropa menemukan sesuatu yang aneh, karena disana adalah bintang kembar. Disana adalah variabel star atau bintang variabel tipe RV Tau.

Bintang IRAS 08544-4431 letaknya 4000 tahun cahaya dari Bumi. Berada di konstelasi Veia. Bintang IRAS 08544-4431 memiliki bintang pendamping, dan satu bintang berusia lebih muda (masih menyala)

Gambar dibawah ini adalah gambar dari bekas ledakan IRAS 08544-4431 yang paling tajam. Diketuai oleh astronomi Michel Hillen dan Hans Van Winckle dari universitas Sterrenkunde Belgia. Kedua astronom mengunakan teleskop VLT yang berada di Chile. Mereka mengunakan perangkat presisi interferometer atau disingkat RAPID detector. Membuat tim ini dapat menghilangkan gambar disekitar benda tersebut.

Dibanding dengan teleskop lain untuk kombinasi gambar, tim dari universitas Exeterin Inggris mengatakan gambar dibawah ini setara dengan teleskop ukuran 150 meter. Setara teleskop dengan kemampuan melihat sebuah koin dalam jarak 2000km. Akhirnya ledakan bintang IRAS 08544-4431 dapat dibuat sangat detil.

Ini yang menarik dari sebuah foto dengan lingkaran merah. Pada bagian tepi terdapat gas nebula dari sisa bintang IRAS 08544-4431. Terlihat ditengah lingkaran masih ada satu bintang kembarannya yang masih hidup.

Terlihat dari gambar dibawah di keliling lingkaran adalah hasil ledakan bintang, sedangkan di tengah adalah bintang lebih muda yang tetap bertahan

Bintang IRAS 08544-4431 meledak jauhnya 4000 tahun cahaya

Puing di sekitar bintang yang usianya muda untuk kita memahami bagaimana planet terbentuk. Tetapi di bintang yang lebih tua seperti bintang ini, apakah dapat membentuk planet baru, dimana satu bintang yang lebih muda sebagai bintang kembar mengantikan posisi bintang yang lebih dahulu hancur.

Foto diatas mengambarkan siklus dari bintang kembar dapat seperti ini memungkinkan terbentuknya planet baru generasi kedua dari sisa puing bintang yang lebih tua.


Apakah benar tata surya disana akan terbentuk dengan satu bintang dan protoplanet lain, butuh jutaan tahun lagi untuk membuktikan.


Berita terkait
Sekarang menambahkan dua lagi planet baru ke dalam daftar exoplanet yang berpotensi layak huni. Para astronom telah melihat sepasang planet yang mengorbit Bintang Teegarden. Seperti apa melihat matatari di Teegarden bila tinggal disana

Tata surya kita sangat stabil, juga isi galaksi kita. Seluruh benda mengorbit ke tengah galaksi,a. Apakah semuanya memang seperti perkiraan kita. Peneliti mengatakan bintang Velocoty bukan dari galaksi Bima Sakti. 2018 mereka bukan dari galaksi kita, tapi mungkin mereka datang dari galaksi lain.



Di tahun 2012 teleskop VLT akhirnya terdokumentasi dengan baik. Dan bintang terbesar di galaksi kita yang pernah ditemukan dan diukur adalah bintang UY Scuti.  Mengalahkan rekor ukuran bintang Betelgeuse, VY Canis Majoris dan NML Cygni, yang ukurannya juga sangat besar.

Cluster 47 Tucanae adalah tempat di galaksi kita dengan kelompok bintang sangat padat. Tidak itu saja, disana terdapat sebuah lubang hitam berukuran 2.000x massa matahari. Mengapa lubang hitam tersebut baru diketahui dan diteliti saat ini.

Bintang HIP68468 memiliki usia 6 miliar tahun, dan jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi. Praktis bintang ini seperti kembaran matahari. Tapi bintang ini telah memakan planet yang ada di dekatnya, setidaknya 1 atau bahkan 2 planet yang mengorbit sangat dekat ke bintang.

KIC 11145123 atau bintang Kepler 11145123 letaknya 5000 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan oleh tim astronom Max Planck Laurent Gizon untuk penelitian universitas Gottigen Jerman.  Mereka mengukur seberapa bulat bintang tersebut.

Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.



StarChip dan Starshot, pesawat berukuran sangat kecil tersebut memiliki instrumen lengkap. Bila pesawat berangkat 20 tahun nanti, berita tata surya disana baru sampai ke Bumi setelah tahun 2060. Hawking mengatakan, Bumi adalah tempat terindah, tetapi mungkin tidak selamanya ada

Beatriz Villarroel mencari sebuah bintang dari data USNO-B1.0 yang mendadak hilang. Lenyap dari 290.000 sumber bintang yang diteliti dan menghilang begitu saja tanpa jejak. Mengapa yang satu ini menghilang. Sampai Beatriz mengatakan jangan jangan ini ulah alien

Tim peneliti Hubble berhasil mengabadikan bintang meledak. Jarak bintang Refsdal berada 10 miliar tahun cahaya. Muncul akibat gangguan gravitasi lensa dari kelompok galaksi di depan MACS J1149.5+2223. Setelah ditunggu selama 3 bulan akhirnya proses ledakan bintang dapat diabadikan dari teleskop ruang angkasa Hubble.

Tata surya Wolf 1061 tidak jauh dari Bumi, hanya 14 tahun cahaya saja. Dekat dengan tata surya Gliese 667cc yang jaraknya 22 tahun cahaya dari Bumi. Mengunakan sensor HARPS spectrograph yang dipasang di teleskop ESO 3,6 meter di La Silla di Chile. Tim UNSW Australia  mengunakan teknik baru untuk menemukan planet.

Bertahun tahun bintang Polaris atau Bintang Utara dijadikan panduan, khususnya dunia pelayaran. Termasuk astrografer atau fotografer bintang yang ingin membuat trail dari lintasan bintang yang melingkar. Setelah dihitung ulang, bintang Polaris lebih dekat 100 tahun cahaya. Abad ini posisi berada tepat diatas, 14000 tahun lagi akan turun dibawah

Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.

Bila matahari digantikan oleh bintang lain, yang mungkin bintang dengan ukuran lebih kecil. Apa yang tampak dari bumi. Gambar pertama kiri adalah matahari yang dilihat setiap hari. Matahari masuk sebagai bintang kelas G atau tingkat 1MO, bila bintang lebih kecil menganti posisi matahari apa yang terlihat



Bintang US 708 keluar dengan kecepatan hypervolocity, mencapai 12 ribu km perjam dan posisi keluar dari galaksi Bima Sakti. Menjadi bintang dengan pergerakan paling cepat yang pernah ditemukan. Umumnya bintang yang terlempar ada di tengah galaks




No popular articles found.