Kalau ditanya, apa kita sudah mengunakan teknologi terkini. Wireless charger sudah setahun digembar gemborkan, cukup meletakan smartphone ke sebuah alat. Dan baterai akan diisi tanpa terhubung ke kabel adaptor lagi. Kalau ditanya ke masyakarat, ada yang mengunakan teknologi ini. Dijawab 0

Teknologi camcorder di kendaraan. Di Rusia peralatan Dash Cam bagaikan alat ampuh merekam kejadian kecelakaan. Berguna untuk mengklaim ke pihak asuransi. Baru baru ini alat perekam Dash Cam merekam sebuah pesawat jatuh yang menghantam jembatan, tepat di depan arah kendaraan. Padahal Dash Cam hanyalah alat recording video dengan resolusi rendah, tetapi sangat berguna bagi pemilik kendaraan. Bahkan dapat merekam kejadian tidak biasa. Teknologi lama, murah tetapi tetap berguna.

Sistem pembayaraan saat ini sudah canggih. Teknologi NFC chip atau teknologi encrypt banyak dipublikasikan. Siapa yang memakai, apakah sudah menjadi barang umum. Rasanya belum Sementara di Afrika ada yang disebut M Pesa di Kenya artinya Mobile Money. Tidak secanggih rancangan pembayaran Amerika atau Eropa, masih mengunakan ponsel biasa. Sistem pembayaran dilakukan dengan SMS, tanpa biaya mahal dengan alat smartphone. Pemilik M Pesa bahkan bisa menarik dan menyimpan dananya, bahkan bisa mentranfer. Hebatnya lagi, pemilik ponsel tidak memerlukan akun bank loh. Katanya bank itu yah telepon saya.

Seperti itulah teknologi. Terkadang masyarakat melihat teknologi maju adalah alat yang harus dimiliki. Padahal dengan peralatan yang ada sekarang sudah lebih dari cukup.