Singapura mobil listrik dikenakan denda


Green | 11 March 2016

Membeli mobil listrik Tesla di Amerika, pemilik akan mendapat subsidi dari pemerintah. Di China, sempat diberikan diberikan plat nomor kendaraan gratis bagi pemilik mobil listrik. Sedangkan di Perancis, negara ini sudah gerah dengan polusi. Dan memberikan insentif bagi pemilik kendaraan tua untuk menganti kendaraan listrik atau hibrida dengan potongan pajak

Namun di Singapura berbeda, alih alih diberikan subsidi tapi pemiliknya malah kena denda.

Joe Nguyen beberapa bulan lalu membeli mobil Tesla, melalui dealer di Hong Kong dan mobil dikirim ke Singapura.

Nguyen berharap mendapatkan potongan sekitar $11.000 untuk kendaraan tanpa knalpot tersebut. Karena kendaraan listrik tentu tidak memiliki gas buang.

Apa yang terjadi, dia malah dikenakan denda biaya emisi sebesar $11.000 atau sekitar S$15.000 oleh aturan nasional kendaran Singapura - CEVS.

Juru bicara transportasi Singapura LTA mengatakan ke media NewAsia, bahwa mobil Tesla S diuji oleh komisi ekonomi PBB untuk badan Eropa UNECE dengan standar R101. Test menunjukan kendaraan tersebut memerlukan power 444 Wh perKM.

Singapura mobil listrik dikenakan denda

Bila kendaraan listrik di isi dengan charger listrik di rumah, artinya ikut menyumbang emisi karbon. Angkanya 0,5g CO2 /Wh. Kendaraan Tesla S memiliki emisi 222g / km, hal itu yang ditambahkan oleh CEVS.

Pihak Tesla memberi komentar. Tesla mengatakan mobil mereka mengkonsumsi listrik 181Wh per KM. Tesla mengatakan kendaraan tersebut menjadi mobil terbersih di Singapura. Seharusnya pemilik Tesla seperti Nguyen harus mendapatkan subsidi, bukan denda atau dikenakan tarif tambahan.

Gas buang kendaraan bermotor memiliki gas buang CO2 lebih tinggi dibanding mobil listrik.
Pembangkit listrik di Singapura menghasilkan gas emisi 0,5kg CO2 /kWh.


Mobil listrik Tesla memerluakn power 181 Wh per KM.
Mobil Mercedez S-Class S 500 menghasilkan emisi 200g CO2 / KM. Belum urusan biaya ektrak dari pembuatan BBM dari minyak mentah, biaya polusi untuk distribusi, proses penyulingan. Dapat ditambahkan 25% dari total emisi kendaraan bermotor.

Mobil listrik Tesla S hanya menghasilkan 1/3 gas emisi lebih rendah dibanding mobil dengan BBM. Selain itu, Singapura sudah mengunakan energi dari pembangkit matahari dan angin, tentu emisi kendaraan listrik menjadi lebih rendah dari tahun ke tahun.

Itu baru urusan mobil listrik yang bikin pusing masyarakat Singapura. Ada lagi dengan aturan sepeda listrik.

Berdasarkan aturan LTA, sepeda listrik tidak boleh melewati berat 20kg.Pengemudi hanya dijinkan memberik tumpangan sebagai penumpang dibawah 16 tahun. Sistem power harus terhubung dengan pedal. Harus memenuhi standar EN15194. Kecepatan maksimum hanya 25km perjam dan sistem sirkuit harus semakin lambat bila kecepatan mendekati 25km atau motor harus off bila pedal berhenti bergerak. Power maksimum 250W. Bila melanggar akan dikenakan denda S$300. Bila mengulangi pelanggaran akan dibawa ke meja hijau.
Aturan lain seperti pengendara harus memberi tanda dengan tangan untuk berhenti, memperlambat, berbelok. Dan beberapa aturan lainnya.

Yang dipertentangkan adalah aturan lucu, sepeda listrik harus memiliki bobot maksimum 20kg. Rata rata sepeda listrik memiliki berat diatas 20kg sampai maksimum 30kg. Karena sepeda listrik memerlukan rangka lebih kuat untuk menopang pengendara yang lebih berat.

Jangan berharap memiliki sepeda listrik yang bisa ngebut di Singapura.

Coba di Indonesia, jangankan sepeda, motor dan Baja saja....


Berita terkait
Dendrobium Vanda sebuah mobil listrik mampu melaju 100km perjam dalam waktu 2,6 detik. Memiliki kekuatan mesin listrik 1500 tenaga kuda, 4000nm torque. Setara kekuatan mesin Veyron Hypercar. Mobil Dendrobium Vanda masih tahap pengembangan dan dibuat perusahaan Dendrobium asal Singapura.

Fosfor adalah elemen penting untuk tanaman. Merupakan nutrisi yang dipakai pada produksi pertanian, tetapi bahan tersebut tidak bisa tergantikan. Petani telah lama tergantung dengan fosfor, dan kebutuhan bahan ini terus meningkat.



Kota Texas malah kelebihan listrik, karena disana memiliki instalasi listrik tenaga angin. Dibanding kota lain, Texas memiliki pembangkit listrik tenaga angin lebih banyak. Apa yang dilakukan dengan surplus listrik disana. Perusahaan listrik memberikan listrik Gratis.

Motor listrik buatan pabrik Tesla, kabarnya merancang motor sport listrik dengan kekuatan mesin 204 PS. Masih tahap konsep, setidaknya ada 4 mode ketika mengendarai motor ini dengan  Race, Cruise, Standar dan satu lagi vesi Eco.




No popular articles found.