Fotografer Matt berbagi cerita bagaimana membeli camera BM atau Grey Market.

Maksudnya beli putus Nikon D750 dan bukan camera dengan garansi resmi yang dijual oleh dealer resmi.

Dia mengatakan camera Nikonnya sangat kuat,  mampu menolak mati sampai 250 ribu kali jepret.

Suatu hari ketika membuat foto landscape, cameranya jatuh. Agak bonyok dibagian bodi. Tetapi keseluruhan unit camera masih bekerja.

Camera Grey Market akan ditolak distributor resmi Amerika

Cerita diawali oleh dealer Nikon dan Canon. Dealer resmi Canon di Amerika masih mau memperbaiki camera BM. Asalkan anda bersedia membayar.
Nikon berbeda dan sangat ketat, mereka menolak sama sekali memperbaiki produk Grey Market walau anda berani membayar.

Nikon USA hanya memiliki 2 layanan servis di tempat Matt, satu di Los Angeles dan satu di daerah pantai timur walau percuma keduanya menolak untuk memperbaiki barang BM. Tetapi ada banyak tempat servis tidak resmi walau jaraknya lebih jauh.

Matt akhirnya mendapatkan satu tempat dimana dia meminta servis bodi camera D750. Matt awalnya mengatakan mengapa harus membayar lebih, toh barang BM juga baik. Lagian berapa banyak orang yang menjatuhkan cameranya sampai bonyok (seperti Matt miliki). Tapi itu pikiran dia.

Setelah dia datang ke salah satu tempat servis. Disana dikatakan bisa memperbaiki, tapi tetap dikirim ke servis center Nikon. Alasannya tidak ada teknisi yang terlatih untuk model cameranya.

Tidak sampai disana, Matt masih berusaha mencari informasi di internet. Lagi lagi tidak menemukan jawaban. Dia mencoba mencari satu tempat servis lain. Katanya berbeda lagi, teknisinya hanya menangani beberapa model camera yang bukan dimiliki oleh Matt. Di toko lain sama saja, bahkan lebih tegas mereka malah hanya menerika servis camera yang resmi tapi dikirim kembali ke servis resmi Nikon. Bila camera tidak terdaftar, pihak service center akan mengirim balik.

Keluhan Matt mungkin beralasan. Mengapa Nikon USA tidak mau menerima servis camera Grey Market, seharusnya mereka mengumumkan dengan jelas 100% menolak untuk memperbaiki camera yang bukan di jual oleh Nikon USA. Mengingat pengumuman Nikon USA baru keluar setelah Matt memiliki camera yang bukan garansi resmi.

Tapi itu hanya protes Matt. Pada akhirnya Matt berpesan, awalnya hanya menghemat beberapa ratus dollar. Kenyataan di masa mendatang pembeli akan kesulitan sendiri bila membeli barang tanpa garansi resmi. Pikirkan dua kali sebelum membeli produk dari Grey Market, bila rusak mereka memiliki hak untuk menolak memperbaiki.

Update Mei 2016
Nikon USA telah menambahkan untuk memperbaiki camera Nikon tipe D7100, D610, D800, D810 dan D4s, yang dibeli di luar Amerika untuk di servis di servis center di Amerika atau servis center yang telah ditunjuk oleh Nikon.

Bagaimana dengan servis di Indonesia, karena barang BM juga hadir di Indonesia. Perlu kita ketahui, dealer resmi atau dealer yang ditunjuk melakukan pelatihan kepada teknisi mereka untuk camera. Dealer resmi harus menyediakan stok dari komponen camera. Dan biaya tersebut dimasukan ketika seorang membeli camera resmi. Sehingga camera yang dibeli sudah termasuk penyediaan komponen bila camera masih dalam masa garansi. Membuat harga camera resmi selalu lebih mahal dari camera BM.

Hal lain adalah camera yang dicuri dari satu negara, dan dijual ke negara lain. Mungkin menjadi dasar kebijaksanaan produsen camera untuk menjaga produk mereka digunakan oleh pemiliknya.

Bila tertarik membeli camera, cobalah tanyakan ke dealer resmi di Indonesia. Apakah mereka mau memperbaiki camera yang rusak. Dan tanyakan berapa perbedaan biaya servis antara barang BM dengan produk garansi resmi. Jadi kita tahu, berapa biaya yang harus dihemat sekarang dan biaya di kemudian hari.