Membeli lensa dengan merek sama, atau berbeda merek


Kategori : Product | Date : 6 January 2013

Ingin membeli lensa untuk camera DSLR, tunggu dulu. Pengalaman dari Joson bisa menjadi saran yang baik.

Bila harus mengambil keputusan antara, membeli lensa dari merek tabg sama, atau membeli lensa berbeda merek dengan merek camera. Ada beberapa saran dari Joson D, seorang photographer. Bagaimana bila Nikon mengunakan lensa Tamron, Tokina atau Sigma, atau lebih baik mengunakan Nikon dengan lensa Nikon.

Lensa asli dari pabrik camera

Keuntungan

  • Kekuatan dan kualitas yang di uji oleh pabrik sesuai camera mereka.
  • Fitur sudah pasti sama dengan kebutuhan camera yang mereka buat.
  • Kompatibel.
  • Produk camera dengan lensa yang sama, tidak pernah error atau malfunction.

Kekurangan

  • Mahal

 

Mengunakan lensa berbeda dari merek camera (misalnya Canon camera dengan lensa Tamron)

Keuntungan

  • Relatif lebih murah. Alasannya pabrikan lensa tidak memiliki biaya iklan yang besar.
  • Menjadi pilihan bila merek camera tidak memiliki lensa yang dibutuhkan, dan hanya tersedia dari merek lain

Kekurangan

  • Terkadang masalah pada kualitas, bodi plastik yang lebih rendah
  • Fitur teknologi masih tertinggal dibanding lensa asli. Seperti Canon sudah mengunakan USM, sementara lensa kompatibel baru keluar dengan teknologi yang mirip.
  • Lensa non pabrikan camera, terkadang baik disatu sisi. Tetapi kurang disisi lain

Tidak semua lensa non produsen camera kurang baik. Contoh Tamron 17-50mm memiliki kualitas gambar sangat baik. Jangan terburu buru melihat lensa murah dan membeli bila tidak ada kebutuhan untuk pemakaian tertentu. Bila harga tidak banyak berbeda, sebaiknya memilih lensa dengan merek camera yang sama. Kecuali beberapa lensa khusus yang dibuat pabrikan papan atas seperti Carl Zeis, biasanya memiliki fitur yang tidak bisa di dapat oleh lensa asli bahkan tidak tersedia.

Saran lain adalah menanyakan kepada mereka yang sudah pernah memakai, mencari informasi dari sumber berbeda dan melihat hasil foto dari lensa tersebut melalui situs penyimpan gambar seperti Flikr. Disana banyak sekali hasil foto dan bisa mencari data jenis camera dan lensa yang dipakai.


Berita terkait
Hasselblad  X1D II 50C disain camera dengan sensor besar medium format. Memiliki ukuran 43.8 x 32.9 mm, kKemampuan sensor sampai 50MP. Memiliki fitur Hasselblad  Natural Colour Solution. Dengan 14 stop dari dynamic range, dapat mengabadikan foto dengan warna 16 bit RAW atau Full resolusion JPG.

Apa kata penting tentang fotographer. Lensa atau bodi camera, pastinya lensa. Bodi camera akan usang dalam 3-5 tahun. Apakah lensa kit yang diberikan ketika membeli camera DSLR kurang berkualitas, karena harganya memang murah.



Satu video memberikan pelajaran tentang lensa Nikon atau Nikkor. Dampak dari pelapis Fluorine di lensa, dan seberapa efektif lapisan fluor di lensa mereka. Permukaan lensa lebih terlindung dari air dan noda.

Dunia fotografi terkadang banyak marketing, lensa murah dibuat dari plastik katanya tidak sebaik lensa mahal dengan bodi metal. Kata marketingnya, lensa tahan cuaca atau kualitas konstruksi untuk profesional. Apa benar seperti itu.

Membeli camera dengan lensa kit, atau langsung naik kelas ke tele zoom. Ada yang mengatakan sebaiknya belajar dari Kit lens, tapi menurut JP Morgan langsung membeli lensa sesuai kebutuhan.

Tapi tidak ada viewfinder digital, karena LCD ketika itu sangat mahal. Bidang gambar tetap harus dilihat di jendela kecil. Kemajuan di camera digital tahun 2000an sudah menempatkan autofokus, walau lambat tapi sangat membantu.

Metabones Speed Booster adapter sebuah perangkat adapter dilengkapi sebuah lensa di dalamnya. Bukan adapter biasa, tetapi membantu lensa utama menjadi lebih tajam, dan lebih lebar mengambil objek. Tetapi Speed Booster menurunkan focal pada gambar yang tertangkap oleh lensa dengan x0.71.



Tripod camera Induro 75mm Hi-Hat - LFB75 sebuah alat untuk dudukan camera kecil. Memiliki berat 1.5kg dan dapat menahan beban camera sampai 70kg. Bahan mengunakan aluminium, tetapi bentuknya yang kecil dan mudah dibawah.

Bayangkan saja, sebuah kamera dengan sensor Full Frame tetapi body camera yang kecil. Peluncuran Nikon D600 awalnya menargetkan pasar camera di kelas $2.000. Mendadak di eBay muncul hanya $1.700. Di Indonesia harga camera relatif lebih murah

Tidak salah Lensa canon 85mm 1.2. Lensa besar. Harga lensa Canon EF 85mm f1.2L II USM sekitar $1.700. Kecil tapi sangat mantap untuk foto close up.

JVC GC-PX100 di pameran CES 2013 menampilkan camera untuk fast moving atau camera action cam. High bit rate progresssive recording untuk video Full HD dan HD Slow motion.  Mampu merekam dengan kecepatan 1920x1080 / 60p video dengan resolusi 36Mbps.

Nikon keluarkan 2 lensa baru untuk CSC. 1 NIKKOR VR 6.7-13mm f/3.5-5.6 dan 1 NIKKOR VR 10-100mm f/4-5.6. Kedua lensa baru tersebut untuk camera Nikon J2 dan J3.

Fujifilm kembali keluarkan camera kelas high end compact camera. Fujifilm X100s adalah update dari X100. Fuji mengatakan X100s memiliki fitur autofkus paling cepat. Hanya 0.08 detik dibanding camera sekelas APS-C atau sekelas pocket camera.




No popular articles found.