Timelapse Shanghai Tower dimulai 4 tahun foto konstruksi sampai selesai


Digital | 5 March 2016

Joe Nafis asal California dan dia tinggal di China. Mengabungkan teknik Timelapse, Hyperlapse dan Drone

Membuat foto Shanghai Tower dengan tinggi 632 meter yang dibangun 6 tahun dalam video Timelapse. Memiliki 9 daerah vertikal, dibawahnya terdapat mall, salah satu elevator yang langsung menuju ke lantai di ketinggian 580 meter.

Di daerah bisnis ini tidak hanya Shanghai Tower di kota Shanghai, salah satunya Aurora Plaza dengan ketinggian 180 meter.

Gedung tertinggi kedua di dunia saat ini akhirnya selesai. Tetapi Nafis sudah ada disana setelah tower tersebut mulai dibangun tahun 2009

Diawali dari konstruksi lubang pondasi gedung. Ribuan pekerja yang menyelesaikan gedung. Dan dia mulai mendokumentasikan pembangunan Shanghai Tower.

Selama proses foto, di tahun 2011 posisi gedung sempat terhalang gedung Aurora Plaza yang tingginya mencapai 185 meter. Dan Nafis harus pindah ke tempat lain untuk membuat foto.

8TB foto, lebih dari 1000 jam untuk membuat satu foto ini. Katanya, fotonya mencapai ratusan ribu selama proses pembuatan foto Timelapse.


Timelapse Shanghai Tower Timelapse 2009

The Shanghai Tower | ?????? from Joe Nafis on Vimeo.


Berita terkait
Video Tenerife dibuat di Spanyol oleh Thomas Pocksteiner dari FilmSpektakel. Memberi cerita di Spanyol terdapat tempat untuk menikmati pemandangan alam dan daerah yang jauh dari polusi cahaya.

Teknik hyperZoom mulai dikembangkan beberapa tahun lalu. Membuat foto time lapse seperti terbang dan terus mengambil gambar yang sangat jauh dengan video sekualitas foto. Memberlihatkan pemandangan dimana seseorang berdiri dan tidak bisa melihat ke tempat lebih jauh. Disini teknik hyperZoom menampilkan  pemandangan yang sangat jauh



Christoph Galep membuat video Timelapse dengan teknik lengkap. Dari Hyperlapse, Slow motion, zoom serta video biasa. Semua dikombinasikan dalam video Hello Tokyo. Galep mengatakan teknik membuat video tersebut dengan motion blur, keyframe teknik in dan out.

The Drakensberg disebut juga gunung naga, membentang lebih dari 1000 km dari barat Cape sampai ke provinsi Kawazulu Natal sebagai tempat turis. Fotografer Inggris Alex Nail membuat video timelapse disana. Dia harus mendaki selama 9 hari bersama rekan rekannya. Membawa perlengkapan seberat 30kg untuk foto dan membuat video timelapse 2 menit

Video time lapse awan kumulonimbus di Jakarta terus memunculkan kilatan petir dibuat dalam bentuk video. Awan muncul di pagi hari, sekitar jam 1 pagi. Karena petir terlihat terus menerus, dicoba dibuat video timelapse. Hasilnya dalam durasi 25 menit di dapat beberapa foto kilatan petir yang menarik

Video timelapse ini dibuat oleh filmmaker Austria Thomas Pocksteiner dan Peter Jablonowski. Mengunakan teknik timelapse zoom di tempat mereka. Perencanaan 1 minggu untuk satu clip, pengerjaan 1 tahun dengan hasil foto 2TB di negara Austria.

Timelapse Our True Significance ini memberikan gambaran kepada penonton, betapa kecilnya kita. Dibanding gunung dan galaksi diluar sana. Atau kita melihat bintang seperti biasa, tapi disini diperlihatkan begitu jelas dan tajam dari garis Bima Sakti. Sudah di upload ke Youtube



Noe mengumpulkan foto untuk video timelapse selama 3 tahun. Di Seoul ibukota Korea Selatan dengan menampilkan gedung dengan apartemen, kesibukan lalulintas disertai efek transisi cahaya sore ke malam hari. Video ini menarik untuk dilihat

Bila matahari bersinar selama 24 jam. Ada tuh , tempatnya di kutub utara khususnya ketika musim panas. Matahari di Antartika tidak akan terbenam, terus saja muncul pada jam siang maupun malam.

Astrofotografi umumnya mengabadikan posisi gerakan bintang atau garis Bima Sakti. Tapi fotographer Lance Page membuat berbeda, video timelapse yang dibuat malah mengikuti posisi bumi yang bergerak sedangkan bintang terlihat tetap.

Sean mahasiswa pHD astronomi membuat video di puncak gunung Mauna Kea Hawai. Foto diabadikan dekat dengan teleskop observasi. Walau mengunakan camera Canon, dia lebih mengandalkan lensa produsen non Canon. Untuk mengisi baterai, mengunakan baterai lithium RC sebagai powerbank.

Fotographer Rob Whitworth dan ahli perkitaaan JT Singh mengekplorasi kota tersebut dan di abadikan dalam bentuk video. Dari kesibukan kota, lalulintas, masyarakat dan tempat tinggal kecil di Shanghai masuk dalam video time lapse ini.

Javin Lau lulusan studi politik dari Toronto Kanada membuat video time lapse kota Hong Kong. Video dengan judul Hong Kong is Home.




No popular articles found.
< /body>