SD Association mengumumkan standar baru untuk SDcard.

Mengunakan spesifikasi SD 5.0 atau dikenal dengan standar Video Speed Class. Dapat digunakan bagi camera 4K, 8K, 3D dan 360 derajat dan menjadi standar SDcard paling cepat.

Spesifikasi SD 5.0 Video Speed Class adalah standar baru dengan kode kecepatan di awali huruf V.

Minimum kecepatan Video Speed Class adalah V6 yang artinya 6MB/s, disusul V10, V30, V60 dan terakhir V90

Untuk video 8K membutuhkan kecepatan write di memory dengan standar  V90. Sedangkan 4K masih mampu mengunakan standar V10, V30 dan V60. Kecepatan V30 setara SD UHS Class 3.

Secara teknik keuntungan SD 5.0 mampu menangani blok ukuran besar sampai 512MB. Membuat kecepatan SDcard lebih cepat beroperasi dibanding menangani blok kecil.

Dari spesifikasi yang disebutkan, standar tersebut dapat melakukan penulisan file secara simultan sampai 8 file bersamaan. Dimana dibutuhkan untuk merekam video pada camera 360 derajat.

Camera 8K mungkin belum ada, kecuali di produk camera premium. Tahun ini kabarnya Panasonic akan menyiapkan camera dengan kemampuan resolusi video 6K.
Youtube sudah memiliki tayangan 8K video sejak Juni 2015 lalu.

Standar SDcard SD 5.0 atau Video Speed Class


Perbedaan SDcard UHS Class 1 dan Class 3

Sebelum tampil standar baru dari seri V di memory SDcard.
Saat ini banyak produsen membuat memory SDcard dengan standar UHS-1 Dan dibedakan dengan angka  UHS-I Class 3 dan UHS-i Class 1

Apa perbedaan dengan Class 3 dan Class 1. Bisa dilihat pada model kedua memory SDcard dibawah ini.
Perbendaan sdcard UHS-1 Class 3 vs Class 1

SDcard UHS-I Class 1 memiliki kecepatan minimum write 10MB/s, sedangkan UHS-I Class 3 minimum write 30MB/s. Angka yang tertulis dengan tanda X atau perkalian seperti 163x dan 633x adalah kecepatan Read pada memory.

Apakah kedua memory memiliki kemampuan berbeda dalam pemakaian camera. Dijawab Ya. Tapi dimana perbedaan antara Class 3 dan Class 1 di memory UHS-I.
  • UHS-I Class 3. Lebih tepat bagi mereka yang membutuhkan kecepatan write camera untuk foto dengan cepat. Misalnya Burns speed, atau mengabadikan gambar secepatnya, dan camera dapat memindahkan buffer lebih cepat ke memory SDcard. Atau membuat video dengan resolusi 4K, bila camera memiliki kemampuan tersebut. Serta camera dengan sensor resolusi tinggi.
  • UHS-I Class 1. Bagi mereka yang membuat foto tanpa kebutuhan mendadak. Misal hanya membuat foto di jalan, foto portrait dan tidak membutuhkan kecepatan seperti membuat foto olahraga, dengan mengambil beberapa gambar dalam hitungan satu deik. Untuk video sudah cukup asalkan tidak merekam video dengan lebar 4K.
Standar SD Specification 5.1 App Performance Class November 2016
Asosiasi SD mengumukan standar baru SD Specification 5.1. Nama App Performance juta ditampilkan bersama logo standar baru.
Standar  SD App Performance minimum memiliki kecepatan
  • 1500 IOPS untuk read
  • 500 IOPS untuk write
  • kecepatan swquential 10MB/s.



Logo SD App Performance mengunakan huruf A1.

Standar SDcard SD 5.1 atau standar App Perfornamce Speed Class