Ransomware menyerang perangkat Android mobile meningkat di Inggris


Kategori : Security | Date : 1 March 2016
Tahun lalu, Ransomware menjadi serangan terbesar di perangkat Android di Inggris. Bitdefender melaporkan banyak penguna smartphone Android mendownload aplikasi yang bukan dari tempat resmi.

Angka serangan mencapai 28% pada kuartal 3 tahun 2015 untuk perangkat Android. Dan menurun sampai 19% pada kuartal 4 tahun 2015.

Trojan jenis Android.Trojan.Slocker mencapai 22% yang menyerang perangkat OS Android. Dan masuk daftar teratas di negara Inggris, Jerman dan Australia.

Pembuat malware sengaja menulis atau membuat malware kembali. Dan targetnya semakin spesifik.

Bitdefender memperingatkan bagi penguna perangkat mobile atau tablet Android. Jangan mengambil aplikasi yang bukan dari sumber resmi. Sebaiknya mengambil atau download aplikasi Android langsung di Google Play.

Termasuk aplikasi yang tidak dipercaya, dan tidak ditemukan pada daftar aplikasi Google Play. Karena di beberapa tempat download tidak resmi, aplikasi yang di download bisa berisikan malware, seperti Ransomware yang membuat aplikasi tipuan dan mengunci smartphone lalu meminta uang tebusan. Atau mengambil data pribadi sampai data keuangan.

Tingkat gangguan bagi OS Android secara umum relatif kecil. Serangan terbesar tetap dipegang oleh OS Windows. OS Android hanya mencapai 4% dari seluruh serangan malware berdasarkan data sampai pertengahan tahun 2015.

Aplikasi tipuan seperti Ransomware di Inggris biasanya meminta tebusan berupa tranfer uang. Angkanya sekitar $12 sampai $300 dan meminta pembayaran melalui BitCoin. Serangan lain dapat memanfaatkan email, berupa Malware Downloader yang dikemas dalam bentuk Javascript.
Sebaiknya tidak membuka file Attachment berupa file ZIP pada perangkat atau computer, khususnya email yang dikirim dari orang yang tidak dikenal.

Berita terkait
Bitdefender Cyrpto Ransomware Vaccine adalah aplikasi utiliti berukuran kecil untuk melindungi computer dari serangan Ransomware. Sekarang banyak beredar malware yang mampu mengunci file serta harddisk. Aplikasi Bitdefender Cyrpto Ransomware Vaccine untuk menjaga hal tidak terduga ketika penguna computer mendapat serangan Ransomware

2 ISP China Telecom dan China Unicom sebagai 2 operator terbesar di Asia. Melalukan praktek ilegal dengan menginjeksi konten di jaringan internet mereka. Kedua ISP memaksakan user melihat iklan yang mereka miliki. Tapi yang berbahaya meninggalkan link Malware



Trend Micro menemukan 4 app store memberikan aplikasi Android untuk di download. Disebutkan ke 4 tempat untuk download aplikasi Android berbahaya tersebut adalah Aptoide, Mobogenie, mobile9 dan 9apps. Dari 1153 aplikasi yang ditemukan sudah disusup ANDROIDOS_ LIBSKIN.A. India paling banyak, dibawahnya dari Indonesia.

Penguna perangkat Android termasuk Smartphone sebaiknya berhati hati. Android.Trojan.SLocker.DZ dapat mengunci smartphone, dan meminta tebusan palsu. Umumnya disebar via website atau spam email. Data dari Bitdefender menyebutkan sekitar 15.000 spam email bisa masuk ke mailbox




No popular articles found.