Lensa Canon seri L mengapa putih


Digital | 20 February 2016

Dari produk lensa, hanya Canon yang menawarkan lensa di seri L dengan warna putih.

Apakah terkait dengan cara marketing Gimmick atau estetika agar lensa terlihat lebih baik dan eklusif.

Canon memiliki alasan khusus, dan bukan marketing atau nilai estetika pada lensa

Dengan warna putih, cahaya matahari dapat dipantulkan dan tidak membuat lensa kepanasan.

Sejumlah lensa Canon seri L memang dibuat dengan warna putih, dan ciri lain dari ring yang khas berwarna merah. Hanya saja warna putih itu bukan putih blep, tapi putih dof atau lebih cenderung ke warna abu abu.

Penjelasan mengapa diberi warna putih untuk mengurangi panas pada lensa akibat terpapar cahaya matahari. Karena lensa mengandung unsur kaca, dan akan memuai bila terkena panas.

Maklum saja, lensa di seri Canon L memiliki ukuran kaca lensa lebih besar. Bayangkan bila seorang fotografer duduk berjemur untuk mengabadikan objek foto. Atau kegiatan foto alam bebas serta kegiatan olahraga. Maka panas berlebihan akan menghantam bagian lensa, dan mempengaruhi internal optik dan ketajaman gambar.

Lensa Canon berwarna putih pertam tampil pada tahun 1976 dengan model FD 600mm f4.5 dan FD 800mm f5.6.

Keterangan dari Canon

Most EF lenses have black barrels, but a few are white (actually a light grey or beige). The white lenses are all large super-telephotos. There is a good reason for this.



Lenses contain glass elements. These expand with heat. This is not usually a problem with compact lenses ? the amount of expansion is small. But large lenses contain large elements and here expansion can bring a lens close to the limits of its design tolerances. A white surface reflects sunlight, helping to keep the lens cooler.

Incidentally, you will find that the manual focusing action of some black lenses allows focusing past its infinity setting (sometimes called over-focusing). This is also to allow for expansion. If the lens is used in hot conditions, infinity focusing will be closer to the end of the travel.
The EF400mm f/4 DO IS II USM lens has large glass elements susceptible to heat expansion. The white lens barrel reflects the rays of the sun and helps to keep the elements cool. The smaller elements of the EF16-35mm f/4L IS USM lens are less affected by heat, so a black lens barrel is suitable.

Seiring waktu, pemakaian warna putih terus bertambah untuk lensa seri L.

Banyak penguna camera melihat pemasaran yang menarik dari lensa tersebut. Karena begitu banyak fotografer profesional mengunakan lensa tipe tersebut.

Sekarang warna putih tersebut sudah dijelaskan. Bukan ekslusif sebagai ciri lensa mahal, tapi ada manfaatnya yaitu memantulkan cahaya matahari agar tidak memganggu kinerja lensa.

Mengapa lensa Canon berwarna Putih

Berita terkait
Dari Nikon menjawab, gunakan cairan pembersih khusus lensa. Cukup 1 sampai 2 tetes saja. Hindari menyentuh permukaan lensa untuk dibersihkan. Gunakan spray brush dengan tekanan udara untuk membesihkan debu. Jangan gunakan tissue, semakin sering disentuh permukaan lensa perlahan akan rusak

Belajar mengunakan ND Filter di camera. Apa fungsi ND Filter, khususnya untuk foto pemandangan. Filter ini paling banyak digunakan untuk memisahkan warna langit dan pemandangan. Bentuknya seperti selembar kaca dengan gradasi warna.



Setting camera Canon memiliki fitur Highlight Tone Priority. Untuk apa fitur tersebut. Fungsinya mengabadikan gambar seperti video agar gradasi warna gelap tetap terlihat

Canon membuat pelajaran merawat camera. Teknik membersihkan debu di camera, bagian yang sering terganggu, membersihkan lensa sampai larangan untuk tidak menyentuh bagian sensor.

Dari N-Photo memberikan rumus minimum kecepatan shutter ketika camera di pegang dengan tangan. Walau tidak menjamin tangan kita stabil ketika mengambil gambar, kemungkinan gambar tidak terjadi blur dengan rumus sederhana ini

Rumus mengambil foto star dan galaksi. Terserah untuk single shot atau multi shot untuk foto stacker atau untuk foto Timelapse stargazer Rumus paling umum dipakai dengan lensa 16mm, f2.8, 25 detik, ISO 3200.

Tip dari Fenchel dan Janisch, mengunakan DSLR untuk video film malam hari. Kelemahan camera dan camcorder sama saja, bila keduanya disetting otomatis. Keuntungan dengan DSLR, setting camera dapat diatur manual.



Kemudahan pengunaan DSLR sebagai video camera lebih banyak menguntungkan. Seperti setting aperture, menganti lensa dan mengatur ISO untuk pencahayaan dapat memperbaiki kualitas video.

Video dengan durasi 30 menit lebih memberikan pelajaran bagaimana mengunakan lampu dan reflektor untuk objek foto




No popular articles found.
< /body>